Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 18 November 2013

Western Digital Kembangkan Teknologi HAMR untuk Kapasitas Puluhan TB

Teknologi harddisk yang digunakan saat ini sudah memasuki masa stagnan dan tampaknya semakin dekat dengan limit tertinggi dari desain fisik yang ada. Selain itu keberadaan harddisk sendiri sudah sedikit demi sedikit mulai digantikan oleh SSD (Solid State Drive) yang dari tahun ke tahun harganya semakin murah dan masih memiliki potensi besar untuk berkembang, misalnya kapasitas penyimpanan data yang setara dengan harddisk. Keberadaan SSD saat ini semakin mengancam keberadaan harddisk.

WD HARM

Walaupun saat ini produk SSD sudah mulai mengancam keberadaan harddisk , tetapi ini bukan berarti era penggunaan harddisk sebagai storage penyimpanan data akan berakhir dalam waktu dekat. Baru-baru ini di acara Chinese Trade Show, pihak Western Digital baru saja memperkenalkan dan mendemonstrasikan teknologi terbaru yang saat ini masih dikembangkan oleh pihak mereka untuk produk yang akan dirilis pada masa mendatang. Teknologi terbaru yang digunakan oleh pihak Western Digital ini dikenal sebagai teknologi HAMR (Heat Assisted Magnetic Recording), dimana teknologi ini mempergunakan sinar laser untuk memanaskan permukaan piringan magnetik data bersamaan pada saat header magnetik sedang melakukan operasi baca/tulis.

Menurut pihak Western Digital, teknologi HAMR ini diperkirakan akan mampu meningkatkan tingkat kepadatan data pada piringan magnetik harddisk secara signifikan dari 750 Gigabit/Inch saat ini menjadi hingga 4 Terabit/Inch atau lebih. Hal itu bisa saja berujung dalam waktu dekat ini atau mungkin pada tahun 2014 mendatang akan muncul sebuah produk storage harddisk berteknologi HAMR yang memiliki kapasitas storage data yang jauh lebih besar, sekitar 4~6 x lebih besar dari kapasitas saat ini. Bahkan salah satu rival Wester Digital, Seagate, yang saat ini juga mengembangkan harddisk berteknologi HAMR ini mengatakan bahwa pada tahun 2016 mendatang diperkirakan teknologi HAMR ini akan menghadirkan harddisk berkapasitas hingga 60 TB.

No comments:

Post a Comment