Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 4 November 2013

Android KitKat Mampu Berjalan pada RAM 512 MB!

Selama ini pengguna smartphone dan tablet Android selalu saja mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan upgrade sistem operasi resmi dari produsennya. Alasan utama yang mereka berikan biasanya menyalahkan kurangnya RAM yang ada pada sebuah perangkat, walaupun sebuah perangkat dengan RAM 512 MB masih dapat diinstal sistem operasi pihak ketiga seperti CyanogenMod. Nah, setelah upgrade sistem operasi terbaru, seharusnya alasan tentang kurangnya RAM tersebut tidak lagi dapat digunakan oleh para produsen smartphone.

kitkat

Alasan utamanya adalah karena sistem operasi terbaru Android, yang dulunya dinamakan Key Lime Pie dan berubah nama menjadi Kitkat, didesain oleh Google untuk dapat berjalan pada sebuah perangkat dengan RAM 512 MB. Hal ini dikatakan oleh Sundar Pichai, Senior Vice President Google, pada blog resmi Google. “RAM adalah salah satu bagian termahal dari sebuah telepon, dan sekarang Android dapat berjalan dengan nyaman pada perangkat dengan RAM 512 MB, yang sangat populer di dunia, membawa hal baru dalam Android 4.4 pada milyaran pengguna smartphone”.

Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Kitkat di desain oleh Google dengan mengurangi kebutuhan memori dari sistem operasi tersebut dengan menyingkirkan service background yang tidak diperlukan dan mengurangi konsumsi memori pada beberapa feature. Dengan begitu, seharusnya (jika produsen menyediakan driver dan file library yang lengkap) perangkat dengan RAM 512MB yang muncul dua sampai tiga tahun yang lalu dapat menjalankan KitKat dengan nyaman.

Selain itu, saat ini Google juga telah membuat Google Now mendapatkan sebuah feature baru. Dengan launcher terbaru yang dinamakan Google Experience, pengguna tinggal melakukan swipe ke arah kanan dari homescreen dan berkata “OK, Google”, Google Now akan langsung mengaktifkan feature pengenalan suaranya.

No comments:

Post a Comment