Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Wednesday 2 October 2013

Penetrasi 4G akan Lampaui 3G pada 2016

4G

Meskipun pertumbuhan 4G masih sekitar 2,9 persen pada akhir kuartal kedua tahun ini, tetapi penetrasinya dipercaya akan tumbuh sekitar 20 persen dari total konsumsi data mobile di seluruh dunia pada akhir tahun.
Bahkan menurut penelitian yang dilakukan periset pasar teknologi ABI Research, penetrasi 4G akan menyalip teknologi jaringan yang ada, yakni 3G pada 2016 mendatang. Lalu memasuki 2018, dua per tiga penggunaan jaringan mobile di seluruh dunia akan sepenuhnya milik 4G.

ABI Research memproyeksikan, pertumbuhan lalu lintas data 4G akan meningkat hingga 82,2 persen pada 2018 tersebut. Menurutnya, pertumbuhan agresif 4G tak lepas dari ketertarikan operator seluler maupun pemerintah dan juga semakin banyak smartphone 4G yang harganya kian terjangkau. Terutama dari faktor harga, smartphone yang mendukung 4G, secara global diharapkan sudah tidak lagi di atas US$ 700.
Salah satu operator terkemuka di AS misalnya, Verrizon di mana 50 persen lalu lintas 4G berasal dari penggunaa video streaming. “Faktor ini akan bergandengan tangan guna memungkinkan konsumen dapat melakukan streaming video,” kata Ying Kan Tan, salah seorang peneliti di ABI Research.

Tampaknya, penggunaan 4G masih didominasi untuk streaming video. Sementara browsing internet melalui 4G, akan memberikan kontribusi sekitar 27 persen. Dengan begitu, menurut prediskinya pada 2018 nanti, pendapatan operator yang berasal dari lalu lintas data akan meningkat hingga 7,9 pesen. Angka itu masih sedikit bila dibandingkan pendapatan operator dari layanan suara atau telepon yang berkontribusi hingga mencapai 52,7 persen.

Semoga saja, pengguna di tanah air sudah bisa merasakan jaringan 4G dalam tiga tahun mendatang. Teknologi yang dipercaya mampu menghadirkan kecepatan internet hingga 75 Mb/s.

No comments:

Post a Comment