Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Review Samsung NX11



Seri boleh baru, namun kamera DSLR dengan sistem mirrorless ini hanya membawa sedikit dari seri sebelumnya.
Sekilas, Samsung NX11 memiliki kemiripan dengan seri sebelumnya, NX10. Ada sedikit revisi yang dilakukan Samsung di bagian handgripnya yang kini sedikit lebih besar sehingga genggaman tangan lebih mantap. Namun selebihnya, bodi NX11 ini sama seperti NX10. Kami sendiri menyukai desain bodi NX11 karena meski kompak, kamera ini terasa seperti DSLR konvensional.
Berbeda dengan sistem mirrorless lainnya seperti Micro Four-Thirds (MFT) yang sudah memiliki standar untuk mounting lensanya, Samsung memilih jalan lain dengan sistem mounting sendiri yakni NX Mount. Hingga saat ini, Samsung memiliki cukup banyak koleksi lensa dengan NX Mount ini. Salah satunya adalah jajaran lensa i-Function yang memiliki fungsi pengaturan beberapa parameter kamera ketika ingin memotret.
Di sinilah kami melihat perbedaan besar antara NX11 dengan NX10. NX11 telah mendukung lensa i-Function secara native, sementara pada NX10, Anda harus melakukan update firmware terlebih dahulu. Parameter kamera yang bisa diatur melalui ring lensa iFn tersebut lumayan lengkap dan merupakan pengaturan yang sering diakses saat memotret. Dengan menekan tombol iFn, Anda dapat mengatur ISO, bukaan lensa (Aperture), kecepatan rana, bahkan whitebalance.
Pada unit yang kami uji, Samsung menyertakan lensa zoom standar 18-55 mm II OIS yang sudah memiliki fungsi iFn. Meski pengaturan melalui lensa ini menarik, sejujurnya kami masih lebih nyaman mengatur setting kamera melalui tombol bodi dan scroll-wheel yang berada dekat tombol shutter. Namun ini lebih ke arah kebiasaan yang pastinya berbeda untuk setiap orang. Berbicara soal pengaturan, NX11 menawarkan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengatur semua parameter untuk mengabadikan momen. Selain mode lengkap P, A, S, dan M, NX11 juga memiliki Smart Auto yang menurut kami cukup pintar mendeteksi kondisi lingkungan memotret. Ketika menggunakan modus Manual, informasi yang ditampilkan di layar termasuk lengkap. Sayang, layarnya yang menggunakan AMOLED ini cukup “menipu” karena sering kali hasil di layar tampil lebih terang dibanding saat ditampilkan pada monitor komputer.
Berbekal sensor yang sama dengan NX10, NX11 tidak takut bersaing dengan DSLR entry level lainnya. Sensor CMOS berukuran APS-C ini tentu memiliki kelebihan terutama jika dibandingkan dengan sistem MFT. Untuk hasil fotonya, bahkan di ISO 1600, foto masih termasuk bersih dan layak digunakan. Noise baru tampak mengganggu ketika menggunakan ISO 3200.

****
Pembaruan mendasar yang dimiliki Samsung NX11 adalah dukungan lansung terhadap koleksi lensa i -Function. Penambahan fitur lain seperti Panoramic Mode, dan pilihan aspect ratio 1:1/16:9 terlihat menarik meski tidak signifikan secara keseluruhan. Walau demikian, NX11 menawarkan kendali intuitif—utamanya bagi pemula—serta memiliki kualitas gambar yang kompetitif dibanding merek lain di kelas yang sama.

Spesifikasi  Samsung NX11
Sensor
23.4 x 15.6 mm CMOS
Resolusi Maksimal
14.6 Megapiksel (gambar) 1280x720 – HD 720p (video)
LCD
AMOLED 3” 614.000 piksel
ISO
Auto / 100 / 200 / 400 / 800 / 1600 / 3200
Jenis Lensa
Samsung NX Mount
Media Perekam
SD/SDHC
Format Media
RAW(.SRW)/JPEG/H.264 AVC-HD(.MP4)
Koneksi
Digital output: USB 2.0 HDMI
Dimensi (plt)
12,3x3,9x8,7 cm
Kelengkapan
- USB Cable
- AV Cable
- Software CD
- Quick Guide
- Hand Strap
- Li-ion Battery dan Charger
- Opsional Aksesoris GPS
Bobot bodi termasuk baterai
353 gram
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga kisaran*
US$649
* Samsung Electronics Indonesia, (021) 5299-1777; Minggu Ketiga Agustus 2011

PortNX11 menyediakan berbagai port I/O termasuk mini-HDMI 





iFunction
Inilah tombol lensa yang berguna mengakses berbagai fungsi kamera 





SensorNX11 tidak memiliki cermin pemantul sehingga sensor langsung terlihat ketika lensa dilepas






Plus     : Ergonomi kamera baik, kualitas gambar bagus, dukungan lensa i-Function
Minus : Noise pada ISO 3200, durasi video terbatas di 25 menit/file

Skor Penilaian
- Kinerja              : 3.75
- Fasilitas            : 4.25
- Kemudahan      : 4
- Harga                : 3.5
- Skor Total         : 3.875

No comments:

Post a Comment