Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Tuesday 5 November 2013

Bisnis Smartphone LG Punya Prospek Suram

Lowers2-LGG2_610x436

Saat Samsung terus menerus meningkatkan pangsa di pasar smartpone global karena didukung cepatnya perilisan model terbaru dan pemasaran yang efektif, rival senegaranya, LG Electronic malah masih harus berjuang merebut hati konsumen.

Baik analis maupun petinggi di LG mengatakan, tahun depan nanti akan sulit bagi perusahaan untuk menarik konsumen karena pasar smartphone sedang menuju titik jenuh. Selain itu, adanya biaya pemasaran yang terlampau tinggi dan perang harga yang makin kompetitif dari vendor lain, terutama Samsung dan Apple.

Yang bisa saya katakan, LG Electronics telah kehilangan wilayahnya. Bahkan, Samsung dan Apple telah meluncurkan model smartphone yang lebih murah di tengah pergeseran industri terhadap perangkat cerdas dengan harga terjangkau. Kami mesti mengikuti tren. Namun masalahnya adalah merek LG tidak sekuat kompetitornya, secara global. Kami akan menghadapi perang harga terutama biaya pemasaran,” kata seorang pejabat LG, dilansir dari harian Korea times.

Periset pasar teknologi terkemuka, Strategy Analytics baru-baru ini juga mengatakan untuk pertama kalinya vendor asal Cina, Huawei berhasil menyalip LG di pasar smartphone global selama kuartal kedua tahun ini. Huawei berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 5,1 persen, sementara LG berada tepat di bawahnya sebesar 4,8 persen, serta Samsung tetap berada di puncak dengan pangsa 35,2 persen.
Huawei berhasil mendepak LG, disinyalir setelah mengeluarkan dua smartphone terbarunya untuk dua segmen berbeda, yakni segmen premium Ascend P6 dan segmen menengah G610. Kedua perangkat itu laku keras di pasar smartphone terbesar di dunia, Cina, wilayah di mana pangsa pasar LG kurang dari dua persen.

Maka dari itu, untuk menghadapi tantangan dengan skenario prospek suram, pihaknya mulai bermitra kembali dengan Google untuk membuat smartphone pertama yang dapat berjalan di sistem operasi Android terbaru, KitKat 4.4 dan memperkenalkan Nexus 5. LG melihat, smartphone Google sebelumnya yang juga hasil kolaborasi dengan LG, Nexus 4 dianggap cukup berhasil di pasaran.

LG bangga bermitra dengan Google untuk mengembangkan ponsel yang paling cepat dan kuat. Nexus 5 merupakan bukti tingkat inovasi yang dapat diciptakan ketika dua perusahaan besar datang bersama-sama untuk babak selanjutnya,” kata Park Jong-seok, kepala divisi handset LG.

Sementara itu, seorang pejabat LG yang lain menambahkan, “Google sendiri sedang berusaha untuk membuat portofolio di hardware. Kolaborasi ini akan mengimbangi kelemahan kemampuan manufaktur LG,” imbuhnya yang baru-baru ini, pabriknya di Incheon, Korea Selatan, kedatangan langsung Chairman Google, Eric Schmidt.

No comments:

Post a Comment