Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Review Samsung ES75

Nyaman Dipakai Ringan di Kantong
Produk ini merupakan kamera point-and-shot ringkas yang memudahkan aktivitas. Banyak terdapat fungsi bantu bagi pengguna pemula.
Tidak sedikit orang yang hanya membutuhkan kamera dengan kemampuan sekadarnya. Dengan kata lain, mereka merasa merasa cukup dengan kamera berharga terjangkau dan bisa memotret dengan hasil yang lumayan.
Untuk itulah, kamera saku model point-and-shot masih saja laris manis di pasaran. Bahkan cakupan pasarnya paling besar dibandingkan kamera dengan kemampuan lebih baik dengan harga yang lebih mahal.
Karena alasan itulah, Samsung memunculkan seri ES, sebagai model ekonomis yang menyasar pengguna pemula.
Contoh kamera kompak ekonomis besutan Samsung itu, hadir di tangan kami lewat seri ES75. Seri ini sebenarnya merupakan peningkatan resolusi image saja dibandingkan seri ES sebelumnya.
Kamera yang muncul dalam desain kompak ini memiliki karakteristik fisik yang cukup konvensional namun jelas amat mudah dikuasai dengan cepat. Yang tampak berbeda di antara tombol kontrolnya mungkin hanyalah switch zoom yang posisinya terasa pas di jempol pengguna.
Sayangnya, tingkat kemantapan grip kamera ini terasa kurang, apalagi bodinya juga terasa tebal (2 cm) sehingga bisa dikatakan kecil tapi gendut. Samsung juga membonuskan pelindung ekstra untuk melapisi bagian depan kamera dari goresan. Ini tampak kurang lazim pada paket kamera.
Di balik kesederhanaan desain ES75, tersembunyi rangkaian feature fotografi menarik yang akan membantu Anda mendapatkan foto dan video terbaik. Ya, kamera ini juga mampu merekam video hingga format VGA (640x480 pixel). Namun fungsi yang ditawarkan kamera tampak lebih berpihak ke sisi fotografi saja.
Ada 6 mode bidik yang bisa dipilih. Jika Anda menyukai fasilitas serba praktis, tersedia mode bidikan Smart Auto yang mengatur setting secara otomatis. Khusus untuk meminimalkan efek buram, bisa dipilih mode DIS (Digital Image Stabilization) yang sebenarnya kurang efektif dibandingkan teknik berbasis optical.
Kamera ini menyediakan skema bidik terprogram yang terdiri dari 13 pilihan kondisi. Pilihannya mulai dari portrait, landscape, hingga kondisi lainnya. Tiap mode ini memiliki pilihan tertentu sesuai dengan kondisi yang terpilih.
Sebuah pilihan face detection (untuk mendapatkan foto dengan kecerahan wajah manusia yang lebih tepat) turut tersedia. Sayangnya, feature ini hanya mampu mendeteksi sebuah wajah saja. Jadi tak heran bila pada foto bersama-sama, hanya wajah satu orang saja yang terlihat bagus di antara wajah lainnya.
(Deny Prasetyo)
****
Lensa sudut lebar, tampilan jernih di LCD 2,7”, perbesaran image, hingga adaptasi di suasana temaram menjadi sebagian kelebihan kamera ini. Namun demikian, beberapa kekurangan juga terdapat pada produk ini, beberapa di antaranya disebutkan sebelumnya, ditambah daya baterai Li-ion 740 mAH-nya yang cepat habis meskipun belum mencapai 200 bidikan. Namun, untuk penggunaan sehari-hari, ES75 sudah memadai. Apalagi kamera ini dibekali kemampuan perbaikan/edit foto yang amat mudah dipakai.

Spesifikasi Samsung ES75
Resolusi Pixel
14,2 megapixel
Resolusi Foto (min/max)
1024x768 / 4320x3240 pixel
Resolusi Video (min/max)
320x240 / 640x480 @ 15/30 fps
Media Perekam
Internal 10,5 MB & SD/SDHC
Format File (gambar/video/audio)
JPEG/AVI/WAV
Ukuran lensa ekivalen-35mm
27-135 mm
Aperture setting
f/3.5-5.9
Ekivalen ISO
80, 100, 200, 400, 800, 1600
Zoom
5x optical, 3x digital
Kecepatan shutter (detik)
8 - 1/2000
Fokus terdekat terbaik (makro)
5 cm
Viewfinder
Tidak ada
Diagonal LCD
2,7 inci
Koneksi komputer
HDMI Mini 1.4
Tipe baterai/isi ulang
Lithium Ion 740mAh/ Ya
Charger baterai
Ada
Dimensi (plt)
9,6x5,8x2,1 cm
Bobot (gram)
136 (dengan baterai dan kartu memori)
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp1.300.000
* Samsung Indonesia, (021) 5299-1777

Foto Landscape
Dengan lensa sudut lebar 27 mm, ES75 akan mudah menangkap obyek yang luas. Feature ini cukup jarang diimplementasikan pada kamera saku sekelasnya.




Cover Pelindung Paket Samsung ES75 membonuskan sebuah cover guna melindungi kamera dari benturan atau terjatuh. Cover ini juga memberi gaya tersendiri yang cukup menarik.






Cari Foto Mencari sebuah foto di memori menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan pencarian berdasarkan tipe file, tanggal, atau warna.






Plus     : Mudah dipakai; ada menu editing foto; lensa bersudut lebar; harga terjangkau.
Minus : Grip licin; banyak noise di ISO tinggi; penstabil gambar kurang optimal.
Skor Penilaian
- Kinerja            : 3,5
- Fasilitas          : 3,5
- Penggunaan   : 4,5
- Harga              : 4,5
- Skor total        : 3,9

No comments:

Post a Comment