Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Review Samsung NX100

Lensanya canggih!
DSLR keluaran terbaru dari Samsung ini dilengkapi dengan lensa yang memiliki kendali fungsi penting pada kameranya, seberapa efektifkah sistem ini? Simak ulasan berikut
Setelah menelurkan DSLR dengan sistem mirrorless pertama mereka, Samsung tampaknya kembali ingin mencoba melakukan inovasi pada lini produk fotografi mereka. Hal ini bisa dilihat pada kamera digital terbarunya, Samsung NX100 yang merupakan penerus NX10.
Walaupun masih sama-sama menggunakan sistem tanpa cermin pantul, NX100 sekarang juga tanpa pengintip elektronik atau sering disebut Electronic Viewfinder (EVF). Dengan demikian, pengguna mengoperasikan NX100 layaknya kamera saku yang mengandalkan tampilan layar LCD sebesar 3 inci itu.
Namun untuk memaksimalkan penggunaan LCD tersebut, layar ini sudah menggunakan AMOLED andalan Samsung. Layarnya ini terlihat terang serta  menampilkan warna dengan cerah Tapi berdasarkan pengalaman, layar AMOLED ini agak menyesatkan karena cukup sering kami mendapati gambar yang tampil berbeda terutama dari segi exposure bila dibandingkan ketika kami tampilkan di layar monitor LCD pada PC.
Karena tanpa EVF, bodi Samsung NX100 menjadi cukup kompak untuk kelas kamera DSLR. Mungkin Anda pernah tahu kamera DSLR sejenis yang lebih populer dengan nama sistem Micro Four-Third. Namun, berbeda dengan pesaing lainnya di kelas ini, Samsung tidak menggunakan sensor /3 tersebut, melainkan tetap dengan sensor standar DSLR yakni APS-C. Jadi secara tidak langsung, NX100 mampu menghasilkan gambar yang berkualitas.
Turut berperan serta dalam urusan menangkap gambar adalah lensanya. Pada unit yang kami uji Samsung menyertakan lensa zoom dengan rentang 20-50mm atau setara 30-77mm dalam format 35mm. Lensa ini mempunyai daya tarik tersendiri karena selain ukurannya yang relatif kecil untuk lensa zoom. Lensa ini juga memiliki pengunci selongsong zoom ketika disusutkan, sehingga tidak menyita banyak tempat ketika disimpan.
Selain itu, lensa NX100 punya fitur iFunction berupa tombol Fn yang terletak pada bodi lensa. Dengan menekan tombol ini, Anda dapat melakukan berbagai fungsi pengaturan kamera seperti ISO, bukaan lensa, kecepatan rana, bahkan pengaturan white-balance. Jadi selain scroll wheel di bodi kamera, cincin terdepan dari lensanya juga dapat digunakan untuk mengatur parameter untuk memotret.
***
Sistem pengatur ganda seperti ini memang bukan pertama kalinya kami temukan. Model pengaturan parameter kamera seperti ini menurut kami lebih ke soal kebiasaan. Bagi pengguna lama, melakukan pengaturan kamera melalui tombol standar pada bodi terasa lebih praktis dan pas ketimbang memutar-mutar cincin lensa.
Soal kualitas gambar, karena sensor yang digunakan sekelas DSLR, pengujian menunjukkan bahwa gambar yang dihasilkan hingga ISO 1600 masih layak digunakan dengan tingkat noise yang masih bisa ditoleransi. Sayangnya ketika kondisi cahaya kurang, tidak ada pilihan lain selain menggunakan ISO tinggi karena NX100 tidak memiliki flash internal. 

Spesifikasi  Samsung NX100
Sensor
23.4 x 15.6 mm CMOS
Resolusi Maksimal
14 Megapiksel (gambar) 1280x720 – HD 720p (video)
Zoom
2.5x Optis (20-50mm)
Rentang fokus
Normal : 28cm – Tak terhingga
LCD
AMOLED 3” 614.000 piksel
ISO
Auto / 100 / 200 / 400 / 800 / 1600 / 3200
Koneksi
Digital output: USB 2.0
HDMI
Dimensi (plt)
12x3,5x7,1 cm
Kelengkapan
- USB Cable
- AV Cable
- Software CD
- Quick Guide
- Hand Strap
- Li-ion Battery dan Charger
Bobot bodi termasuk baterai
282 gram
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga kisaran*
Rp 6.500.000
* Samsung Electronics Indonesia, (021) 5299-1777  

iFunction Inilah tombol pada lensa guna mengakses berbagai fungsi kamera





Port NX100 menyediakan berbagai port I/O termasuk mini-HDMI






Smart shoe

NX100 memiliki port khusus untuk mengakomodasi fungsi aksesoris seperti EVF eksternal


 

Plus     : Ukuran kamera kompak, kualitas gambar bagus
Minus : Tanpa flash internal, Grip bodi licin
Skor Penilaian
- Kinerja              : 3,75
- Fasilitas            : 4
- Kemudahan      : 4
- Harga                : 4
- Skor Total         : 3,93

No comments:

Post a Comment