Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Wednesday 30 October 2013

Review SpeedUp Pad 7.85: Tablet Android Tipis dengan Prosesor Quad Core

Sampai saat ini, para produsen tablet Android berlomba-lomba dalam mengeluarkan produk unggulan mereka dengan menawarkan keunikan tertentu. Ada yang menawarkan fungsionalitas lebih pada tablet Android mereka  dan ada pula yang menawarkan keunikan desain mereka. Nah, berbicara mengenai desain, ada yang unik datang dari SpeedUp.

SpeedUp Pad 7.85

Baru-baru ini, SpeedUp mengeluarkan sebuah tablet yang juga memiliki keunikan dalam desainnya. Tablet yang dinamakan SpeedUp Pad 7.85 ini memiliki ketebalan yang hanya 7.9 mm dan dimensi layar yang hanya 7.85 inci saja. Untuk sebuah tablet dengan sistem operasi Android, SpeedUp Pad 7.85 merupakan salah satu tablet Android tertipis sampai saat ini. Selain tipis, tablet ini pun sudah mendukung penggunaan koneksi internet 3G/HDSPA.

SpeedUp Pad 7.85 - Belakang

SpeedUp Pad 7.85 menggunakan system on chip dari Mediatek dengan MT8389. Varian dari MT6589 ini menggunakan prosesor quad core Cortex A7 berkecepatan 1,2 GHz dan GPU PowerVR SGX 544 Single Core. Memori yang terpasang di dalamnya memiliki kapasitas 1 GB dan storage internalnya sebesar 8GB. Untuk menyimpan lebih banyak data lagi, telah tersedia slot microSD pada tablet yang mendukung panggilan GSM dan koneksi 3G ini. Sistem operasinya telah menggunakan Jelly Bean 4.2.1.

Paket Penjualan

Seperti inilah paket penjualan dari SpeedUp Pad 7.85
SpeedUp Pad 7.85 - Kemasan
SpeedUp Pad 7.85 - Kemasan Belakang
Di dalam paket penjualan tersebut dapat ditemukan perlengkapan seperti berikut ini
SpeedUp Pad 7.85 - Charger
Charger
SpeedUp Pad 7.85 - Earphone
Earphone
SpeedUp Pad 7.85 - Kabel USB
Kabel USB
SpeedUp Pad 7.85 - Dokumentasi
Dokumentasi

Sistem Operasi: Android Jelly Bean 4.2.1
SpeedUp Pad 7.85 - About

SpeedUp Pad 7.85 merupakan salah satu tablet yang beredar di Indonesia yang langsung menggunakan sistem operasi Jelly Bean 4.2.1 langsung setelah membuka kotak paket penjualannya. Walaupun Android 4.3 dan KitKat (4.4) menawarkan lebih banyak feature dari Jelly Bean 4.2.1, tetapi memang kebanyakan tablet yang beredar saat ini masih menggunakan sistem operasi tersebut. Kami belum mendapatkan informasi apakah SpeedUp menyediakan upgrade ke sistem operasi selanjutnya atau tidak.

SpeedUp Pad 7.85 - Lockscreen Widget
Dengan menggunakan Jelly Bean 4.2 juga mengartikan bahwa tablet yang satu ini memiliki widget pada lock screen-nya.

SpeedUp Pad 7.85 - Homescreen Utama
SpeedUp Pad 7.85 - Homescreen 2 SpeedUp Pad 7.85 - Homescreen 1 SpeedUp Pad 7.85 - Homescreen 4 SpeedUp Pad 7.85 - Homescreen 5

SpeedUp Pad 7.85 datang dengan membawa dua buah launcher. Launcher pertama adalah SpeedUp Studio yang berisikan aplikasi, musik, game, dan majalah yang dapat didownload layaknya Play Store. Launcher kedua adalah launcher standar Android yang telah di tweak oleh pihak SpeedUp sendiri.

SpeedUp Pad 7.85 - App Drawer

Layar 7.85 Inci

Dengan layar selebar hampir 8 inci, tablet yang satu ini sudah menggunakan resolusi 1024 x 768. Layar yang digunakan pun sudah menggunakan panel In-Plane Switching (IPS) sehingga tidak mengganggu penglihatan penggunanya dari berbagai sudut. Dan menggunakan layar yang sebesar ini, tentu saja dalam membaca serta bermain menjadi lebih nyaman, bahkan dari tablet 7 inci sekali pun.

Layar besar ini juga didukung dengan 5 titik sentuh. Jumlah tersebut memang dapat dikatakan cukup, karena jarang sekali kita menggunakan aplikasi yang memerlukan gesture lebih dari tiga jari. Waktu kami gunakan bermain game, pada tablet ini tidak ditemukan masalah saat menekan layar dan bergeser. Kami tidak menemukan adanya lag pada layar saat menguji smartphone ini dengan menggunakan game-game 3D seperti Cytus, NBA Jam, dan Need For Speed.


Kamera: Hanya 2 Megapiksel

SpeedUp Pad 7.85 - Kamera

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu pemilihan dalam sebuah perangkat Android, baik itu smartphone maupun tablet, orang selalu memperhitungkan kamera. Hal tersebut dikarenakan memang di Indonesia, banyak sekali yang suka mengambil gambar baik diri sendiri maupun keadaan di sekitarnya. Tentunya hal tersebut tidak perlu dilakukan dengan kamera DSLR atau pocket secara terpisah.

Pada SpeedUp Pad 7.85 ini, kamera yang dipasang pada bagian belakangnya memiliki resolusi 2 megapiksel. Sayang memang, dengan desain yang bagus serta layar yang responsif, kamera belakangnya menghasilkan gambar yang kurang baik dari sisi ketajaman serta noise yang dihasilkan. Berikut merupakan hasil jepretan dari kamera SpeedUp Pad 7.85

Kamera Utama
SpeedUp Pad 7.85 - Kamera Utama Indoor SpeedUp Pad 7.85 - Kamera Utama Outdoor

Kamera Depan
SpeedUp Pad 7.85 - Kamera Depan Outdoor SpeedUp Pad 7.85 - Kamera Depan Indoor

Kemampuan Multimedia

Music dan video sudah menjadi sebuah standar pada perangkat Android masa kini. Oleh karenanya, dengan menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean 4.2, tablet ini pun juga sudah dapat digunakan untuk memainkan file-file musik seperti MP3, OGG, FLAC, AAC, dan WMV, serta file-file video seperti MP4, MKV, dan MOV.

SpeedUp Pad 7.85 - Movie SpeedUp Pad 7.85 - Musik

Satu bug yang kami temukan pada tablet ini adalah saat mencabut headphone saat sebuah musik sedang dimainkan. Tablet ini sepertinya tidak memindah secara otomatis suara dari audio jack ke speaker internal, sehingga musik tetap berjalan dan tidak ada suara yang terdengar. Setelah musik berhenti dimainkan dan kembali menekan tombol “play”, baru kita akan mendengar musik pada speaker internal-nya.

SpeedUp Pad 7.85 - Audio SpeedUp Pad 7.85 - Equalizer

Jika suara yang dikeluarkan masih belum bagus menurut Anda, sebuah equalizer serta sound enhancer untuk menambah kualitas dari suara yang dikeluarkan.

Slot dan Tombol


Ada sedikit tombol dan slot yang terdapat di sekitar tablet ini.
SpeedUp Pad 7.85 - Sisi Atas
Pada bagian atas, terdapat dua lubang, yaitu slot microUSB dan audio jack 3,55 mm.
SpeedUp Pad 7.85 - Sisi Kiri

Pada bagian kanan terdapat tombol power, volume, back, serta slot micro SD dan SIM.

Daya Tahan Baterai

 

Karena menggunakan empat core Cortex A7, kami sangat tertarik untuk menjajal seberapa hematnya baterai 4000 mAh yang digunakan pada SpeedUp Pad 7.85 ini. Kami pun melakukan pengujian dengan memainkan file video yang kami loop hingga baterai tablet yang satu ini habis. Dan hasilnya, SpeedUp Pad dapat bertahan selama 4:26 jam saja.

Benchmark

Kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark dan sebuah benchmark untuk browser. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui seberapa baik hardware yang dimiliki sebuah smartphone atau tablet. Walaupun begitu, hasil benchmark belum tentu menandakan kencang atau tidaknya performa keseluruhan. Hal tersebut bergantung kepada tingkat optimalisasi produsen dari segi software terhadap hardware-nya. Saat tablet atau smartphone teroptimalisasi dengan benar, seharusnya kinerja berbanding lurus dengan hasil benchmark tersebut. Aplikasi benchmark yang kami gunakan dapat diunduh secara gratis di Google Play.

LinPack Benchmark


SpeedUp Pad 7.85 - LinPack

LinPack merupakan benchmark untuk mengukur kinerja sebuah perangkat dalam menghitung floating point. Hasilnya dalam bentuk nilai operasi floating point per detik atau MFLOPS (Million Floating Point Per Second). Semakin tinggi nilainya, semakin baik. Kami cukup terkejut dengan hasil seperti ini.

Nenamark 1 dan 2


SpeedUp Pad 7.85 - Nenamark

Nenamark pertama dan kedua merupakan salah satu benchmark yang menguji kinerja OpenGL ES 2.0 sebuah smartphone. Perbedaan kedua benchmark tersebut terdapat pada jumlah penggambaran segitiga, di mana pada Nenamark 2 lebih banyak sehingga hasilnya lebih berat. Engine Nenamark ini juga dipakai pada game buatan mereka sendiri yang bertemakan Pinball.

PeaceKeeper


SpeedUp Pad 7.85 - Peacekeeper

Peacekeeper merupakan sebuah benchmark gratis yang disediakan oleh Futuremark. Pengujian yang dilakukan sebagian besar adalah untuk menguji sistem dalam bernavigasi, terutama dalam akses HTML5.

Quadrant Standard


SpeedUp Pad 7.85 - Quadrant SpeedUp Pad 7.85 - Quadrant Details

Aplikasi gratis yang satu ini menghitung nilai dari CPU, I/O, dan GPU dengan menggunakan engine software tersendiri. Semakin tinggi nilainya, semakin baik. Di versi standar yang dapat dipakai oleh semua orang ini, perolehan yang didapat hanyalah nilai totalnya. Versi yang digunakan pada artikel kali ini adalah Quadrant Standard versi 2.0 yang memiliki hasil berbeda dengan versi sebelumnya, akan tetapi menampilkan hasil lengkap tanpa harus membeli versi berbayarnya.

AnTuTu 4 Benchmark

Antutu 4
 SpeedUp Pad 7.85 - Antutu SpeedUp Pad 7.85 - Antutu Details

AnTuTu Benchmark merupakan sebuah benchmark suite yang menguji RAM, CPU, GPU, dan Storage yang ada, termasuk SD Card bawaan. Perhitungan total nilainya cukup mudah, yaitu dengan menjumlahkan nilai perolehan dari tiap detail. Karena tidak semua smartphone Android memberikan SD Card sebagai bonus perlengkapan, kami menghadirkan dua nilai akhir yang dapat Anda jadikan patokan.

Kesimpulan

Dalam memiliki sebuah tablet, hendaknya kita juga memperhatikan hal-hal yang mendasar selain harganya, seperti desain, kinerja, serta pemakaian “jeroan”nya. Ternyata, SpeedUp Pad mampu memadukan keempat point tersebut ke dalam sebuah tablet. Dengan desain cantik, ternyata dengan menggunakan chipset Mediatek MT8389 yang sudah dikenal memiliki durabilitas yang baik, kinerja dari tablet ini juga cukup baik.

Sebagai varian dari MT6589, SoC yang digunakan pada tablet yang satu ini memang memiliki kinerja yang baik. Hasil benchmark kami menunjukkan bahwa kinerja yang dimiliki oleh tablet ini sudah lebih dari cukup untuk memainkan beberapa game yang ada pada Play Store, baik yang berbayar maupun yang gratis. Saat digunakan untuk bekerja pun, seharusnya dapat digunakan tanpa menemukan adanya lag.

Rencananya, SpeedUp Pad akan dilepas pada level harga 2 jutaan. Oleh karena itu, pada level harga tersebut dan dengan menggunakan prosesor empat core, bisa dibilang sebuah tablet dengan harga yang cukup terjangkau. Walaupun begitu, harga dua jutaan memang belum dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu, bagi Anda yang belum memiliki dananya, dapat memilih tablet lain dari SpeedUp.

Kelebihan:

+ Kinerja baik
+ Responsif
+ Desain bagus
+ Layar IPS dengan tingkat kecerahan yang baik
+ Terjangkau
+ 3G/HSDPA
+ Bonus Cover

Kekurangan:

- Hasil kamera
- Ditemukan bug pada audio

Data Teknis

Prosesor dan GPU Mediatek MT8389 dengan prosesor quad core Coretx A7 1,2 GHz dan GPU PowerVR SGX544
Format Video H.264, MPEG4, WMV, AVI, 3GP, MKV
Format Audio MP3, MP4, WMA, AAC, AAC+, WAV, MIDI, OGG, FLAC
Format  Gambar JPG, BMP, PNG
Layar Capacitive IPS 7.85 inci dengan resolusi 1024 x 768
Kamera Utama / Depan 2 MP / 0,3 MP
Interface MicroUSB, microSD, SIM
Koneksi nirkabel Wi-Fi (802.11 a/b/g/n), Bluetooth 2.1
Dimensi dan Bobot 200 x 135,7 x 7.9  mm / 365 gram
Daya Tahan Baterai 266 Menit
Produsen SpeedUp
Website http://www.speedup.co.id
Harga Rp. 2.499.000




No comments:

Post a Comment