Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 24 November 2013

VGA Intel Iris/Iris Pro Akan Hadir Pada Prosesor Broadwell Seri K?

Meneruskan prosesor desktop Haswell, Intel dikabarkan akan menghadirkan prosesor generasi terbaru mereka dengan arsitektur Broadwell. Walaupun begitu, ada kemungkinan prosesor desktop Broadwell hanya akan hadir seri K nya saja alias hanya akan tersedia versi Core i5 dan Core i7 saja. Sebelumnya memang sempat dikabarkan bahwa prosesor Broadwell hanya akan hadir di platform mobile sementara prosesor “Haswell refresh” akan menjadi prosesor desktop Intel generasi berikutnya. Prosesor desktop Broadwell masih akan menggunakan soket LGA1150 tetapi ada kemungkinan tidak dapat digunakan pada motherboard dengan chipset Intel seri 8 saat ini dan hanya bisa digunakan pada motherboard LGA1150 dengan chipset Intel seri 9.

intel core i gen 4 haswell graphics diagram

Prosesor desktop Brodwell memang belum memulai debut perdananya. Akan tetapi baru-baru ini ada kabar menarik jika prosesor desktop Broadwell akan dilengkapi iGPU Intel GT3 alias Intel Iris/Iris Pro. Seperti kita ketahui, iGPU Iris/Iris Pro saat ini hanya bisa ditemukan pada prosesor mobile Intel Core i7 Haswell dan Core i Seri R (embedded processor) sedangkan prosesor desktop Haswell hanya dilengkapi Intel HD Graphics 4600. Dibandingkan HD Graphics 4600, Iris/Iris Pro dilengkapi Execution Units dua kali lipat lebih banyak. Tidak hanya itu, versi Iris Pro juga dilengkapi eDRAM alias memori khusus untuk iGPU sebesar 128MB. Dengan spesifikasi seperti itu, Iris/Iris Pro mampu menawarkan performa 80% lebih bertenaga dibandingkan HD Graphics 4600 pada Core i7 4770K.

intel core i gen 4 haswell iris pro

Untuk saat ini, belum diketahui berapa banyak varian dari prosesor desktop Broadwell seri K. Akan tetapi jika melihat prosesor desktop Haswell saat ini, paling tidak ada dua varian seperti halnya Core i7 4770K dan Core i5 4670K. Semoga saja Intel menghadirkan varian prosesor desktop Broadwell seri K lebih banyak dibandingkan yang pernah dihadirkan pada prosesor desktop Haswell.

No comments:

Post a Comment