Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 13 February 2012

Review Dell Venue



Dijejali beragam feature menarik, Venue tergolong ”pede” untuk bersaing dengansmartphone Android masa kini. 
Sebagai produsen ternama yang ikut merambah dunia Android, Dell tidak hanya memiliki komputer tablet (Dell Streak), melainkan juga smartphone. Via Venue, Dell tampaknya yakin akan mampu menarik perhatian pasar, salah satunya karena adanya nama besar Dell sendiri.
Produk smartphone ini memiliki dua varian. Pertama Venue versi “polos” yang menggunakan sistem operasi Android. Kedua, Venue Pro yang menggunakan Windows Phone. 
Tak bisa dimungkiri bahwa Venue memiliki daya tarik fisik. Bagian mukanya yang mengilap berserta aksen lis krom di kiri dan kanan bodinya menghadirkan kesan mewah dan premium. Kerennya lagi, bagian depannya ini dilindungi oleh Gorilla Glass yang tahan terhadap beberapa gangguan fisik seperti gores dan benturan. Sisi belakangnya menggunakan semacam plastik bertesktur yang selain berfungsi memperindah tampilan juga memantapkan genggaman. 
Tombol volume serta shutter kamera ditempatkan di sisi kanan, sedangkan sebuah tombol unik berada di sisi kiri. Tombol geser yang ada di sisi kiri tersebut berfungsi untuk mengaktifkan modus Silent, mirip seperti iPhone. Venue berbentuk elips jika dilihat dari sisi atas atau bawah sehingga secara keseluruhan berpenampilan unik.
Kini saatnya mengintip “jeroan” Venue. Kami sedikit kecewa karena ternyata Venue masih menggunakan Android versi 2.2 dan sampai artikel ini ditulis, kami belum menemukan versiupdate berikutnya (versi 2.3). Sementara dari sisi hardware, meskipun cukup cepat (1 GHz), Snapdragon QSD 8250 ini tergolong lawas. Untungnya perangkat ini dilengkapi memori utama berkapasitas 512 MB sehingga selama penggunaan, kami tidak mengalami jeda yang mengganggu.
Dell juga memberikan kapasitas memori internal (storage) yang lumayan, yakni sebesar 500 MB. Dari sisi aplikasi terpasang, secara default Venue sudah dipasangi beberapa aplikasi seperti QuickOffice, Kindle – sebuah e-book reader, dan Dell Sync untuk menangani aktivitas sinkronisasi.
Yang menarik, ada widget khas Stage Widgets yang merupakan komponen Stage UI Venue.Widget stage ini menampilkan konten sesuai kategori (misalnya musik atau galeri) yang kemudian akan ditampilkan secara fullscreen.
Bagi yang suka memotret, kamera 8 megapiksel yang dimiliki Dell Venue akan menjadi senjata yang “ampuh”. Ini karena hasil potretnya tergolong cukup baik untuk kelas ponsel cerdas. Sayangnya, tidak tersedia kamera untuk keperluan video calling. Selain itu, kualitas videonya, meski sudah menghasilkan resolusi HD 720p, tetap agak mengecewakan. Keberadaan filterNoise Reduction agaknya merupakan biang keladi yang mengurangi kualitas gambar secara keseluruhan. 
                                                                               ****

Penampilan Venue memang atraktif. Kesan mewah yang melekat pada Venue membuat Anda bangga menenteng smartphone ini. Yang sangat disayangkan, Dell tidak (atau belum?) menyediakan update untuk Venue. Memang secara umum kinerja Venue sudah baik. Namun,tidak ada salahnya mendapatkan peningkatan kinerja via update sistem operasi.
 Hasil Pengujian 
Menggunakan sistem operasi dan SoC generasi sebelumnya, terlihat kinerja Dell Venue agak ketinggalan terutama dari sisi grafis. Namun secara keseluruhan, keseimbangan kinerja yang ditunjukkan oleh Venue termasuk baik.
Pengujian
Dell Venue
Axioo Vigo
Quadrant Advanced Total
865
1854
Linpack Single Thread
34.77 MFLOPS
40.01 MFLOPS
Multi Thread
- MFLOPS
- MFLOPS
Smartbench 2011 Productivity
1192
1003
Smartbench 2011 Games
813
1348

Spesifikasi Dell Venue
Prosesor
Qualcomm QSD 8250 1 Ghz
RAM
512 MB
Kartu Grafis
Adreno 200
Internal Storage
1 GB (550 MB tersedia)
Wireless
802.11b/g/n WLAN, Bluetooth 2.1, GPS
Kamera
8 Megapiksel
Lain – Lain
Gorilla Glass
Layar
AMOLED 4.1” 480x800 piksel
Bobot
164 gram
Sistem Operasi
Android 2.3.3
Garansi
1 Tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp4.750.000
* Studio HP, (021) 6386-8000; Minggu kedua Oktober 2011 



Tekstur 
Bagian belakang dari bodi Venue ini didesain bertekstur untuk mencegah selip saat menggunakannya




Slot
 
Slot microsd ini bersifat semi “hotswap”. Pasalnya, Anda harus membuka tutup baterai dulu untuk dapat mengaksesnya.




Speaker
 
Walaupun celahnya ada dua, suara hanya keluar dari salah satu celah tersebut. Celah satu lagi adalah mic


Plus     : Kinerja cukup baik, Gorilla Glass, tampilan fisik tampak berkelas.
Minus : Masih Android 2.2, kualitas video recording  cukup baik.

Skor Penilaian 
Kinerja           : 3,5
- Fasilitas         : 4
- Kemudahan    : 4
- Harga             : 3,5
- Skor Total      : 3,75

No comments:

Post a Comment