Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Saturday 23 November 2013

Review Acer Liquid Z3: Smartphone Android Mungil, Murah, dan (Cukup) Kencang

Tidak sedikit produsen PC yang lambat laun melebarkan sayapnya dengan menjual smartphone dan tablet bersistem operasi Android. Di antara sekian banyaknya produsen, Acer lah yang paling sering mengeluarkan solusi smartphone dan tablet dengan harga yang terjangkau. Hal tersebut bisa kita lihat dengan model-model seperti Iconia B1, Liquid E2, dan lain sebagainya.

Acer Liquid Z3

Kali ini, Acer juga mengeluarkan sebuah smartphone Android dual SIM yang juga ramah terhadap kantong. Perangkat tersebut bernama Acer Liquid Z3. Pada kali ini, kita tinggalkan desain layar besar dengan spesifikasi yang super tinggi, karena belum tentu orang akan membutuhkan smartphone super kencang. Liquid Z3 yang memiliki layar 3,5 inci ini sangat cocok untuk digunakan oleh mereka yang bertangan kecil dan tentunya untuk para wanita yang tidak cocok dengan layar besar. Selain itu, dengan harga Rp1.199.000, memasukkan Acer Liquid Z3 ke dalam pasar mid-end.

Acer Liquid Z3 - Belakang

Pada produk demo yang datang ke meja pengujian kami, Acer Liquid Z3 datang dengan flip case berwarna putih. Kemungkinan, barang retail yang muncul di toko menggunakan back case standar. Walaupun begitu, cukup menyenangkan bahwa ternyata aksesoris untuk Acer Liquid Z3 sudah tersedia dipasaran, sehingga para pemiliknya tidak bosan dengan back case standarnya saja.

Acer Liquid Z3 - CPUZAcer Liquid Z3 - CPUZ2

Acer Liquid Z3 menggunakan SoC buatan Mediatek dengan MT6572 dengan prosesor Cortex A7 dual core berkecepatan 1 GHz dan GPU ARM Mali 400. RAM yang terpasang adalah 512 MB dan memiliki storage internal 4 GB dengan sisa 2,5 GB yang dapat digunakan oleh para penggunanya. Untuk memperlebar kapasitas penyimpanan, sudah tersedia sebuah slot microSD. Lalu dengan layar 3,5 inci ini, resolusi yang dimiliki oleh Acer Liquid Z3 adalah 320×480. Sistem operasinya telah menggunakan Android Jelly Bean 4.2.2.

Paket Penjualan

Beginilah kemasan paket penjualan dari Acer Liquid Z3

Acer Liquid Z3 - Kemasan
Acer Liquid Z3 - Kemasan Belakang
Di dalam paket penjualan tersebut dapat ditemukan perlengkapan seperti berikut ini
Acer Liquid Z3 - Kabel USB
Kabel USB
Acer Liquid Z3 - Charger
Charger
Acer Liquid Z3 - Dokumentasi
Dokumentasi

Sistem operasi: Android Jelly Bean 4.2.2!

Acer Liquid Z3 - About

Tidak seperti kebanyakan smartphone Android dengan harga di bawah 1,5 juta rupiah yang ada dipasaran, Acer Liquid Z3 datang dengan sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.2. Sistem operasi ini tentunya menjadi sebuah nilai tambah dalam menggunakan smartphone yang satu ini. Untuk upgradibilitas, belum ada informasi apakah Acer akan mengeluarkan update OS ke Jelly Bean 4.3 atau pun KitKat 4.4.

Acer Liquid Z3 - Lockscreen Widget
Dengan menggunakan Jelly Bean 4.2 juga mengartikan bahwa smartphone yang satu ini memiliki widget pada lock screen-nya. Anda dapat memasukkan widget kalender, jam, cuaca, dan lain sebagainya.

Acer Liquid Z3 - Homescreen 4
Launcher bawaan dari Acer Liquid Z3 adalah launcher standar bawaan Jelly Bean 4.2. Secara standar pula, smartphone dual SIM ini memiliki lima buah homescreen, dengan homescreen nomor 3 sebagai yang utama.

Acer Liquid Z3 - Homescreen 5Acer Liquid Z3 - Homescreen UtamaAcer Liquid Z3 - Homescreen 2Acer Liquid Z3 - Homescreen 1

App drawer bawaannya pun juga tidak di-tweak oleh Acer dalam sisi user interface-nya.
Acer Liquid Z3 - App Drawer

Layar: 3,5 Inci

Bagi beberapa orang, layar 3,5 inci sudah tidak lagi menjadi dimensi yang nyaman untuk bernavigasi untuk sebuah perangkat hiburan. Oleh karena semua smartphone Android dapat digunakan untuk hiburan dan salah satu fungsi utamanya adalah mengirim pesan teks, tentu saja tombol virtual keyboard yang digunakan menjadi lebih kecil pula pada layar smartphone yang satu ini.
Acer Liquid Z3 mendukung penekanan layar secara bersamaan hanya sampai dua titik saja. Walaupun begitu, jika digunakan untuk melakukan pergeseran dan penekanan pada layarnya, perangkat yang satu ini ternyata cukup responsif. Kami melakukan pengujian dengan menggunakan game Subway Surfers serta Angry Birds.

Quick Mode

Ternyata, Acer sadar bahwa Liquid Z3 memiliki layar yang cukup kecil, sehingga dapat mengganggu kenyamanan beberapa penggunanya. Oleh karena itu, pada perangkat ini Acer memberikan sebuah mode yang dapat mempermudah penggunaan beberapa fungsi. Mode tersebut dinamakan Quick Mode.

Acer Liquid Z3 - Quick Mode PresetAcer Liquid Z3 - Quick Mode

Pada dasarnya, Quick Mode menggunakan kotak-kotak yang cukup besar sehingga pengguna dapat menekan icon dengan tepat. Hal ini juga dapat membantu orang yang sudah memiliki mata yang kurang awas untuk dapat menggunakannya secara aman. Dengan empat buah preset yang telah disediakan oleh Acer, pengguna pun juga dapat dengan leluasa memilih mode yang diinginkan.

Kamera: 3,15 Megapiksel

Acer Liquid Z3 - Kamera

Kamera yang dipasang pada smartphone yang satu ini memiliki resolusi 3 megapiksel. Memang, sepertinya angka 3 megapiksel kurang cocok untuk smartphone masa kini. Akan tetapi, ternyata kamera dari Acer Liquid Z3 memang dapat menangkap gambar dengan cukup baik saat terdapat cahaya yang cukup.  Berikut adalah hasil dari kamera utama Liquid Z3.

Hasil Kamera Indoor
Hasil Kamera Indoor

Ruang Hiburan pada Acer Liquid Z3

Music dan video sudah menjadi sebuah standar pada smartphone masa kini. Oleh karenanya, dengan menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.2, smartphone ini pun juga sudah dapat digunakan untuk memainkan file-file musik seperti MP3, OGG, FLAC, AAC, dan WMV.

Acer Liquid Z3 - Musik

Untuk file-file video, smartphone yang satu ini mendukung MP4, MKV, dan MOV.
Acer Liquid Z3 - Video

Uniknya, walaupun bukan smartphone premium, ternyata pada smartphone Acer Liquid Z3 ini sudah dimasukkan feature DTS Sound. Hasilnya, peningkatan suara pada musik dan video sangat terdengar pada headphone yang kami pakai untuk melakukan pengujian.
Acer Liquid Z3 - DTS Sound

Nah, selain video dan musik, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fungsi radio FM.
Acer Liquid Z3 - Radio FM

Slot dan Tombol

Ada beberapa lubang serta tombol di sekitar smartphone Acer Liquid Z3.
Acer Liquid Z3 - Atas
Pada bagian atas, terdapat tombol power dan slot audio jack 3,55 mm.

Acer Liquid Z3 - Kanan
Pada bagian kanan, terdapat tombol volume.

Acer Liquid Z3 - Bawah

Pada bagian bawah, terdapat slot USB dan lubang microphone.

Acer Liquid Z3 - Dalam

Di balik baterai, terdapat slot microSD dan dua buah slot SIM.

Daya Tahan Baterai

Karena menggunakan dua core Cortex A7, kami sangat tertarik untuk menjajal seberapa hematnya baterai 1500 mAh yang digunakan pada Acer Liquid Z3 ini. Kami pun melakukan pengujian dengan memainkan file video yang kami loop hingga baterai smartphone ini habis. Smartphone ini pun dapat bertahan selama 5 jam 25 menit!

Benchmark

Kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark dan sebuah benchmark untuk browser. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui seberapa baik hardware yang dimiliki sebuah smartphone atau tablet. Walaupun begitu, hasil benchmark belum tentu menandakan kencang atau tidaknya performa keseluruhan. Hal tersebut bergantung kepada tingkat optimalisasi produsen dari segi software terhadap hardware-nya. Saat tablet atau smartphone teroptimalisasi dengan benar, seharusnya kinerja berbanding lurus dengan hasil benchmark tersebut. Aplikasi benchmark yang kami gunakan dapat diunduh secara gratis di Google Play.

LinPack Benchmark


Acer Liquid Z3 - Benchmark LinPack

LinPack merupakan benchmark untuk mengukur kinerja sebuah perangkat dalam menghitung floating point. Hasilnya dalam bentuk nilai operasi floating point per detik atau MFLOPS (Million Floating Point Per Second). Semakin tinggi nilainya, semakin baik.

Nenamark 1 dan 2


Acer Liquid Z3 - Benchmark Nenamark

Nenamark pertama dan kedua merupakan salah satu benchmark yang menguji kinerja OpenGL ES 2.0 sebuah smartphone. Perbedaan kedua benchmark tersebut terdapat pada jumlah penggambaran segitiga, di mana pada Nenamark 2 lebih banyak sehingga hasilnya lebih berat. Engine Nenamark ini juga dipakai pada game buatan mereka sendiri yang bertemakan Pinball.

PeaceKeeper


Acer Liquid Z3 - Benchmark Peacekeeper

Peacekeeper merupakan sebuah benchmark gratis yang disediakan oleh Futuremark. Pengujian yang dilakukan sebagian besar adalah untuk menguji sistem dalam bernavigasi, terutama dalam akses HTML5.

Quadrant Standard


Acer Liquid Z3 - Benchmark Quadrant
Acer Liquid Z3 - Benchmark Quadrant Details

Aplikasi gratis yang satu ini menghitung nilai dari CPU, I/O, dan GPU dengan menggunakan engine software tersendiri. Semakin tinggi nilainya, semakin baik. Di versi standar yang dapat dipakai oleh semua orang ini, perolehan yang didapat hanyalah nilai totalnya. Versi yang digunakan pada artikel kali ini adalah Quadrant Standard versi 2.0 yang memiliki hasil berbeda dengan versi sebelumnya, akan tetapi menampilkan hasil lengkap tanpa harus membeli versi berbayarnya.

AnTuTu 4 Benchmark

Antutu 4
Acer Liquid Z3 - Benchmark Antutu
Acer Liquid Z3 - Benchmark Antutu Details

AnTuTu Benchmark merupakan sebuah benchmark suite yang menguji RAM, CPU, GPU, dan Storage yang ada, termasuk SD Card bawaan. Perhitungan total nilainya cukup mudah, yaitu dengan menjumlahkan nilai perolehan dari tiap detail. Karena tidak semua smartphone Android memberikan SD Card sebagai bonus perlengkapan, kami menghadirkan dua nilai akhir yang dapat Anda jadikan patokan.

Kesimpulan

Bingung dengan segala pilihan smartphone yang saat ini mengandalkan layar besar dengan harga yang lebih tinggi? Acer menjawab tantangan ini dengan mengeluarkan Liquid Z3 yang memiliki dimensi yang cukup mungil untuk saat ini. Dimensi seperti ini memang pernah memiliki masa kejayaan pada sekitar dua tahun yang lalu. Oleh karenanya, tidak sedikit pula yang mencari smartphone dengan dimensi seperti Acer Liquid Z3.

Walaupun pernah jaya dengan ukuran yang kecil, akan tetapi pada sisi kinerjanya, Acer Liquid Z3 ternyata menghasilkan angka yang cukup baik pada setiap benchmark yang kami lakukan. Selain itu, ternyata saat pengujian, kami tidak menemukan lag pada semua aplikasi yang kami instalasikan. Dan dengan sistem operasi Jelly Bean 4.2.2, smartphone yang satu ini sudah dipastikan mendapatkan feature-feature baru dari Android.

Smartphone yang satu ini cocok untuk para wanita dan pria yang memiliki tangan dengan ukuran kecil. Oleh karenanya pula, smartphone ini juga cocok untuk diberikan kepada pelajar di bawah 17 tahun sebagai smartphone pertama mereka. Sayangnya, smartphone ini tidak cocok untuk Anda yang memiliki jari-jari dengan ukuran besar karena akan kesulitan dalam bernavigasi.

Kelebihan:

+ Harga terjangkau
+ Kinerja cukup tinggi
+ Jelly Bean 4.2.2
+ DTS
+ Flip Cover
+ Responsif

Kekurangan:

- Kamera
- Layar cukup kecil
- Kompas

Data Teknis

Prosesor dan GPU Mediatek MT6572 dengan prosesor dual core Cortex A7 1,3 GHz dan GPU ARM Mali 400
Format Video H.264, MPEG4, WMV, AVI, 3GP, MKV
Format Audio MP3, MP4, WMA, AAC, AAC+, WAV, MIDI, OGG, FLAC
Format  Gambar JPG, BMP, PNG
Layar Capacitive 3,5 inci dengan resolusi 480 x 320
Kamera Utama 3 MP
Interface MicroUSB, microSD
Koneksi nirkabel Wi-Fi (802.11 a/b/g/n), Bluetooth 3.0
Dimensi dan Bobot 109 x 60 x 10.4  mm / 120 gram
Daya Tahan Baterai 325 Menit
Produsen Acer
Website http://www.acer.co.id
Harga Rp. 1.199.000

No comments:

Post a Comment