Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 13 February 2012

Review Axioo Vigo 410



Di balik penampilan minimalisnya, Vigo 410 memiliki bekal cukup untuk bersaing di pasar smartphone Android.
Anda tentunya cukup sering mendengar nama Axioo. Jika nama ini disebut, biasanya Anda akan langsung mengasosiasikannya dengan notebook. Tapi kali ini, Axioo hadir dengan produksmartphone yang bisa dikatakan merupakan sebuah lahan baru bagi mereka.
Produk smartphone Axioo ini hadir via Axioo Vigo sebuah ponsel cerdas berbasis Android, dengan varian 410 yang merupakan penghuni lini atasnya.
Vigo 410 hadir dengan desain yang minimalis, cenderung “biasa” saja. Untuk mencegah tampilan terlalu kaku, sisi pinggir  Vigo 410 dirancang dengan sudut tumpul. Bagian mukanya didominasi layar sebesar 4,1 inci serta tombol jenis sentuh. Tombol fisik berupa power dan volume masing-masing berada di sisi kiri dan kanan smartphone.
Namun, kami kurang menyukai desain tombol fisik ini terutama di bagian tombol power-nya. Selain pipih, bentuknya yang kecil agak menyulitkan ketika ditekan. Sementara itu, tutup baterai Vigo 410 berupa lempengan metal yang cukup tebal.
Kami pun mencoba kemampuan smartphone yang memiliki bobot cukup lumayan ini. Setelah menjalankan aplikasi pembaca informasi sistem, barulah kami mengetahui bahwa jeroan dari Vigo 410 lumayan mumpuni. Oleh karena itu, tak heran jika hasil benchmark-nya mencapai angka yang lumayan tinggi, dan mampu bersaing dengan smartphone merek lain.
Di dalam Vigo 410 tertanam prosesor Qualcomm Snapdragon QSD 8255 berkecepatan 1 GHz yang ditandem dengan unit olah grafis Adreno 205.
Sayangnya, memori sistem (RAM) Vigo hanya berkapasitas sebesar 384 MB. Ini sedikit membatasi kemampuannya untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Kabar baiknya, tersedia kapasitas simpan sebesar 1 GB yang bisa diisi mulai dari gambar, musik, video, dan bahkan aplikasi. Kalau tak cukup juga, slot micro-SD yang mendukung hingga kapasitas 32 GB siap ditempati.
Dari sisi software-nya, Vigo 410 menggunakan Android 2.3.3 yang telah dikustomisasi. Tampilan homescreen-nya memang terlihat biasa saja, namun Axioo memasukkan featureyang dinamakan Smart Switch. Ini adalah feature untuk mengubah tema tampilan utama sesuai kebutuhan misalnya Home, Entertainment, Bussiness, dan lainnya. Tentunya di setiap “scene” tersebut berbagai widget yang ada telah disesuaikan pula dan Anda masih bisa melakukan modifikasi lagi sesuai keinginan.
Vigo 410 dibekali kamera 5 megapiksel dengan flash LED untuk lingkungan bercahaya kurang. Kamera tersebut juga bisa digunakan untuk merekam video berkualitas HD 720p. Tapi sayangnya, kami menemukan anomali pada hasil videonya. Gambar dari rekaman video Vigo 410 seperti terkena efek watercolor. Sementara hasil fotonya baik-baik saja dan masih dalam kategori standar.
****
Axioo Vigo 410 cukup menarik perhatian. Tampang konvensionalnya cukup menarik bagi penyuka desain simpel dan minimalis. Tetapi daya tarik utamanya berasal dari hardware-nya di dalamnya yang secara memberikan kontribusi cukup besar terhadap kinerjanya. Tanpa melupakan kekurangannya, secara keseluruhan kinerjanya termasuk baik.

Hasil Pengujian
Memiliki spesifikasi yang bisa dibilang agak mirip, Vigo mampu mengimbangi kinerja Play secara umum. Kekalahannya di beberapa uji mungkin disebabkan kecilnya kapasitas memori sistem.
Pengujian
Sony Ericsson Xperia Play
Axioo Vigo
Quadrant Advanced Total
1635
1854
Linpack Single Thread
38.31 MFLOPS
40.01 MFLOPS
Multi Thread
- MFLOPS
- MFLOPS
Smartbench 2011 Productivity
1236
1003
Smartbench 2011 Games
1431
1348

Spesifikasi AXIOO VIGO 410
Prosesor
Qualcomm MSM 8255 1 GHz
RAM
384 MB
Kartu Grafis
Adreno 205
Internal Storage
1 GB tersedia
Wireless
802.11b/g/n WLAN, Bluetooth 2.1, GPS
Kamera
Belakang : 5 Megapiksel, Depan : VGA
Lain – Lain
Micro HDMI port
Layar
4.1” 480x800 piksel
Bobot
175 gram
Sistem Operasi
Android 2.3.3
Garansi
1 Tahun
Situs Web 
Harga kisaran*
Rp2.999.000
* Terra Data Indonesia (TDI), (021) 690-5679;  



Kamera 
Kamera 5 megapiksel ini dilengkapi flashLED dengan kualitas cukup bagus. Sayangnya, saat merekam video, hasilnya tergolong kurang baik.  




Slot
 
Walaupun bersifat hotswap, untuk mencapai slot micro-SD ini, Anda harus membuka tutup baterai dulu.  




Port 
Di samping port USB, terdapat pula portmicro HDMI yang berada di bagian bawahsmartphone


Plus     : Kinerja cukup baik, speaker stereo, output HDMI.
Minus Bug pada video recording, memori RAM kecil.  

Skor Penilaian - Kinerja            : 3,75
- Fasilitas          : 4,25
- Kemudahan    : 4
- Harga             : 4 

- Skor Total      : 4

No comments:

Post a Comment