Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Tuesday 5 November 2013

Android Masih Memimpin, Windows Phone Tumbuh Paling Cepat

Anroid

Smartphone yang menjalankan sistem operasi mobile Android telah menyumbang 81 persen dari pengiriman pasar smartphone global selama kuartal ketiga tahun ini. Sementara Windows Phone diklaim terus menunjukkan pertumbuhan paling cepat dibanding platform mobile lainnya.

Demikian menurut hasil riset terbaru yang dikeluarkan periset pasar teknologi terkemuka, Strategy Analytics (SA) terhadap 251 juta penjualan smartphone secara keseluruhan platform pada kuartal ketiga tahun ini. Angka itu masih didominasi sebagian besar oleh Android dengan berbagai merek vendor terkemuka, seperti Samsung, LG, Sony, Lenovo, dan sebagainya.

Pengiriman smartphone global tumbuh 45 persen per tahun dari 172,8 juta unit pada kuartal ketiga tahun lalu menjadi 251 juta unit. pertumbuhan ini didorong oleh permintaan yang kuat terhadap Android dan Windows Phone di pasar negara maju dan berkembang, terutama Eropa dan Asia,” kata Linda Sui, analis senior di SA, seperti dikutip dari the Inquirer.

Sementara sistem operasi mobile besutan Microsoft, Windows Phone berhasil menggandakan pangsa pasarnya dengan ditandai sebagai sistem operasi mobile dengan pertumbuhan tercepat. Pihaknya berhasil menjual lebih dari 10 juta unit smartphone Windows Phone pada kuartal ketiga dengan mewakili pangsa pasar sebesar empat persen. Sedangkan BlackBerry yang pada 2008 silam sempat berjaya, hanya mewakili satu persen saja atau turun sebanyak tiga poin.

Sayangnya, smartphone Apple, iPhone harus merelakan dua poin pangsa pasarnya menjadi 13,4 persen. Kemungkinan besar, pangsa pasar iPhone secara perlahan terus diambil oleh Android dan Windows Phone. Ada kecenderungan juga, banyak pengguna mulai bersikap “anti-mainstream” dari Android dan kemudian membeli perangkat Windows Phone yang didominasi oleh Nokia melalui jajaran Lumia-nya.

Apple juga telah kehilangan beberapa wilayah dari Andoid karena pasokannya yang terbatas dari pasar smartphone. Android perlu mendapatkan pengiriman lebih banyak lagi dari Apple jika ingin terus berkembang di masa depan. Tetapi, ini tidak mungkin dalam jangka pendek karena model terbaru yakni iPhone 5S terbukti populer dan akan membantu Apple untuk kembali meningkatkan volume pada kuartal keempat 2013,” ungkap Scot Bicheno yang juga analis di SA.

No comments:

Post a Comment