Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 3 November 2013

30% Orang Membaca Berita Online dari Facebook

facebook 2

Sebuah riset terbaru menunjukan, 30 persen orang Amerika Serikat membaca maupun mendapatkan akses berita online dari jejaring sosial Facebook. Demikian penelitian terbaru yang dikeluarkan oleh Pew Research Center terhadap 5.173 orang Amerika yang berusia 18 – 29 tahun.

Dari jumlah 30 persen itu, 78 persennya menyatakan mereka mengklik link berita yang di-share saat mereka tak berniat membaca berita online, namun ingin memperbarui status dan melihat status Facebook teman-temannya. Sementara pengguna Facebook yang benar-benar berniat membaca berita online dan menjadi alasan utama mereka login hanya 18 persen.

“Saya percaya, Facebook merupakan cara yang baik untuk mengetahui berita (di media online) tanpa benar-benar harus mencarinya (seperti melalui mesin pencari atau bookmark media online),” kata salah satu responden Pew Researh, dilansir journalism.org.

Penelitian ini juga menemukan, hampir setengah pengguna Facebook di AS selalu mengklik berita yang tampil di laman ‘home’ akun mereka. Dalam hal ini, orang dewasa (18 – 29 tahun) merupakan yang paling banyak menggunakan Facebook untuk mendapatkan akses membaca berita online. Setidaknya, mereka menghabiskan waktu satu jam per hari unruk mengakses berita melalui Facebook.

Facebook

“Sebenarnya, rata-rata orang login ke Facebook hanya untuk berbagi momen pribadi. Namun, mereka secara kebetulan menemukan berita yang tertampil di News Feed (di home Facebook). Unsur kebetulan ini benar-benar dapat meningkatkan pentingnya Facebook sebagai media penghubung sumber berita dan informasi, terutama bagi mereka yang tidak mengikuti berita secara langsung,” ujar Amy Mitchell, Direktur Pew Research Center dalam sebuah pernyataan.

Pew Research menambahkan, sebanyak 50 persen pengguna Facabook orang dewasa yang juga menjadi konsumen berita, mengakses Facebook melalui komputer desktop maupun laptop daripada perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. Menurutnya, pengguna PC lebih lama dalam mengakses Facebook, sementara pengguna mbile cenderung hanya mengecek sebentar notifikasi terbaru di home mereka, lantas keluar.

No comments:

Post a Comment