Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Review Samsung SH100




Keberadaan koneksi nirkabel membuat kamera ini cocok untuk mereka yang kerap “narsis” dengan fotonya di situs jejaring sosial.
Di era jejaring sosial seperti sekarang ini, tidak usah heran melihat orang dengan mudahnya memuat puluhan foto mereka ke Facebook atau video ke situs YouTube. Kebanyakan pengguna memanfaatkan ponsel berkamera dan juga koleksi foto/videonya di komputer untuk “eksis” di dunia maya. Namun kini ada cara baru: menggunakan kamera digital biasa.
Ya, Samsung SH100 adalah kamera yang bisa mengirimkan foto dan video ke situs jejaring sosial tanpa harus memindahkannya ke komputer terlebih dahulu. Kunci kemampuan tersebut adalah keberadaan fasilitas WiFi di dalam kamera ini sehingga Anda dengan mudah bisa terkoneksi ke access point terdekat. Perlu dicatat, fasilitas WiFi ini tidak cuma untuk terkoneksi ke internet, namun juga ke komputer kita untuk mentransfer data.
Kamera kompak beresolusi 14,2 megapixel ini memiliki bentuk yang cukup mungil (dimensi 9,3x5,4x1,9 cm). Anda yang berjari besar mungkin agak kepayahan mengakses navigasinya, utamanya di bagian layar sentuh 3”. Untung saja paket kamera menyertakan sebuah stylus agar lebih nyaman menekan layar yang bersifat resistive.
Sebagai kamera point-andshoot yang mudah dipakai, SH100 memang memberi fasilitas otomatis yang serba praktis. Kalaupun tersedia program manual, konfigurasinya terlihat sederhana seperti pilihan ISO, area fokus, pencahayaan, dan semacamnya. Anda tak akan menemui pilihan untuk mengatur kecepatan bidik di sini. Namun beragam fasilitas kreatif seperti Magic Frame untuk memberi bingkai, Photo Filter untuk efek tertentu, hingga Object Highlight yang memberi fokus ke obyek foto kami anggap sangat menarik untuk dicoba.
Fasilitas yang mungkin paling keren, setidaknya untuk saat ini, tentulah pada kemampuan SH100 mengirimkan hasil foto atau video ke e-mail maupun situs populer macam Picasa, PhotoBucket, Facebook, dan YouTube. Semua proses transfer ini dilakukan secara nirkabel sehingga sangat praktis. Agar pengguna bisa lebih mudah mendapatkan akses wireless, Samsung juga melengkapi SH100 dengan link ke provider hotspot Boingo yang menyediakan jalur WiFi lebih dari 200.000 lokasi di seluruh dunia.

****
Secara konsep, Samsung SH100 adalah inovasi menarik karena menangkap trend masyarakat masa kini yang senang tampil di situs jejaring sosial. Penggunaannya sendiri terasa mudah, meski perlu diingat kalau kita membutuhkan akses internet kencang agar proses upload berjalan mulus. Jika tidak, terpaksa Anda harus mengecilkan pilihan resolusi foto/video agar proses transfernya tidak berat.

Spesifikasi Samsung SH100
Resolusi Pixel
14,2 megapixel
Resolusi Foto
(min/max) 1024x768 / 4320x3240 pixel
Resolusi Video
(min/max) 320x240 / 1280x720 @ 15/30 fps
Media Perekam
Internal 10MB & microSD/SDHC
Format File
(gambar/video/audio) JPEG/MP4/AAC
Ukuran lensa ekivalen-35mm
26-130 mm
Setting aperture
f/3.3-5.9
Ekivalen ISO
80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Zoom
5x optical, 5x digital
Kecepatan shutter
(detik) 8 - 1/2000
Fokus terdekat terbaik
(makro) 5cm
Viewfinder
Tidak ada
Diagonal LCD
3 inci
Koneksi komputer
Mini HDMI 1.4
Tipe batere/isi ulang
Lithium Ion 850mAh/ Ya
Batere charger
Ada
Dimensi (plt)
9,3x5,4x1,9 cm
Bobot (gram)
132 (dengan batere dan kartu memori)
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp 2,49 juta
* Samsung Indonesia, (021) 5299-1777 ; Minggu pertama Agustus 2011

Frame Kreatif Jadikan foto Anda lebih menarik melalui fasilitas kreatif di kamera yang mudah digunakan. Beberapa pilihan juga dapat diatur secara manual sesuai keinginan Anda. 





Icon Fungsi
Pilihan fungsi-fungsi kamera yang ditampilkan dalam bentuk icon di layar sentuh. Modelnya mirip dengan antarmuka pada smartphone




Upload ke Internet Daya tarik utama kamera muncul pada layanan upload langsung ke situs jejaring sosial populer. Cocok buat “aktivis” FaceBook, YouTube, dan semacamnya.


 


Plus     : Desain kompak dan praktis; menyediakan fasilitas WiFi untuk transfer foto-video; pilihan bidik kreatif.
Minus : Grip tidak mantap; proses navigasi agak lamban; kualitas foto biasa.
 
Skor Penilaian
- Kinerja             : 3,5
- Fasilitas           : 4
- Penggunaan    : 4,5
- Harga               : 4
- Skor Total        : 3,95

No comments:

Post a Comment