Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Friday 8 November 2013

Review Xenom W740SU: Notebook Gaming dengan Intel HD5200

SONY DSC


Pasar notebook kelas gaming akan semakin meriah dengan hadirnya notebook gaming besutan lokal, Xenom. Walaupun masih tergolong pemain baru, Xenom langsung menghadirkan lima seri notebook dengan berbagai spesifikasi tinggi dan menarik yang khusus ditujjukan untuk kelas gaming. Dimensi notebook gaming yang ditawarkan oleh Xenom sangat bervariasi disesuaikan dengan spesifikasi yang diusungnya. Xenom menawarkan notebook mulai dari dimensi yang mendekati sebuah ultrabook sampai dengan dimensi yang besar dengan layar 17″ yang mirip perangkat desktop replacement.

Notebook Xenom tipe W740SU adalah salah satu notebook gaming dengan dimensi yang paling tipis dan mempunyai harga yang paling terjangkau tetapi tanpa mengesampingkan kinerja tinggi dan sistem pendinginan yang baik. Perangkat yang satu ini bisa dikatakan mempunyai dimensi yang hampir manyamai sebuah ultrabook dengan bobot ringan untuk sebuah notebook gaming. Xenom W740SU dibungkus dengan casing berbahan plastik dengan guratan alumunium dan terasa kokoh ketika kami pegang.

SONY DSC


Di dalam casing notebook yang cukup tipis ini telah tertanam spesifikasi yang cukup dapat diandalkan untuk penggunaan harian dan bermain game pada resolusi dan settingan tertentu. Berikut ini adalah spesifikasi dari notebook gaming ini:

Spesifikasi
Processor Intel Core i7 4750HQ

Speed 2GHz Turbo Boost  3.2GHz
Memori DDR3 8GB
Storage SSD 120GB
Graphics Intel HD5200
Layar 14″ 1366×768
Interkoneksi wifi 802.11bgn / Bluetooth v4.0
USB 3.0 3
Audio in/out 1
Card Reader 1
HDMI 1
Display Port 1
Ethernet 1
Operation System Windows 8 Pro 

Xenom W740SU menggunakan prosesor Intel generasi ke-4, Haswell, seri Core i7-4750HQ, yang mempunyai empat inti prosesor dengan Hyper Threading sehingga mempunyai delapan thread aktif dan dibekali dengan kecepatan 2 GHz yang bisa meningkat hingga 3.2Ghz dengan teknologi Turbo Boost. Untuk menunjang kinerja prosesor yang tinggi ini, Xenom menanamkan memori DDR3 sebesar 8GB dan storage Solid State Drive dengan kapasitas 120 GB.

Satu hal yang menarik dari notebook Xenom ini adalah penggunaan graphics on prosesor Intel HD5200 atau lebih dikenal dengan Iris Pro GT3 yang cukup dapat diandalkan untuk bermain game 3D. Banyak yang memandang sebelahmata dari pengolah grafis Intel ini, tetapi kami akan membuktikan kepada Anda bagaimana kinerja IGP ini.

SONY DSC


Ukuran layar yang digunakan sebesar 14″ dengan resolusi 1366×768, bisa dikatakan cukup standar untuk notebook yang ada saat ini. Xenom W740SU menggunakan layar glossy yang nantinya akan sedikit mengganggu Anda saat digunakan karena akan menangkap bayangan di sekitar Anda. Namun, Anda dapat meminimalisasikannya dengan menaikkan tingkat brightness.

Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan gradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Kelengkapan

Tampak depan
Tampak belakang: lubang pembuangan udara dari kiri ke kanan
Power port, Ethernet, Display port, HDMI
Audio in/out, USB3.0, card reader
Bagian bawah: kiri dan kanan adalah lubang masuk udara

Berbagai kelengkapan yang ada di sekeliling badan dari notebook ini cukup dapat diandalkan untuk menunjang aktivitas keseharian Anda. Pada bagian kiri dan kanan, Anda akan menemukan port mulai dari USB3.0 sebanyak 3 port, HDMI serta Display Port untuk menggunakan lebih dari satu perangkat display. Selain itu, Anda dapat terhubung ke jaringan melalui WiFi ataupun port Gigabit LAN.

Sistem pendinginan Xenom W740SU bisa dikatakan sangat baik sekali. Pada bagian bawah Anda akan menemukan dua lubang untuk memasukkan udara segar melalui dua kipas yang berada di bawahnya dan langsung mendinginkan hetasink yang dilengkapi dengan heatpipe. Setelah itu, udara panas akan langsung dibuang ke bagian belakang yang mempunyai lubang pembuangan panas mulai dari sisi kiri ke kanan dari notebook ini. Jadi Anda tidak perlu takut terhadap panas yang ditimbulkan dari notebook ini dalam penggunaan jangka panjang.

SONY DSC

Untuk bagian dalam, notebook ini dilebur dengan warna yang sama dengan bagian penutup layar LCD dan dengan bahan yang sama. Keyboard yang diberikan cukup nyaman digunakan dengan tuts keyboard berbentuk chicklet dengan penampang yang cukup besar. Di bagian kiri dan kanan keyboard tersebut terdapat speaker yang mendukung sistem audio perangkat. Trackpad yang diberikan cukup besar sehingga Anda cukup nyaman ketika digunakan untuk menunjang navigasi atau melakukan gerakan multi touch.


Kinerja

PCMark7

pcmark7 rev

Benchmark ini mengukur keseluruhan kinerja sistem yang berada dalam paket notebook. Konfigurasi yang ditawarkan oleh Xenom pada notebook ini dapat memberikan kinerja yang sangat tinggi sekali berkat penggunaan prosesor Intel generasi ke 4, memory 8GB dan storage SSD. Segala aplikasi menengah keatas dapat berjalan dengan baik pada notebook ini.

Cinebench 11.5

cinebench
Kinerja yang dihasilkan oleh prosesor Intel generasi ke 4 ini bisa dikatakan cukup dapat diandalkan untuk menunjang pekerjaan Anda. Berbagai aplikasi menengah keatas dapat berjalan dengan baik pada notebook ini.

Baterai Life Rating

baterai

Walaupun mempunyai kinerja tinggi dam spesifikasi yang baik, notebook ini tetap dapat bertahan hidup cukup lama. Untuk memutar film dengan resolusi HD720, Xenom W740SU dapat bertahan hidup selama 6 jam dengan waktu charging yang hanya 2 jam lebih sedikit. Dengan daya tahan hidup yang cukup tinggi ini, Anda dapat mengandalkan notebook ini untuk menunjang pekerjaan Anda di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama.


Kinerja Graphics IGP Intel HD5200

Kinerja dari IGP Intel HD5200 sempat kami tes sebelumnya dan hasilnya dapat dilihat pada artikel “Intel Iris Pro Graphics 5200: IGP Terkencang Milik Intel”. Pada artikel sebelumnya Anda akan mendapatkan gambaran lebih jelas tentang IGP Intel tersebut dan bisa dikatakan IGP ini adalah pengolah grafis terkencang Intel untuk saat ini yang bisa didapatkan dalam sebuah prosesor Intel.
Untuk memberikan gambaran yang lebih, kami juga melakukan test beberapa game yang cukup mewakili kinerja dari graphics IGP Intel HD5200 ini.
grid2
starcraft
bioshock
Walaupun Xenom W740SU hanya menggunakan graphics on prosesor Intel, tetapi kinerja yang dihasilkan cukup baik. Anda masih dapat memainkan game 3D dalam resolusi standar layar 14″ yang ada dengan konfigurasi tertentu. Dari tiga game yang kami tes pada notebook ini, terlihat bahwa semua game dapat berjalan diatas 30 FPS, Anda masih dapat meningkatkan settingan pada tingkat yang lebih tinggi dari yang kami tes ini.

Kesimpulan

Sedang berencana untuk membeli sebuah notebook yang mempunyai kinerja dan daya tahan hidup yang cukup lama untuk menunjang pekerjaan Anda dan juga bisa digunakan untuk bermain game 3D di saat senggang? Xenom W740SU bisa masuk dalam daftar belanja Anda.

Kinerja prosesor dari Intel 4th generation Haswell ini akan sangat menunjang dalam menjalankan berbagai aplikasi menengah keatas dengan baik dan juga didukung dengan memory yang besar serta storage SSD yang tahan goncangan walaupun Anda gunakan dalam perjalanan. Dimensinya yang cukup ringkas ini juga merupakan daya tarik tersendiri, sehingga Anda tidak akan terbebani ketika harus membawanya mobile.

Di saat senggang, Anda dapat bermain game 3D pada settingan dan resolusi tertinggi dan juga dapat menghibur Anda dengan berbagai film full HD. Kelengkapan lainnya juga cukup baik dengan hadirnya 3 port USB3.0 dan display port dan HDMI sehingga Anda dapat menghubungkan lebih dari satu layar external untuk mendapatkan kenyamanan berkerja dan bermain game yang lebih baik.

Untuk harga, Xenom masih belum dapat memberikan kepastian untuk perangkat ini, menurut kabar yang kami terima, Xenom W740SU versi hard disk akan di jual di kisaran harga kurang lebih Rp. 10.000.000,-.

Kelebihan

  • Dimensi ringkas dan tipis.
  • Kinerja tinggi.
  • Daya tahan hidup tinggi untuk sebuah notebook kelas gaming.
  • System pendinginan yang baik.

Kekurangan

  • Charger besar dan berat

No comments:

Post a Comment