Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Friday 22 November 2013

Project Link: Inisiatif Google Untuk Negara Berkembang

projectlink

Google mengumumkan inisiatif baru mereka yang dinamakan Project Link. Inisiatif ini bertujuan untuk memperluas akses internet di daerah berkembang di seluruh bumi. Lewat proyek ini, Google akan mulai membangun jaringan serat optik di daerah yang belum memiliki akses internet yang cepat dan bisa digunakan. Serat optik ini akan terkoneksi dengan jaringan lokal ke dalam kabel bawah laut yang mengoneksikan internet antar benua. Menurut Google langkah ini memungkinkan ISP pada daerah berkembang tersebut untuk mulai mengembangkan dan memperluas usaha mereka.

Walaupun begitu, proyek ini masih berupa inisiatif bisnis: Google akan menarik biaya untuk setiap operator yang menyambungkan ke dalam jaringan, dengan maksud untuk mengembangkan proyek ini lebih lanjut. “Kami ingin ini menjadi model yang berkelanjutan yang dapat dikembangkan untuk menjangkau orang-orang,” ujar perwakilan dari Google. “Untuk melakukan ini, kami menggunakan pendekatan bisnis dan membuat layanan ini tersedia untuk setiap dan seluruh operator mobile atau ISP di daerah yang ingin terdaftar sebagai pelanggan.”

Jaringan Project Link pertama telah berjalan di Kampala, ibukota negara Uganda. Serta masih dibuat lebih luas lagi. Google berkata bahwa mereka memilih Kampala karena kota tersebut sedang berkembang, namun masyarakat dan bisnisnya terhambat oleh akses internet yang buruk.

Walau Google belum bersedia menyebutkan akan ke daerah mana Project Link akan bergerak, mereka berkata bahwa “ini akan menjadi contoh yang menjanjikan untuk kota di Afrika lainnya.

No comments:

Post a Comment