Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Wednesday 6 November 2013

Review TerraMaster F4: NAS SOHO Empat Drive Bay Harga Murah

Kembali, tim JagatReview mendapatkan “kunjungan” dari sebuah produk Network Attached Storage (NAS). Setelah beberapa waktu lalu kami mencoba kemampuan NAS dari Synology, Buffalo, dan QNAP, kali ini kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba NAS dari produsen TerraMaster, yaitu NAS dengan empat drive bay, F4-NAS.

TerraMaster F4 NAS (3)

Adanya empat drive bay di produk F4-NAS ini membuat pengguna perangkat tersebut bisa memasang hingga empat hard disk berkapasitas besar untuk mengakomodasi kebutuhan penyimpanan data dalam jaringan lokal. Untuk sebuah NAS kelas SOHO (Small Office/Home Office), kami rasa penggunaan hingga empat buah hard disk tersebut tentu sudah bisa mencukupi kebutuhan kapasitas penyimpanan data untuk sebagian besar penggunanya. Lalu, bagaimana bentuk dan kemampuan dari perangkat tersebut? Simak pembahasan kami dalam artikel berikut ini!

Paket Penjualan

 

NAS dari TerraMaster ini hadir dalam sebuah kemasan box berukuran cukup besar dengan warna hitam. Logo TerraMaster, produsen dari NAS ini, terlihat jelas di beberapa sisi box tersebut. Tentu saja, dalam box tersebut, selain terdapat produk F4-NAS tersebut, terdapat juga beberapa peralatan penunjang operasional perangkat tersebut yang telah disediakan oleh TerraMaster. Peralatan penunjang tersebut antara lain berupa:
  • Adapter daya dan kabel power
    TerraMaster F4 NAS (25)
  • Kabel Ethernet
    TerraMaster F4 NAS (21)
  • 1 set baut untuk memasang hard disk
  • Jarum khusus untuk melakukan reset
  • Lembar Quick Start Guide

TerraMaster F4-NAS

 

TerraMaster F4 NAS (30)

Sesuai dengan kemampuannya menampung hingga 4 buah hard disk, ukuran keseluruhan dari perangkat F4-NAS ini bisa dikatakan cukup besar. Empat hard disk yang bisa ditampungnya dipasang dalam posisi mendatar langsung dari bagian depan perangkat. Masing-masing hard disk harus dipasang terlebih dahulu ke bracket docking khusus yang telah disediakan TerraMaster. Sayangnya, bracket yang disediakan terasa cukup ringkih karena dibuat dari bahan yang menurut kami tidak terlalu keras. Selain itu desain bracket tersebut hanya bisa menampung hard disk dengan ukuran 3.5″ saja.

TerraMaster F4 NAS (49)
Untuk mendukung operasional perangkat, F4-NAS dilengkapi dengan beberapa port koneksi, yaitu:
  • Gigabit Ethernet
  • USB 2.0
  • eSATA
TerraMaster F4 NAS (60)

Selain itu, terdapat juga dua tombol, yaitu tombol power yang terletak di bagian depan dan tombol reset yang terletak di dalam lubang kecil di bagian belakang perangkat, serta sederet lampu indikator yang menunjukkan status operasional perangkat.

TerraMaster F4 NAS (53)

Cukup disayangkan TerraMaster hanya menyediakan 1 buah port USB 2.0 untuk perangkat ini. Penggunaan lebih dari 1 port USB serta standar USB 3.0 tentu saja akan lebih mendukung kemampuan NAS ini, terlebih lagi untuk kapasitas penyimpanan data besar yang bisa diasosiasikan dengan 4 buah hard disk yang bisa ditampungnya.

TerraMaster melengkapi NAS ini dengan sebuah kipas berukuran 9 cm untuk membantu mendinginkan perangkat ketika beroperasi. Kipas tersebut terletak di bagian belakang perangkat, dan karena ukurannya yang besar tersebut, membutuhkan tempat khusus yang membuat bagian belakang dari F4-NAS menjadi tidak rata. Kipas tersebut bisa diatur kecepatan putarnya melalui tool manajemen perangkat yang disediakan.
Berikut ini adalah spesifikasi dari F4-NAS seperti yang tertera di situs resmi TerraMaster:

Spec

Penggunaan Sebagai NAS

Tampilan utama dari tool manajemen F4 NAS.
Tampilan utama dari tool manajemen F4 NAS.

Tidak berbeda dengan kebanyakan NAS kelas SOHO yang ada saat ini, TerraMaster F4-NAS memiliki banyak fitur yang mempermudah pengguna dalam mengoperasikan perangkat ini. Ketika pertama kali menjalankan perangkat ini dengan hard disk baru didalamnya, pengguna akan langsung dibawa ke halaman quick setup yang memungkinkan pengguna mengaktif-nonaktifkan fitur yang ingin dijalankan pada perangkat serta mengatur mode penggunaan hard disk yang terpasang.

FIle Manager yang digunakan dalam F4 NAS.
FIle Manager yang digunakan dalam F4 NAS.
Perangkat storage berbasis USB akan langsung dideteksi oleh perangkat dan bisa dibagi isinya ke dalam folder jaringan.
Perangkat storage berbasis USB akan langsung dideteksi oleh perangkat dan bisa dibagi isinya ke dalam folder jaringan.

Kapasitas hingga 4 buah hard disk memungkinkan NAS ini menjalankan mode penggunaan yang lebih bervariasi dibandingkan NAS dengan 2 buah hard disk. NAS ini mendukung mode single drive, RAID 0, RAID 1, RAID 10, RAID 5, RAID 6, serta JBOD. Lebih banyak bila dibandingkan dengan NAS dengan 2 hard disk yang hanya mendukung single drive, RAID 0, RAID 1, dan JBOD saja.

Salah satu fitur yang ada memungkinkan pengguna menggunakan virtual drive untuk file ISO.
Salah satu fitur yang ada memungkinkan pengguna menggunakan virtual drive untuk file ISO.

Demikian pula untuk Shared Folder, pengguna bisa memanfaatkan tool manajemen berbasis halaman web yang tersedia untuk mengatur shared folder yang ada dalam NAS ini dengan mudah. Pengguna juga bisa memanfaatkan NAS ini untuk langsung membagi konten dalam USB Drive yang terpasang ke port USB di bagian belakang. Selain itu, terdapat juga fitur untuk membagi konten dalam sebuah file ISO langsung ke dalam jaringan sebagai sebuah shared folder.

Fitur Tambahan

SS 4
Beberapa fitur yang mendukung pemanfaatan F4 NAS sebagai penunjang hiburan, seperti iTunes Server dan uPNP Server, juga tersedia.

Walaupun ditujukan untuk kebutuhan penggunaan di kalangan bisnis, TerraMaster tidak hanya melengkapi NAS ini dengan fitur-fitur untuk penunjang operasional perusahaan saja. Mereka tetap menyertakan beberapa fitur yang membuat NAS ini juga cocok untuk digunakan oleh pengguna rumahan, baik untuk sekedar menyimpan data atau memanfaatkannya sebagai media server untuk perangkat-perangkat yang terhubung ke jaringan lokal di tempat tinggal.

Fitur-fitur penunjang operasional perusahaan, seperti web server (Apache) dan database server (MySQL) juga tersedia dan bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuat halaman web lokal yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Tersedia juga fitur download manager dan torrent client yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk langsung mendownload file ke dalam NAS ini. Sayangnya, ketika kami mencoba NAS ini, fitur tersebut tidak bisa kami manfaatkan secara maksimal karena sistem terus mendeteksi adanya masalah pada konektivitas jaringan yang membuat fitur ini tidak bekerja dengan semestinya.

SS 1

Hal yang sama juga terjadi ketika kami menggunakan fitur Cloud Server yang ada, sistem juga memberikan peringatan kesalahan telah terjadi masalah koneksi ke jaringan, padahal ketika kami melakukan pemeriksaan koneksi jaringan, perangkat-perangkat lain yang ada di jaringan bisa mengakses NAS ini tanpa masalah. Tampaknya hal ini lebih disebabkan oleh firmware baru yang mungkin belum stabil.


Pengujian

TerraMaster F4-NAS hadir di lab. pengujian JagatReview tanpa disertai hard disk. Hal ini cukup wajar mengingat paket penjualan dari NAS tersebut memang tidak menyertakan hard disk sebagai kelengkapannya. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menggunakan 2 buah hard disk Toshiba berkapasitas 1 TB yang kebetulan sedang berada di lab. kami untuk menguji NAS ini. Sayangnya, karena keterbatasan jumlah hard disk, kami tidak bisa menguji NAS yang satu ini dalam jumlah maksimal hard disk yang didukungnya.

Platform Pengujian

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

  • Storage: Kingston HyperX SSD 120 GB

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500


  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit

NAS Performance Toolkit

NAS PT

Hasil pengujian NAS Performance Toolkit menunjukkan bahwa TerraMaster F4 NAS memiliki kemampuan yang cukup baik. Walaupun tidak terlihat kecepatan baca/tulis yang sangat tinggi dari NAS ini, secara umum kecepatan yang diberikan di berbagai skenario pengujian yang ada bisa dikatakan masuk dalam batas wajar.

Crystal Disk Mark

CDM - Read
CDM - Write

Berbeda dengan beberapa NAS yang kami uji dalam beberapa bulan terakhir, F4 NAS terkesan “normal” karena hasil pengujian penulisannya lebih kecil dari pembacaan. Walaupun begitu, hasil pengujian penulisan dan pembacaan yang didapatkan bisa dikatakan sudah cukup baik.

Kesimpulan

TerraMaster F4 NAS (38)

Kemampuannya dalam menampung hingga 4 buah hard disk tentu saja menjadikan perangkat yang satu ini sebagai perangkat yang cocok untuk pengguna yang memiliki kebutuhan penyimpanan data berukuran besar, baik untuk pengguna pribadi maupun perusahaan. Harganya yang terbilang murah untuk ukuran NAS dengan 4 drive bay 3.5 inci, di bawah Rp 3 juta, juga membuatnya memiliki daya tarik lebih bagi calon penggunanya.
Penggunaan hingga maksimal 4 buah hard disk dalam perangkat ini juga membuatnya memiliki banyak mode penggunaan untuk hard disk yang terpasang di dalamnya. Beberapa mode penggunaan yang membutuhkan lebih dari 2 hard disk, seperti RAID 10, RAID 5, dan RAID 6 telah didukung oleh perangkat ini karena kemampuannya mengakomodasi lebih dari 2 hard disk tersebut.

Sayangnya, untuk segi konektivitas, TerraMaster hanya memberikan port koneksi dengan jumlah yang terbatas. Hanya terdapat 1 buah port USB yang ada di perangkat ini. Hal itu tentunya sedikit menghambat pengguna dalam memanfaatkan perangkat ini secara maksimal, misalnya untuk mengaktifkan fungsi print server sekaligus membagi isi perangkat storage berbasis USB ke dalam jaringan lokal.

TerraMaster F4 NAS (69)

Kelebihan:

  • 4 hard disk dengan banyak mode penggunaan
  • Harga cukup murah untuk NAS dengan 4 hard disk

Kekurangan:

  • Port konektivitas minim

No comments:

Post a Comment