Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Review Samsung WB700



Banyak hal unggul di model kompak ini membuatnya  pantas disejajarkan dengan kamera DSLR.
Salah seorang kawan penulis yang hobi memotret kerap mengeluhkan kemampuan kamera kompak yang kalah jauh dibandingkan jenis DSLR. Namun di sisi lain, ia juga kurang sreg dengan harga DSLR yang realtif mahal dan ukurannya yang besar sehingga kurang praktis dibawa bepergian.
Namun pendapatnya segera berubah saat dikenalkan dengan WB700 yang menurut kami merupakan salah satu seri kompak terbaik dari Samsung. Bagaimana bisa begitu?
Salah satu daya tarik Samsung WB700 yang membuat kami terhenyak adalah zoom optis yang mencapai 18X. Jika ditilik, hanya sedikit kamera model kompak dan prosumer yang menghadirkan perbesaran optis seperti ini, salah satunya adalah Nikon Coolpix S9100.
Dengan zoom 18X, huruf Times New Roman berukuran 16 bisa terlihat jelas pada jarak lebih dari 4 meter dengan jelas. Mantap bukan? Setidaknya Anda akan lebih leluasa memperbesar obyek foto dari jarak jauh tanpa perlu repot mendekatinya, tetentu dengan tetap menggunakan tripod untuk mencegah guncangan.
Selain memiliki zoom tinggi, lensa Samsung WB700 juga memiliki sudut lebar 24 mm. Artinya, kamera ini ideal untuk berbagai obyek pemotretan, mulai dari landscape sampai pemotretan jarak jauh.
Yang tak kalah menarik adalah kemampuan kamera ini berfungsi pada mode manual penuh (P-A-S-M) lengkap dengan pengaturan yang diperlukan. Di mode ini pengaturan level pencahayaan dan kecepatan bidik bisa diatur cepat dengan tombol OK di bagian tengah tombol fungsi. Samsung kali ini membuat indikator fungsi pada displai AMOLED 3” lebih kecil namun rapi berjajar di sisi layar, membuat tampilan foto menjadi terlihat lebih bersih.
Seperti halnya seri WB lain, WB700 juga memiliki banyak feature yang mendukung proses fotografi, terutama pada bagian pengolahan akhir. Salah satu yang diunggulkan adalah mode penstabil gambar ganda (Dual-IS) untuk mendapatkan foto yang fokus dengan meminimalkan efek guncangan, termasuk pada subyek bergerak.
Berikutnya tersedia fasilitas perbaikan foto dan pilihan hingga 13 filter frame, yang menjadi fasilitas favorit kami karena membuat aktivitas foto menjadi tidak membosankan.
Hasil bidikan Samsung WB700 sendiri terbilang mengesankan. Gambar terlihat tajam dalam berbagai kondisi, termasuk dalam kondisi cahaya minim. Namun warna-warni yang didapat cenderung sedikit berbeda dibanding warna aslinya.

****
Sebagai kamera semi profesional, WB700 menawarkan kombinasi ideal antara kemudahan pakai dan fleksibilitas penggunaan manual. Kami sangat menyukai lensanya yang memiliki rentang lebar, sehingga memudahkan proses pemotretan dalam berbagai kondisi. Hasil bidikannya terbilang memuaskan, meski kami berharap warnawarni yang lebih natural. Zoom tinggi, sudut lebar, dan kemampuan olah foto, menjadikan WB700 sebagai kamera jempolan.

Spesifikasi Samsung WB700
Resolusi Pixel
14,2 megapixel
Resolusi Foto (min/max)
1024x768 / 4320x3240 pixel
Resolusi Video (min/max)
320x240 / 1280x720 @ 15/30 fps
Media Perekam
Internal 10 MB & microSD/SDHC
Format File (gambar/video/audio)
JPEG/MP4/AAC
Ukuran lensa ekivalen-35mm
24-432 mm
Aperture Seting
f/3.2-5.8
Ekivalen ISO
80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Zoom
18x optical, 1,3x digital
Kecepatan shutter (detik)
16 - 1/2000
Fokus terdekat terbaik (makro)
3cm
Viewfinder
Tidak ada
Diagonal LCD
3 inci
Koneksi komputer
Mini HDMI 1.3, micro HDMI
Tipe batere/isi ulang
Lithium-Ion 1050 mAh/ Ya
Baterai charger
Ada
Dimensi (plt)
10,5x5,9x2,5 cm
Bobot (gram)
224 gram (dengan batere dan kartu memori
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp3.490.000
* Samsung Indonesia, (021) 5299-1777; Minggu kedua Juli 2011

Pilihan Manual
Di dekat tombol rana tersedia tombol penentuan mode bidik baik manual (P-A-S-M) manupun otomatis (Smart-Dual). Anda bisa juga mencoba pilihan Scene (SCN) yang menyediakan 8 skema lengkap dengan informasinya.



Foto Tua Melalui fungsi Smart Filter, foto yang ada bisa diubah ke tampilan foto tua dengan memilih opsi Old Film. Tersedia sekitar 13 filter lainnya yang bisa membuat foto tampil lebih kreatif.



Tombol Belakang
Cukup ramai juga tombol di bagian belakang. Tombol C di kanan-atas merupakan shorcut pengaturan exposure dan Fn untuk fungsi lainnya. Tidak khasnya tiap tombol terkadang membuat pengguna salah memilih.

 
 

Plus     : Zoom optis dan lensa sudut lebar; lensa Schneider; fungsi manual; dilengkapi fasilitas olah image; video Full-HD.
Minus : Grip kurang mantap; warna kurang alami. 

Skor Penilaian
-
Kinerja             : 4,25
- Fasilitas           : 4,5
- Penggunaan    : 4,25
- Harga               : 3,4
- Skor Total        : 4,18 

No comments:

Post a Comment