Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Wednesday 22 February 2012

Review: Nokia 100, Komunikasi Dasar di Ponsel Sederhana


Tidak hanya sibuk menciptakan ponsel baru dengan sistim operasi terbaru berikut ragam kecanggihan di dalamnya, Nokia ternyata masih memberikan perhatian penuh untuk calon konsumen kelas menengah ke bawah.Penghujung 2011 lalu, Nokia meluncurkan budget phone terbarunya, yakni Nokia 101 dan Nokia 100. Edisi kali ini KAMI mereview salah satu di antaranya, yakni Nokia 100. Mengusung konsep berkomunikasi dengan sederhana.

Candy Bar Nan Simple 

Dimensi : 110 x 45,5 x 14,9 mm; Berat (dengan baterai): 70 g; Volume: 73 cc
Disain Nokia 100 tampil sederhana dengan konsep batangan, alias candy bar. Tidak banyak aksentuasi tambahan yang menonjol di sisi disainnya.  Selain gugusan tombol alfanumerik, ponsel ini memiliki port charger, port 3,5mm audio jack, dan torch pada bagian atas ponsel. Sedangkan di bagian depan, terdapat tombol navigasi, tombol call yang jadi satu dengan select, dan tombol disconnect yang menyatu dengan back. Ciri khas Nokia 100 adalah warna casingnya yang cerah, dan bernuansa muda.Casing bodinya berbahan plastik solid. Keypad alfanumeriknya berbahan karet yang empuk.
Menu Bar Yang Simple 

Layar: TFT  1,8"; Resolusi: 128 x 160 piksel; 65K warna; Platform atarmuka: S30
Nokia 100 yang menggunakan platform Series 30 (S30) menampilkan 11 ikon menu  khas Nokia. Terlihat rapi, namun minim grafis yang rumit. Pada homescreen hanya terdapat shortcut ke Menu dan  Go To. Pada bagian atas layar, terdapat indikator batere dan jaringan yang digunakan. Saat ponsel tidak aktif, layarnya menampilkan jam digital dengan background layar berwarna hitam. Layar 1,8 inchi yang dimilikinya cukup cerah dalam menampilkan beragam menu di dalamnya.
Olah Pesan

Picture Message, Chat Message, Broadcast Message,  Screened Message, Message Counter, Message Editor, Message Setting, storage 250 message text
Sesuai dengan perannya sebagai ponsel  yang mengutamakan komunikasi dasar, Nokia 100 tidak luput dengan fitur Messaging. Beragam  olah pesan terdapat di dalamnya, mulai dari broadcast message yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan ke beberapa sender, chat message, mengirimkan picture di message, hingga screening message yang membatasi Anda dari kiriman-kiriman SMS yang tidak diinginkan. Saat Anda mengolah pesan pun, Anda dapat membubuhkan signature text, mengatur size font, hingga  membubuhkan smileys. Memori Nokia 100 cukup besar untuk menyimpan hingga 250 pesan teks. Tombolnya yang besar dan renggang membantu  Anda untuk pengetikan cepat dan meminimalisir kesalahan pegetikan.
Radio  Pelipur  Lara 

3,5mm audio jack, Clock Radio, Auto/ Manual Tuning
Sektor hiburan audio yang menyertai  Nokia 100, hanya FM Radio. Tancapkan 3,5mm audio jack sebagai antenna FM Radio dan lakukan pencarian tuning secara manual maupun auto.  Kualitas tangkapan siarannya jernih. Menariknya, terdapat fitur Clock Radio yang di mana Anda dapat diingatkan untuk tetap stay tuned dengan stasiun favorit  yang on air di jam tertentu. Lakukan setting jam, lalu masukkan stasiun favorit yang dipilih, lalu OK.
Aplikasi 

Nokia Life Tools, Calculator, Converter, Spreadsheet, Countdown Timer, Calendar, Stopwatch, Chinese Lunar Calendar, Tips and Offer, Senter, Reminder, Game (Forbidden Treasure, Bounce)
Beragam aplikasi ditambahkan di Nokia 100 yang memudahkan aktivitas sehari-hari Anda. Mulai dari  lampu senter, kalender, dan jam alarm, serta games.Tak hanya itu, seperti posel Nokia lainnya, Nokia 100 membekali fitur Nokia Life Tools yang menyediakan akses cepat ke berbagai  informasi mengenai kesehatan, pendidikan, pertanian dan hiburan. Informasi dan tips yang didapat  dari Nokia Life Tool berupa SMS dan melalui sistem berlangganan yang memangkas pulsa Anda.
Batere

Li-Ion BL-5CB 3.7V / 800 mAh
Salah satu yang dihandalkan oleh Nokia 100 adalah daya batere yang mampu bertahan lama untuk siaga hingga 35 hari, dan waktu bicara tujuh jam nonstop.  Saat dicoba  4,5 jam untuk menelepon tidak panas dan tetap nyaman di dekatkan di telinga.
Kesimpulan

Dengan mengusung desain sederhana, Nokia 100 merupakan ponsel S30  yang  sesuai dengan misi Nokia untuk mewujudkan komunikasi terjangkau ‘The Next Billion’ lengkap dengan berbagai kemampuan daya tampug kontak, beragam settingan messaging, daya batere yang kuat dan kualitas tangkapan yang jernih.  Ponsel ini direkomendasikan bagi pengguna pemula yang membutuhkan perangkat yang simple dan praktis. (Nariswari)

(+)
-Olah pesan yang beragam
-Kualitas daya baterre yang kuat

(-)
- Minim fitur
-Tanpa koneksi internet
-Tanpa dukungan eksternal memory
SPESIFIKASI DETAIL

No comments:

Post a Comment