Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Saturday 23 November 2013

Review Thermaltake TteSports Poseidon: Keyboard Mekanikal yang Ringkas!


Thermaltake TteSports Poseidon
Thermaltake TteSports Poseidon

Keyboard memang menjadi salah satu elemen paling krusial untuk menikmati pengalaman PC gaming secara optimal, apalagi ketika Anda harus berkutat dengan genre yang memang membutuhkan kombinasi tombol yang lebih kompleks daripada sekedar bergerak maju dan mundur. Karena pada akhirnya, semua peripheral diciptakan untuk satu tujuan yang sama: menawarkan kenyamanan yang paling maksimal. Kondisi dimana Anda tidak harus berhadapan dengan serangkaian masalah kecil yang mungkin bisa diakibatkan dari kelelahan atau keterbatasan fungsi dari peripheral yang Anda miliki. Di ranah keyboard, solusi ini ditawarkan oleh desain mekanikal yang kini seolah menjadi standar tersendiri di kalangan produsen. Seperti Thermaltake yang akhirnya meluncurkan keyboard gaming mekanikal terbarunya – Poseidon.

Desain dan Fitur

Thermaltake tidak menghadirkan fitur "ajaib" di Poseidon ini. Ia ditawarkan sebagai sebuah keyboard mekanikal standar yang memang ditujukan untuk menjalankan misi utamanya - menyediakan pengalaman gaming super nyaman dengan optimal.
Thermaltake tidak menghadirkan fitur “ajaib” di Poseidon ini. Ia ditawarkan sebagai sebuah keyboard mekanikal standar yang memang ditujukan untuk menjalankan misi utamanya – menyediakan pengalaman gaming super nyaman dengan optimal.

Sederhana, kata yang satu ini mungkin akan langsung meluncur dari mulut Anda ketika melihat Thermaltake Poseidon ini untuk pertama kalinya. Berbeda dengan sebagian produk kompetitor yang memperlihatkan kesan yang unik lewat penempatan atau penambahan ekstra tombol di sana-sini, Poseidon mengakar pada desain sebuah keyboard konvensional, dan bahkan terkesan jauh lebih ringkas. Anda tidak akan berhadapan dengan ruang tidak berguna yang mungkin akan menyita ruang kerja Anda. Dengan desain melengkung yang rapi di setiap sudut dan bentuk yang sangat compact, Poseidon tetap mampu menewarkan desain solid dan elegan yang terasa kentara sejak Anda pertama kali menggunakannya.

Bentuknya yang terhitung lebih kecil dibandingkan keyboard kompetitor yang lain tidak lantas membuat Thermaltake Poseidon tidak nyaman digunakan. Setiap tuts tetap hadir dengan ukuran proporsional yang akan memfasilitasi kecepatan tangan Anda untuk menari di atasnya, walaupun membutuhkan sedikit penyesuaian di awal. Lantas bagaimana dengan sisi kosmetik? Tenang saja, Anda tidak mungkin membawa nama besar seorang Dewa Laut yang ikonik sekelas Poseidon tanpa mampu menawarkan identitas yang mengalir kental di dalamnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Thermaltake menyuntikkan keyboard ini dengan lampu biru yang akan menerangi semua bagian keyboard secara merata, seolah merepresentasikan kedalaman laut yang memang menjadi kekuasaan Poseidon sendiri.

Anda tidak akan menemukan ekstra tombol atau slot apapun di keyboard yang satu ini.
Anda tidak akan menemukan ekstra tombol atau slot apapun di keyboard yang satu ini.

Sesuai dengan temanya - "Poseidon" yang notabene merupakan seorang dewa laut, keyboard ini juga menawarkan atmosfer serupa lewat pemilihan lampu LED yang menyala lembut.
Sesuai dengan temanya – “Poseidon” yang notabene merupakan seorang dewa laut, keyboard ini juga menawarkan atmosfer serupa lewat pemilihan lampu LED yang menyala lembut.

Dengan desain konvensional dan minimnya ekstra tombol yang bisa Anda gunakan untuk mengkustomisasi fungsi yang dibutuhkan dalam gaming, Thermaltake memang seolah memosisikan Poseidon untuk gamer yang memang berkutat di genre yang tidak membutuhkan kombinasi gerakan yang kompleks. Karena pada akhirnya, daya tarik utamanya selalu jatuh pada keputusan untuk menjadikan mekanikal sebagai identitas utama.

Thermaltake Poseidon, Seberapa Nyaman?

Thermaltake Poseidon, seberapa nyaman?
Thermaltake Poseidon, seberapa nyaman?

Mekanikal memang menjadi salah satu varian keyboard paling nyaman yang bisa Anda dapatkan di pasaran saat ini. Walaupun ditawarkan dengan range harga yang lebih mahal dibandingkan dengan membran, namun mekanikal selalu hadir dengan ekstra kualitas yang tidak tertandingi. Feedback yang lebih baik, anti-ghosting, dan kenyamanan untuk menggunakannya menjadi salah satu nilai jual yang juga ditawarkan oleh Thermaltake Poseidon ini. Bentuk yang lebih kecil tidak lantas akan membuat tangan Anda canggung ketika menggunakannya, baik untuk gaming atuapun ketika mengerjakan sesuatu yang lebih serius. Akurasi perintah yang mampu ia tawarkan akan cukup untuk membuat pengalaman Anda bebas masalah, apalagi ketika Anda terlibat dalam game-game yang memang membutuhkan eksekusi super cepat, dari satu perintah ke perintah lainnya. Tidak perlu takut bahwa Anda harus berhadapan dengan kesalahan minim yang mungkin akan berakibat fatal, seperti perintah yang tidak diterjemahkan dengan baik misalnya.

Bentuknya yang sederhana dan ringkas membuat Poseidon cukup mobile. Ukuran tuts yang proporsional juga tidak akan membuat Anda canggung.
Bentuknya yang sederhana dan ringkas membuat Poseidon cukup mobile. Ukuran tuts yang proporsional juga tidak akan membuat Anda canggung.

Sayangnya, seperti bentuk fisiknya, Poseidon juga tidak didukung dengan perangkat lunak sama sekali. Tidak ada kesempatan untuk memodifikasi apapun.
Sayangnya, seperti bentuk fisiknya, Poseidon juga tidak didukung dengan perangkat lunak sama sekali. Tidak ada kesempatan untuk memodifikasi apapun.

Sebegitu konvensional dan sederhananya desain Thermaltake Poseidon ini, Anda bahkan tidak akan menemukan ekstra slot apapun di bagian bodinya. Tidak ada slot USB untuk membantu Anda memasang perangkat berbasis slot ini di keyboard, atau bahkan ekstra tombol multimedia yang biasanya menjadi “standar” tombol ekstra. Semuanya dikorbankan untuk menghasilkan sebuah desain keyboard yang ringkas, kecil, dan pastinya – lebih mobile jika Anda ingin membawanya. Sayangnya, kesederhanaan ini juga menihilkan modifikasi apapun, terutama dari sisi perangkat lunak. Thermaltake Poseidon tidak menyediakan driver sama sekali. Ini adalah sebuah keyboard mekanikal standar yang lugas, dimana ia memang didesain hanya untuk menjalankan fungsi utamanya saja, sebagai pintu gerbang input yang bisa diandalkan.

Cherry MX Brown menawarkan feedback yang reaktif dan presisi di saat yang sama. Kenyamanan yang tentu saja diimpikan oleh banyak gamer.
Cherry MX Brown menawarkan feedback yang reaktif dan presisi di saat yang sama. Kenyamanan yang tentu saja diimpikan oleh banyak gamer.

Tidak perlu diragukan lagi, game sekelas Bioshock Infinite: Burial at Sea dan DOTA 2 tidak menawarkan tantangan yang berarti untuk keyboard yang satu ini.
Tidak perlu diragukan lagi, game sekelas Bioshock Infinite: Burial at Sea dan DOTA 2 tidak menawarkan tantangan yang berarti untuk keyboard yang satu ini.

Dengan menggunakan Cherry MX Switch Brown sebagai pondasi, Thermaltake Poseidon menawarkan ekskusi gerakan yang presisi, nyaman, walaupun tetap menghasilkan sedikit polusi suara. Semua hal yang Anda butuhkan untuk bermain game tentu saja, terlepas dari absennya fungsi makro untuk beragam modifikasi yang ada. Kami sendiri menjajalnya di tiga buah game utama, dengan genre yang berbeda. Kami menjadikannya sebagai tumpuan utama untuk proses review Bioshock Infinite: Burial at Sea yang notabene tidak kompleks. Poseidon dengan mudah akan memfasilitasi kebutuhan Anda yang sederhana ini. Ujian terberat mungkin hadir lewat DOTA 2 yang memang menuntut Anda untuk bergerak lincah dari satu tombol ke tombol lainnya, mengeksekusi setiap kombinasi serangan dengan tepat. Fitur anti-ghosting memainkan peranan penting untuk menangani hal yang satu ini. Thermaltake Poseidon memperlihatkan tajinya sebagai sebuah keyboard gaming yang bisa diandalkan.

The Ultimate Points: The Design

Konsistensi pada tema dan kombinasi warna pada desain membuat Poseidon ini mudah dicintai.
Konsistensi pada tema dan kombinasi warna pada desain membuat Poseidon ini mudah dicintai.

Seperti menciptakan lautan biru Anda sendiri ketika bermain di kegelapan.
Seperti menciptakan lautan biru Anda sendiri ketika bermain di kegelapan.

Dengan bentuk konvensional dan sederhana yang ia usung, Poseidon mungkin tidak memperlihatkan daya tarik yang memesona di sisi fungsi, terlepas dari penggunakan Cherry MX Brown yang sudah tidak perlu lagi diragukan kinerjanya di sisi gaming. Walaupun demikian, ada satu fakta yang membuat kami cukup jatuh hati dengan keyboard yang satu ini. Tidak “wah” memang dengan beragam vinyl atau logo garang yang mungkin diterapkan keyboard kompetitor, namun kesan elegan yang tetap bisa mengalir kuat dari keyboard ini memang pantas untuk diacungi jempol. Konsistensi dengan menghadirkan LED lampu berwarna biru untuk menangkap atmosfer “Poseidon” menjadi kunci, apalagi ketika Anda menikmatinya di ruangan yang gelap. Secara kosmetik, Thermaltake Poseidon memperlihatkan statusnya sebagai sebuah keyboard gaming.

Kesimpulan

Thermaltake Poseidon
Secara garis besar, Thermaltake Poseidon terhitung berhasil membuktikan dirinya sebagai sebuah keyboard gaming yang mampu menghadirkan fungsi utama yang bisa diandalkan. Desain yang memperkuat tema yang dipilih menjadi nilai jual tersendiri, membuat citra Poseidon yang mudah dikenali sebagai sebuah keyboard gaming sejak pandangan pertama.

Secara garis besar, Thermaltake Poseidon terhitung berhasil membuktikan dirinya sebagai sebuah keyboard gaming yang mampu menghadirkan fungsi utama yang bisa diandalkan. Desain yang memperkuat tema yang dipilih menjadi nilai jual tersendiri, membuat citra Poseidon yang mudah dikenali sebagai sebuah keyboard gaming sejak pandangan pertama. Elegan dan solid, Cherry MX Brown yang dijadikan sebagai pondasi membuat aktivitas gaming PC Anda menjadi jauh lebih nyaman, menyenangkan, dan bebas masalah. Setidaknya Anda tidak perlu lagi takut karakter Anda akan mati sia-sia hanya karena ketidakmampuan peripheral untuk mengikuti ritme permianan Anda sendiri. Walaupun demikian, kesederhanaan ini mungkin tidak akan cukup kuat untuk menarik calon konsumen yang memang lebih memilih untuk mendapatkan kelengkapan fitur sebuah peripheral gaming.

Thermaltake Poseidon tidak mendukung modifikasi fungsi makro. Ia bahkan tidak memiliki dukungan driver untuk membantu Anda mengoptimalkan pengalaman Anda sendiri. Selain sebuah keyboard ringkas dengan LED biru yang menyala terang sebagai sarana input perintah, Thermaltake Poseidon tidak menyediakan fitur apapun lagi. Anda bahkan tidak menemukan slot USB atau audio jack untuk memfasilitasi kebutuhan peripheral Anda yang lain. Memang terdengar seperti kelemahan. Namun keputusan untuk mengusung konsep seperti ini memungkinkan Thermaltake untuk mengusung harga yang cukup “bersahabat” untuk kelas sebuah keyboard gaming mekanikal.

Thermaltake Poseidon dengan Cherry Brown ini sendiri ditawarkan dengan kisaran harga sekitar Rp 990.000,-.


No comments:

Post a Comment