Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Friday 29 November 2013

Bos Google Khawatir Rusia Akan Ikuti Jejak Cina

Dalam beberapa bulan terakhir ini, kebebasan berinternet di Cina kian mengkhawatirkan. Bahkan sejumlah website asing yang diduga bisa memperkeruh suasana politik dalam negeri diblokir. Tidak sedikit juga warga Cina yang mengkritik pemerintahnya melalui jejaring sosial malah dijebloskan ke dalam penjara.

Rusia

Penyensoran internet di Cina, menurut seorang petinggi raksasa internet Google bakal diterapkan juga di Rusia. “Kami khawatir jika Rusia bakal mengarah ke model penyensoran internet seperti yang dilakukan Cina,” ujar Chairman Google, Eric Schmidt, dilansir dari Cnet.
Rusia sendiri mulai memberikan regulasi industri internet setelah terpilihnya Presiden Vladimir Putin untuk ketiga kalinya pada tahun lalu. Setelah itu, pemerintah membuat semacam blacklist di luar perintah pengadilan dari berbagai website yang menginformasikan konten bunuh diri, narkoba, dan pornografi anak. Jadi, pihaknya bisa memblokir berbagai website tersebut, meski tanpa membutuhkan putusan pengadilan.
Schmidt pun memprediksikan, kebebasa pengguna internet seperti di blog dan sosial media bisa menjadi pengantar revolusi baru di Cina dan diikuti Rusia dalam kurun waktu sepuluh terakhir nanti, meskipun ada penyensoran di sana-sini. Pasalnya, dengan makin banyaknya pengguna internet Cina yang mencapai 600 juta orang, maka makin banyak juga dari mereka yang menginginkan haknya lebih banyak lagi, seperti menuntut kebebasan berinternet.

No comments:

Post a Comment