Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Review Camcorder BenQ DV M21

Mungil dan Ringan
Dengan tubuh yang mungil serta bobot yang ringan, camcorder ini menyenangkan untuk digunakan. Sayang, hasil rekaman dalam kondisi temaram kurang semenarik tampilannya.
Benq DV M21 termasuk kecil untuk ukuran camcorder. Anda dapat dengan mudah menggenggamnya tanpa harus cemas akan lepas atau terjatuh.
Agar lebih nyaman, hand-strapnya bisa disesuaikan dengan kondisi tangan penggunanya. Tombol-tombol pada M21 ini diposisikan sedemikian rupa agar mudah dijangkau oleh jari terutama jempol dan telunjuk. Tapi sayangnya, karena faktor ukuran, tombol-tombol ini malah agak sulit dijangkau pengguna berjari besar.
Pada deretan tombol yang mudah dijangkau tangan kanan terdapat sebuah tombol putar dengan pilihan Video, Photo, dan Voice. Ya, M21 memang bisa difungsikan sebagai voice  recorder berbekal mic stereo yang berada di bagian ujung atas dekat lensa. Berjarak beberapa cm di belakang mic tersebut terletak tombol shutter untuk memotret yang dilengkapi dengan tuas zoom di bagian belakang.
Kembali ke panel utama, di bawah tombol putar terdapat tombol menu serta shortcut fungsi tertentu yang sudah diatur secara default oleh Benq.
Karena sebagian besar tombol fungsi camcorder sudah ditempatkan di luar, saat kami membuka layar, pada sisi bagian dalam hanya ditemukan tombol Power dan Playback. Hal ini juga disebabkan karena M21 mengakomodasi fungsi layar sentuh. Jadi Anda dapat langsung melakukan setting rekaman pada layar camcorder.
Port konektivitasnya sendiri terdiri dari 3 macam. Pertama adalah mini HDMI untuk menampilkan hasil rekaman dari camcoder ke HDTV. Kedua, port 3,5mm A/V untuk menyalurkan output A/V analog. Dan terakhir, port Mini USB dengan fungsi ganda yakni untuk mentransfer data sekaligus mengisi ulang baterai.
DV M21 memiliki memori internal sebesar 10 MB. Memori ini mampu menampung beberapa foto atau sebuah video dengan resolusi 320x240 berdurasi sekitar satu menit. Selain itu, juga tersedia dukungan memori eksternal menggunakan SDHC berkapasitas hingga 32 GB.
Hal ini wajar mengingat berdasarkan pengalaman kami, untuk merekam video dengan resolusi Full-HD 1080p M21 diperlukan ruang sekitar 45 MB (untuk rekaman berdurasi satu menit). Jadi jika Anda ingin merekam momen sekitar dua jam, siapkan SDHC berkapasitas 8 GB.
Kami akui hasil rekaman Benq DV M21 cukup memuaskan. Dengan bitrate 6 Mbps pada resolusi Full-HD, video terlihat cukup solid dan stabil pada objek bergerak dengan artifak yang minimal. Tapi hal ini hanya berlaku dalam keadaan terang benderang.
Begitu memasuki area remang, meskipun tetap lancar, DV M21 terlihat tidak mampu menangkap gambar dengan baik. Selain noise yang mulai tampak jelas, kecepatan otofokus pun menurun drastis sehingga kerap kehilangan fokus. (Karuna)
***
Kenyamanan penggunaan menjadi salah satu poin kuat Benq DV M21. Ukuran fisiknya yang mungil juga membuatnya tidak menjadi beban ketika dibawa liburan atau rekreasi. Yang perlu dicatat hanyalah, perhatikan kondisi cahaya ketika ingin merekam momen berharga.

Spesifikasi BENQ DV M21
Sensor
5 Megapiksel 1/2.5 inch CMOS
Resolusi Maksimal
12 Megapiksel Interpolasi (gambar)
1920x1080 Full-HD (video)
Zoom
5x Optis
4x Digital
Rentang focus
Normal : 30 cm – Tak terhingga
Makro : 10 cm – 100 cm
LCD
3” 230.000 piksel
ISO
Auto
Koneksi
Digital output: USB 2.0
Audio/Video output: HDMI, 3,5 mm
Dimensi (plt)
11,6x5,3x6 cm
Kelengkapan
- Mini HDMI to HDMI,
- AV Cable
- Software CD
- Quick Guide
- AC Adapter
- Li-ion Battery
Bobot
342 gram
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga kisaran*
Rp1.799.000
* Galva Technovision, (021) 345-6650
Tombol pengaturan sisi atas
Shutter
kamera dan tuas zoom diletakkan sederet di sisi atas bodi






Port dan Kontrol
Semua port pada camcorder ini diletakkan di lokasi yang sama dengan tombol kontrol utama.






Mungil
Meski kecil, camcorder nyaman digunakan karena ternyata pas digenggaman.





 



Plus     : Ukuran kompak, pengoperasian mudah
Minus : Kurang cocok untuk kondisi temaram/remang-remang
Skor Penilaian
- Kinerja            : 3,5
- Fasilitas          : 3,5
- Penggunaan   : 4
- Harga              : 4
- Skor total        : 3,85

No comments:

Post a Comment