Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Wednesday 22 February 2012

Review: IMO Tab Y3, Tablet Froyo Dengan Dual Core dan HDMI


Buat Anda yang ingin mencoba tablet Android berbanderol murah, dengan kemampuan dual core dan mendukung HDMI, mungkin IMO Tab Y3 jawabannya. Tak kalah hebat dibanding tablet keluaran merk branded, tablet be-OS Android Froyo ini menjanjikan kemampuan yang lebih baik ketimbang seri-seri sebelumnya.

Desain
Dimensi IMO Y3 sekitar 196 x 120 x 14 mm, dengan bobot 610 gram. Ukuran ini tergolong nyaman untuk sebuah Tablet PC. Dalam posisi portrait dengan tombol navigasi (home, back, search) di bawah dan kamera di atasnya, maka sisi kanan atas terdapat slot SIM Card, tombol volume serta tombol On/Off.

Sisi kiri atas tersedia port mini USB yang bersebelahan dengan port charging. Sedangkan sisi kiri bawah terdapat port HDMI, mic, port audio out dan slot microSD. Bagian belakang tablet ini dapat dibuka dengan mendorongnya sehingga baterai akan terlihat.
Layar
IMO Tab Y3 memiliki layar multi sentuh kapasitif berukuran 7 inchi 800 × 480 piksel dengan kemampuan multi touch screen. Dengan begitu yang tampil di layar terlihat lebih hidup dan jelas. Saat BG’ers menjalankan game ataupun membuka aplikasi lain yang membutuhkan resolusi tinggi, respon dari layarnya sangat baik.
Hardware
Tablet ini menggunakan prosesor dual core 1.0 GHz ARMv7 (VFPv3, NEON). Dengan begitu tablet ini dipercaya dapat menopang kecepatan yang dibutuhkan untuk menjalankan Android Froyo lengkap dengan seabreg fitur dan aplikasi tambahan. 

Dengan memori internal 512MB DDR Built-in 4G memory, gadget ini mendukung memori eksternal tipe microSD hingga maksimal 32GB. Soal fitur, meski masih menggunakan OS Android Froyo, tablet ini tergolong lumayan mewah dari tampilan dan isi.
Tablet ini diperlengkapi dual kamera yaitu depan dan belakang serta G-sensor 4 arah yang tentunya memudahkan BG’ers untuk melihat dalam format vertikal atau horizontal. Selain itu, kelebihan utama dari tablet ini ialah dapat digunakan untuk telepon. Seperti diketahui, kehadiran tablet yang dapat digunakan untuk telepon dan SMS sedang banyak diminati oleh penikmat gadget. Untuk asupan sumber daya, IMO tab Y3 ini telah dibekali baterai Li-Ion berkapasitas 4000 mAh.
Multimedia
Untuk media hiburan, IMO Y3 menyediakan pemutar musik, audio recorder dan pemutar video. Format untuk file video yang didukung AVI, RM, RMVB, MKV, WMV, 3GP dan MOV. Sedangkan untuk audio format yang didukung adalah MP3, WMA dan WAV. 

Saat memutar file audio, hasil suara dari speaker internal lumayan bagus. Namun tentu saja untuk menikmati kualitas yang sempurna Anda harus menggunakan headset atau menyambungkan ke headset bluetooth.
Game dan Aplikasi
Buat pemburu game dan aplikasi, IMO Y3 sudah dilengkapi Android Market resmi milik Google. Tak seperti tipe terdahulu yang hanya menyediakan App Market milik penyedia layanan konten asal Cina. Tinggal sign in menggunakan akun Google, ribuan aplikasi/game (gratis maupun berbayar) siap untuk diunduh.
Selain multimedia, tablet ini pun tetap menghadirkan fasilitas kantoran. Secara default, IMO Y3 menyediakan aplikasi Document To Go. Aplikasi penampil dokumen lain seperti eBook dan PDF juga telah tersedia dan dapat dinikmati secara full.

Terkadang dibutuhkan kesabaran dalam memilih aplikasi, game atau widget yang ingin ditambahkan. Namun dengan membaca review dan screenshot yang ada, Anda dapat merasakan sensasi yang berbeda setelahnya. Bandingkan saja dua gambar berikut ini yang menampilkan isi aplikasi dengan widget bawaan dan isi aplikasi setelah instal widget tambahan.
Konektifitas
Dengan transfer data HSDPA dan konektifitas WiFi 802,11, tablet ini bukan saja hanya memberikan hiburan, namun juga membuat penggunanya tetap terhubung ke dunia maya. 

Satu lagi kelebihan dari tablet ini yaitui aplikasi Navigasi dan Latitude yang dapat menampilkan posisi dimana Anda berada lengkap dengan penunjuk ‘direction’.
Sinkronisasi
Sebagai tablet dengan OS Android, tentu saja akun yang dibutuhkan adalah yang dimiliki Google. Untuk itu, Anda harus memiliki akun di Google seperti Gmail. Saat Anda sudah melakukan ‘sign in’, maka seluruh informasi yang terdapat pada akun tersebut disedot secara otomatis oleh tablet ini. Anda dapat melihat langsung koleksi foto atau daftar kontak pada tablet ini.
Bila Anda menggunakan akses WiFi proses sinkronisasi atau download aplikasi dan game tidak akan terasa namun bila menggunakan operator dari SimCard yang Anda gunakan akan terasa berbeda. Untuk dapat menikmati sinkronisasi secara utuh, Anda dapat mengatur agar proses penggunaan akses internet menggunakan WiFi dan SimCard secara otomatis. Maksudnya, disaat akses WiFi tidak diperoleh, maka gadget ini akan menggunakan akses internet dari SimCard.

Pengaturan
Hal yang paling penting buat Anda yang belum terbiasa menggunakan tablet Android tentu saja pengaturan (setting). Perhatikan betul pengaturan yang secara default dari pabrikan. Pengaturan default belum mengkoneksikan tablet ke perangkat apapun termasuk koneksi nirkabel.

Fitur lain
Selain dapat digunakan untuk menelepon (voice call) dan SMS, kelebihan tambahan dari tablet ini adalah adanya port HDMI. Saat menonton video, BG’ers dapat menyambungkannya ke perangkat dengan koneksi HDMI seperti HDTV, proyektor atau perangkat lainnya.
Kesimpulan
IMO Tab Y3 menawarkan pengalaman yang lumayan memuaskan dengan kinerja yang tinggi, desain yang elegan, serta bentuk yang sangat portable. Dengan harga yang relatif lebih murah dibanding produk premium lainnya, tablet ini cukup memuaskan. Buat Anda yang belum begitu terbiasa dengan OS Android sebaiknya memperhatikan pengaturan dan teknik standar dalam pengoperasiannya. Kebanyakan pengguna awal mengeluhkan beberapa hal yang sebenarnya hanya karena ketidaktahuan cara penggunaan.

Tips

Tablet ini tidak menyediakan tombol reset. Sering sekali pengguna tidak mengetahui bahwa aplikasi tidak tertutup dengan benar dan masih berjalan dilatar belakang. Akibat aplikasi yang menumpuk terkadang membuat gadget ini mengalami ‘hang’ (macet). Jadi saat ‘hang’ Anda harus membuka tutup belakang dari tablet ini dengan mendorongnya hingga terbuka. Lepas konektor baterai dan sambungkan kembali dan hidupkan. Dengan begitu tablet ini akan berjalan normal kembali.
SPESIFIKASI DETAIL






No comments:

Post a Comment