Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Saturday 23 November 2013

Mengasah Bakat Pengembangan Aplikasi Mobile lewat Hackathon

hackathon1

Startup Asia Jakarta 2013 yang telah digelar sejak hari Kamis (21/11) lalu merupakan event startup di Asia yang cukup dinantikan oleh berbagai kalangan, baik kalangan pemegang startup, investor, developer, atau mereka yang meminati bidang startup ini. Selain bisa mendapatkan beragam informasi maupun strategi dan investor yang bisa menguntungkan startup masing-masing, terdapat juga kompetisi yang dibuka untuk para developer di seluruh Indonesia, yaitu Hackathon.

hackathon2

Peserta kompetisi yang berlangsung selama 24 jam penuh ini mendatangkan berbagai developer muda dari seluruh Indonesia dan terdapat kurang lebih 200 orang peserta individual yang terbagi dalam beberapa tim. Tantangan untu Hackathon 2013 kali ini adalah:
  • Integrasikan HTTP API Clickatell dengan API lainnya
  • Integrasikan bisnis start-up Anda dengan HTTP API Clickatell
  • Buat aplikasi dengan fitur SMS di dalamnya
Tidak hanya tantangan di atas saja, setiap peserta yang menggunakan platform dari sponsor tertentu juga berkesempatan untuk menghadapi tantangan lain yang secara spesifik diberikan di saat yang bersamaan. Dan tentu saja bagi mereka yang mampu memenuhi tantangan dari para sponsor masing-masing akan berhak menerima beragam hadiah menarik lainnya.

Setelah mendapatkan berbagai briefing dan technical meeting, para peserta dapat memulai pembuatan aplikasinya sejak Kamis (21/11) tengah malam hingga Jumat (22/11) jam 12 siang hari. Setelah selesai membuat aplikasi sesuai dengan tantangan yang diminta, para peserta ini pun akan langsung menghadap juri masing-masing sponsor platform yang digunakan oleh para peserta ini dalam mengembangkan aplikasi buatan mereka.

hackathon3

Para peserta yang harus mempresentasikan pengembangannya kepada para juri ini nantinya akan dipilih yang terbaik dan nantinya berhak untuk mengikuti Grand Final Hackathon bertajuk Demo Day yang akan diadakan satu minggu dari sekarang, yaitu tanggal 30 November 2013. Sehingga para peserta ini pun bisa memoles kembali hasil pekerjaannya sebelum ditampilkan kembali di penghujung acara Hackathon nantinya.

hackathon4

Hackathon 2013 yang diadakan pada Startup Asia Jakarta 2013 ini bertujuan untuk menumbuhkan minat serta bakat para pengembang aplikasi mobile, terutama mereka yang ada di Indonesia. Dengan berbagai developer muda yang hadir di dalam kompetisi ini, maka diharapkan Indonesia bisa terus berkembang terutama dalam pembuatan danpengembangan aplikasi mobile secara lokal maupun internasional.

No comments:

Post a Comment