Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Review Samsung WB210



Keunggulan lensa sudut lebar dan kemudahan menu ala smartphone hanyalah sedikit hal menarik dari kamera kompak serba bisa ini. 
Kalau Anda terbiasa memakai fasilitas kamera di smartphone tentu Anda menyukai kepraktisan feature fotografi yang diusung perangkat ini.
Nah, perangkat generasi WB (wide lens) terbaru dari Samsung, WB210, akan memperlihatkan bahwa tak hanya fasilitas fotografi lebih lengkap yang bisa didapat pengguna, tapi juga kemudahan khas smartphone sentuh yang kini mulai populer. Pihak eksekutif dari Samsung pun berani menjamin bahwa model terbarunya ini menawarkan pengalaman menarik, layaknya perwujudan ½ kamera dan ½ ponsel.  
Dengan tebal lebih dari 2 cm dan bobot lebih dari 170 gram tentunya WB210 tergolong model kompak yang tak terlalu langsing.
Tapi nanti dulu. Bentuk fisiknya yang sedikit bongsor ini merupakan kompensasi dari kemampuan zoom optis yang mencapai 12x (dengan membagi pergerakan fragmen lensa di tiga bagian). Anda pun mampu mengambil bidikan lebih luas (panorama) berkat adanya lensa Schneider bersudut lebar 21 mm. Lensa sudut lebar ini tergolong paling luas di kelasnya dan cocok untuk memotret area landscape yang lebar, misalkan foto keluarga di pernikahan.
Hal menarik kedua di seri WB210 tentulah terletak pada tombol kontrol yang disebut Super Smart Touchscreen di layar 3,5”. Layar ini mirip pada ponsel layar sentuh. Samsung mendesain panel produk ini mirip aplikasi pada smartphone untuk menjalankan fungsi tertentu seperti pemilihan mode bidik, melakukan pengaturan konfigurasi, melakukan editing foto, melakukan preview dan banyak lagi. Intinya navigasi mode grafis ini benar-benar mirip smartphone, bahkan tombol Home untuk masuk ke layar awal/utama juga tersedia. Cara ini kami akui membuat pengendalian kamera terasa menyenangkan.  
Dalam sisi fasilitas fotografi, Samsung WB210 tetap mengusung segudang feature yang sebenarnya sudah ada di model sebelumnya, dengan sedikit variasi pada bagian editing.
Bila merasa dukungan feature penstabil gambar (OIS), modus bidikan, plus opsi pendukung lainnya seperti koreksi cahaya latar (ACB) atau Face Detection belum cukup, olah saja foto tersebut melalui fasilitas editing yang tersedia seperti perbaikan foto, pilihan frame (Magic Frame) atau efek pencitraan (Smart Filter). Penggunaan aneka fasilitas ini akan membuat hasil akhir terlihat lebih kreatif. Fasilitas ini akan menyenangkan pengguna sekaligus membuat aktivitas foto menjadi tidak membosankan.
(Deny Prasetyo)
****
Semua yang dihadirkan Samsung di seri WB210 membuat kamera point-and-shoot ini tampak berbobot dibandingkan kamera kompak umumnya. Kualitasnya sendiri juga tak mengecewakan meski di kondisi remang foto yang didapat cenderung soft. Bagaimanapun, WB210 menghadirkan beberapa keunggulan dibanding model sebelumnya (seri PL210). Dengan banyak feature menarik, kini aktivitas memotret dan merekam video Anda akan menjadi lebih kreatif.

Spesifikasi Samsung WB210
Resolusi Pixel
14,2 megapixel
Resolusi Foto (min/max)
1024x768 / 4320x3240 pixel
Resolusi Video (min/max)
320x240 / 1280x720 @ 15/30 fps
Media Perekam
Internal 10 MB & microSD/SDHC
Format File (gambar/video/audio)
JPEG/MP4/AAC
Ukuran lensa ekivalen-35mm
21/24-288 mm
Aperture setting
f/2.9-5.9
Ekivalen ISO
80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Zoom
12x optical, 5x digital
Kecepatan shutter (detik)
8 - 1/2000
Fokus terdekat terbaik (makro)
5 cm
Viewfinder
Tidak ada
Diagonal LCD
3,5 inci
Koneksi komputer
Mini HDMI 1.4, micro HDMI
Tipe baterai/isi ulang
Lithium Ion 85mAh/ Ya
Charger baterai
Ada
Koneksi komputer
Mini HDMI 1.4, micro HDMI
Dimensi (plt)
10,1x5,9x2,2 cm
Bobot (gram)
136 (dengan baterai dan kartu memori)…
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp2.990.000
* Samsung Indonesia, (021) 5299-1777; Minggu kedua Juni 2011

Icon Fungsi
Seperti halnya icon pada smartphone, penggunaan menu sentuh di kamera merupakan hal yang menyenangkan. Anda bisa juga memilih opsi Guide untuk mendapatkan informasi lebih jelas di setiap feature yang tersedia.  




Album Bertema
Agar tampilan preview tak membosankan, pilih saja tema album yang tersedia untuk menampilkan koleksi foto Anda. Tampilan ini bisa juga disalurkan ke LCD TV lewat koneksi HDMI. 




Port Koneksi
Samsung setia menggunakan port Mini HDMI plus micro HDMI untuk melakukan koneksi ke TV maupun melakukan pengisian ulang baterai.


 



Plus     : Zoom optis dan lensa sudut lebar; menu sentuh menarik; ada feature fotografi; menu editing foto.
Minus : Grip kurang mantap; startup agak lamban; kurang bagus v di kondisi remang.

Skor Penilaian
- Kinerja               : 3,5
- Fasilitas            : 3,5
- Penggunaan     : 4,5
- Harga                : 4,5
- Skor Total         : 3,9

No comments:

Post a Comment