Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Friday 22 November 2013

Review Toshiba Satellite L40D-A: Notebook untuk Segala Keperluan

SONY DSC

Notebook klasik yang saat ini banyak beredar masih memiliki daya tarik tersendiri. Walaupun mempunyai dimensi dan berat yang lebih dari kelas ultrabook, tetapi notebook klasik mempunyai kelengkapan yang lebih dibandingkan notebook yang masuk dalam kategori ultrabook. Pada notebook klasik, Anda akan menemukan berbagai port yang lengkap dan optical drive yang masih dianggap kebanyakan orang sesuatu yang harus ada walaupun jarang sekali di gunakan. Beberapa orang lebih menyukai optical drive yang menyatu dari pada terpisah atau external.

Toshiba satellite L40D-A adalah salah satu dari sekian banyak notebook klasik dengan layar 14″ yang bisa Anda temukan di pasaran saat ini. Notebook ini terlihat cukup menarik dengan berbagai pilihan warna casing (biru dan emas) pada bagian penutup layar LCD dan pada bagian handrest. Pada bagian tersebut mempunyai tekstur garis alumunium dengan finishing glossy, sehingga sering kali Anda akan melihat bercak tangan dan Anda harus sering membersihkan untuk membuat notebook Anda selalu tampil prima. Walaupun casing tidak menggunakan bahan alumunium, tetapi kami merasakan notebook Toshiba ini terasa solid sehingga Anda tidak perlu takut untuk membawanya mobile.


SONY DSC

Anda dapat melihat spesifikasi dari Toshiba satellite L40D-A di bawah ini.
Spesifikasi
Processor AMD A8 5545M APU

Speed 1.7GHz Turbo Core  2.7GHz
Memori DDR3 4GB
Storage Hard disk 500GB
Graphics AMD Radeon HD8510G
Layar 14″ 1366×768
Interkoneksi wifi 802.11bgn / Bluetooth v4.0
USB2.0 1
USB 3.0 2
Audio in/out 1
Card Reader 1
HDMI 1
Ethernet 1
D-sub 1
Optical Drive DVDRW
Operation System Windows 8
Baterai 43Wh  

Notebook Toshiba ini menggunakan prosesor yang masuk dalam keluarga Richland, AMD A8 5545M APU yang mempunyai 4 inti prosesor dengan kecepatan 1.7GHz dan dilengkapi dengan Turbo core sehingga kecepatannya bisa mencapai 2.7GHz disaat aplikasi memerlukan kinerja yang tinggi. Untuk mendukung kinerja prosesor, Toshiba memberikan  memory DDR3 sebesar 4GB yang dapat Anda upgrade bila Anda menginginkan memory yang lebih besar dari yang diberikan. Untuk system penyimpanan data, Anda akan menemukan hard disk dengan kapasitas sebesar 500GB yang dilengkapi dengan shock absorber untuk meredam getaran ketika digunakan diperjalanan.

Urusan graphics, notebook ini menggunakan graphics on prosesor AMD Radeon HD8510G yang cukup mumpuni untuk digunakan bermain game 3D pada resolusi dan settingan tertentu. Selain itu, pengalaman bermain game dan multimedia akan lebih terasa menyenangkan dengan tata suara yang dihadirkan oleh Onkyo Stereo speakers enhanced dengan DTS Sound. Menurut kami, tata suara yang diberikan terasa lebih kuat dibandingkan notebook dengan tata suara biasa, tetapi dentuman bass tidak terlalu terasa mengingat tata suara yang diusung tidak memberikan subwoofer sendiri.

SONY DSC


Ukuran layar yang digunakan juga cukup nyaman digunakan, karena menggunakan ukuran layar sebesar 14″ dengan resolusi 1366×768. Toshiba satellite L40D-A menggunakan layar glossy yang nantinya akan sedikit mengganggu Anda saat digunakan karena akan menangkap bayangan disekitar Anda. Namun, Anda dapat meminimalisasikannya dengan menaikkan tingkat brightness. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan gradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Kelengkapan

Bagian depan.

Bagian belakang


power port, Ethernet, USB2.0, Optical drive
Audio in/out, USB3.0, HDMI, D-sub
Tampak bawah

Bebagai kelengkapan pada Toshiba satellite L40D-A dapat Anda temukan pada bagian kiri dan kanan dari notebook ini. Anda akan menemukan dua port USB3.0, HDMI, D-sub, Ethernet dan sebuah optical drive yang siap memutar dan membakar DVD. Walaupun sebenarnya Anda jarang menggunakan optical drive tetapi saat ini masih banyak pengguna notebook yang mencari perangkat notebook yang mengusung optical drive. Untuk port USB3.0-nya, dapat melakukan pengisian baterai ke perangkat gadget smartphone Anda dalam keadaan notebook Anda tidak menyala.

SONY DSC

Bagian dalam notebook  Toshiba satellite L40D-A cukup terlihat menarik dengan keyboard dengan tuts keyboard berbentuk chiclet yang mempunyai penampang yang cukup lebar sehingga menambah kenyaman ketika Anda gunakan untuk mengetik dalam jangka waktu lama. Tuts keyboard yang diberikan cukup nyaman dan tidak menimbulkan bunyi ketika digunakan. Untuk bagian trackpad mempunyai dimensi yang cukup besar dan mempunyai pinggiran diamond cut sehingga terlihat menarik. Dimensi dari trackpad yang besar ini membuat jari Anda dapat bergerak bebas ketika melakukan gerakan multi touch.

Kinerja

PCMark7

pcmark7

Kinerja yang dihasilkan secara keseluruhan notebook ini pada benchmark menggunakan PCMark7 cukup baik, Anda masih nyaman untuk menggunakan notebook ini berkerja dan menjalankan aplikasi menengah dengan baik. Bila Anda ingin meningkatkan kinerja dari notebook ini, kami sarankan Anda untuk mengganti storage dengan type SSD untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik.

Cinebench 11.5

cinebench

Baterai Life Rating

baterai

Daya baterai sebesar 43Wh cukup untuk menghidupkan notebook selama hampir 3 jam untuk memutar film dengan resolusi HD 720P. Test yang kami jalankan tergolong cukup berat karena dilakukan terus menerus dan belum lagi tata suara juga memerlukan daya. Test ini kami lakukan pada settingan power manajement balance. Dalam penggunaan sehari-hari kami bisa mengatakan bahwa waktu hidupnya lebih lama ketika digunakan untuk melakukan atau menjalankan aplikasi harian ketika Anda sedang berkerja.

Kinerja AMD Radeon HD8510G

3DMark 6

3dmark6

3DMark – Cloud Gate

3dmark CG

Kinerja graphics on prosesor AMD Radeon HD8510G cukup baik. Dengan hasil yang didapat tersebut, Anda akan dapat memainkan berbagai game 3D dengan baik pada settingan tinggi dan resolusi tertentu. Nilai yang didapat membuat kami ingin mengetahui lebih jauh kinerja dari graphics Radeon ini.

bioshock

grid2

starcraft

Perpaduan prosesor AMD A8 5545M APU dengan graphics AMD Radeon HD8510G menghasilkan kinerja yang cukup baik dalam menjalankan game 3D, tetapi Anda harus menurunkan resolusi dan melakukan settingan ulang kembali untuk tetap mendapatkan game yang Anda mainkan dapat berjalan di atas 30FPS.

Kesimpulan

Toshiba satellite L40D-A bisa menjadi pilihan yang baik bila mana Anda sedang berencana untuk mengganti notebook Anda yang sudah usang. Dengan kinerja yang diberikan , Anda dapat mengandalkan notebook ini untuk menemani Anda berkerja dan menjalankan aplikasi menengah dengan baik. Selain untuk berkerja, notebook ini juga dapat menemani Anda bermain game 3D pada resolusi dan settingan tertentu disaat senggang.

Dimensinya memang tidaklah terlalu istimewa tetapi Toshiba satellite L40D-A mengusung desain casing yang cukup menarik dengan pilihan warna dan yang paling penting notebook ini terasa solid sehingga Anda tidak merasa waswas untuk membawanya mobile.
Daya tahan hidup yang diberikan cukup dapat diandalkan untuk mobile tetapi kami sarankan Anda tetap membawa charger yang diberikan pada paket penjualannya yang mempunyai bentuk yang cukup ramping dan tidak terlalu besar. Secara keseluruhan, Toshiba satellite L40D-A bisa di katakan cukup baik untuk dan cocok untuk Anda yang tidak menjalankan aplikasi menengah keatas.

Kelebihan

  • Casing solid dengan desain menarik.
  • Tata suara dari  Onkyo Stereo speakers enhanced.
  • Graphics on prosesor kurang bertenaga.

Kekurangan

  • Caing dengan finishing glossy membuat mudah kotor.

No comments:

Post a Comment