Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Review Samsung HMX-T10WP

Merekam Video dengan Ringan dan Bergaya.
Ketika produk sejenis lainnya sarat dengan feature, camcorder yang satu ini lebih menonjolkan faktor kenyaman.
Siapapun yang pernah merekam video menggunakan camcorder tentu akan merasakan kalau bobot adalah salah satu faktor yang sering membawa masalah.
“Penderitaan” semakin bertambah ketika Anda harus merekam video dengan posisi memegang yang monoton hingga mengakibatkan kelelahan pada tangan dan pundak.
Nah, dengan latar belakang inilah Samsung mencoba memberi solusi lewat salah satu seri camcorder mininya, HMX-T10WP.
Apa yang melatari kami menyebut camcorder ini sangat nyaman?
Pertama tentu saja dari bobotnya yang hanya 220 gram, sangat ringan dibandingkan camcorder genggam sejenisnya. Ringannya camcorder disebabkan tak adanya komponen penyimpan data internal sehingga pengguna harus memakai kartu memori SD (eksternal) untuk menyimpan foto dan video.
Kedua, desain lensa HMX-T10WP dibuat dengan arah pandang agak keatas atau mendongak sekitar 20 derajat. Ini dimaksudkan agar tangan Anda tak haru selalu menegakkan camcorder untuk mengambil subyek rekam di bagian depan. Hal-hal seperti ini mungkin terlihat sepele namun Samsung cukup jeli dalam memberi kenyamanan.
Dengan dukungan rekam Full-HD (1920x1080 pixel), HMX-T10WP cocok bagi Anda yang ingin mencoba sensasi HD di LCD TV. Dalam hal ini Samsung menanamkan sensor CMOS yang disebut BSI (Back Side Illuminated) yang diklaim memiliki kemampuan penerimaan gambar dua kali lebih sensitif agar hasil video tampil lebih cerah sekaligus meminimalkan noise sera distorsi. Namun sepanjang yang kami coba, feature ini kurang efektif pada kondisi remang cahaya atau pada rekaman yang terlalu berguncang meski sistem stabilizer (OIS) sudah aktif.
Selain sebagai camcorder, perangkat seharga Rp.5 juta ini juga merupakan kamera digital dengan resolusi maksimal 4,7 megapixel. Dengan sekeping SDHC kapasitas 8GB Anda bisa merekam video Full-HD 74 menit (kualitas Fine) atau menyimpan 7541 foto dengan resolusi 4,7 megapixel (2880x1620 pixel).
Kapasitas baterai Li-ion sebesar 1250mAh sebenarnya sudah mencukupi namun akan terasa kurang jika Anda harus merekam hingga lebih dari 2 jam. Mungkin karena alasan untuk menghemat daya inilah pada camcorder tak disertakan lampu penerang internal atau blitz untuk foto, akibatnya kualitas perekaman di sore atau malam hari akan terlihat kurang pencahayaan.
***
Pengalaman kami merekam dengan HMX-T10WP menimbulkan kesan mendalam pada kemudahan. Minicam terasa ringan dipakai, tak boros batere, serta menawarkan fungsi menarik macam TouchPoint atau Smart Auto yang praktis. Navigasi touchscreen pun nyaman digunakan. Sayangnya untuk kualitas foto, hasilnya masih terasa kurang tajam dan lagi hasil video terkesan kurang mulus. Camcorder seperti ini agaknya lebih cocok untuk aktivitas rekam video yang serba instan dan mudah. (Deny Prasetyo)

Spesifikasi Samsung HMX-T10WP
Fungsi
Camcorder dan kamera
Resolusi foto (min/max)
2880x1620 pixel (4,7MP)
1920x1080 pixel (2MP)
Resolusi video (min/max)
720x576/1280x720/1920x1080 pixel
Tipe koneksi
USB, A/V, Mini HDMI
Memori (internal/eksternal)
Tidak ada / SD-SDHC
Zoom
10x (optical)
Layar
LCD Color 2,7" widescreen
Tipe batere/isi ulang
Li-ion Battery 1250mAh / Ya
Format Video
MPEG4/AVC
Format foto
JPEG
Dimensi           
11,8x3,9x5,4 cm
Bobot (dengan batere)
220 gram
Kelengkapan lain
-Adaptor
-Tali tangan
-CD manual
-Kabel A/V dan USB
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp 5 juta
* Diperoleh dari Samsung Electronics Indonesia, (021) 5299-1777

Edit Foto
Melalui aplikasi Intelli-studio 2.0 (built-in) kita bisa langsung mengedit hasil foto tanpa perlu memasang aplikasi ke dalam komputer. Fasilitas penyuntingannya pun sangat mudah digunakan.





Fokus Sentuh 
Selain dapat melakukan fokus obyek foto secara otomatis dan manual, Anda juga bisa menentukan fokus sendiri lewat feature TouchPoint dengan menyentuh area LCD dengan jari atau stylus.

 

Port Khusus
Untuk port koneksi data terbilang konvensional namun untuk baterai batere memakai adaptor khusus yang jarang dipakai gadget umumnya. Akan repot jika adaptor hilang atau rusak.



Plus
     : Kompak dan user friendly; desain menarik dan ringan; dukungan Full-HD.
Minus : Kualitas gambar kurang tajam; fasilitas OIS kurang optimal; harga mahal.
Skor Penilaian
- Kinerja            : 3,75
- Fasilitas          : 3,75
- Kemudahan   : 4,5
- Harga              : 1,5
- Skor Total       : 3,45

No comments:

Post a Comment