Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 3 November 2013

Taiwan: Apple Maps Tidak Mengakui Kami Sebagai Negara

Apple Maps

Salah satu raksasa teknologi paling berpengaruh di dunia, tampaknya kurang mempelajari betul sejarah negara lain. Apple Maps pun kembali menuai kontroversi yang menyesatkan penggunanya. Akibat itu, pihaknya dituntut oleh pemerintah Taiwan karena memasukan wilayahnya di Apple Maps menjadi salah satu provinsi negara Cina.

Sejak 1949, Taiwan diakui sebagai sebuah negara republik yang terpisah dari Cina. Bahkan sejak itu juga, Taiwan sudah lebih dahulu diakui oleh 23 negara lain dan terdaftar di PBB ketimbang Cina. Keduanya pun punya sejarah kelam hingga menimbulkan perang saudara sebelum akhirnya bercerai. Sial bagi Apple yang justru malah tak sengaja atau tidak, mengangkat kembali sejarah kelam yang tak ingin dibahas oleh kedua negara tersebut. Ini mengingat hubungan pemerintahnya saat ini sudah mulai membaik.

Pemerintah Taiwan, dilansir AFP mengatakan, pihaknya telah mengajukan komplain terhadap pembuat Apple Maps akibat hal pelik tersebut. Pihak pemerintah menemukan, kesalahan peta itu muncul di dua sistem operasi Apple yang baru rilis, yakni iOS 7 dan OS X Mavericks.

Pemerintah Taiwan menilai, layanan peta milik Apple tersebut tidak mengakui keberadaan Taiwan sebagai negara yang berdiri sendiri. Pihaknya meminta Apple sebagai pengembang Apple Maps untuk segera mengubahnya.

“Ini tidak sesuai dengan realita. Kami telah membuat pernyataan kepada Apple. Hal seperti ini tidak boleh disepelekan,” kata Kelly Hsieh, kepala departemen urusan Amerika Utara Kementerian Luar Negeri Taiwan.

Saat ini, hubungan keduanya mulai membaik sejak Ma Ying-jeou menjadi Presiden Taiwan pada 2008 silam. Ia mulai menjalin hubungan ekonomi dengan pemerintah Cina, mulai dari ekspor-impor daging sapi hingga hubungan perdagangan dan pariwisata. Pada Januari 2012, Ma pun kembali terpilih memimpin negara Taiwan.

Untuk diketahui, ini bukan kali pertama Apple Maps buat masalah dengan pemerintah Taiwan. Tahun lalu, negara itu menyalahkan Apple karena dengan sengaja membocorkan pangkalan radar rahasia milik militer Taiwan senilai US$ 1,2 miliar dalam bentuk gambar di Apple Maps.

No comments:

Post a Comment