Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 17 November 2013

Bagi Apple, Jepang Itu “Ladang Emas”

apple jepang

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple, berhasil mendapatkan “ladang emas” di tempat paling tak terduga, yakni Jepang. Bagi Apple, Jepang menjadi satu-satunya dari lima wilayah operasional Apple yang laba operasinya tumbuh di tahun fiskal terakhir ini.

Dalam dua tahun terakhir ini, Jepang telah menjadi wilayah pasar Apple yang memiliki pertumbuhan paling cepat. Bahkan, melampaui pasar Apple di Cina yang selalu disebut-sebut sebagai pasar smartphone terbesar di dunia. Margin laba Apple di Jepang pun melebihi 50 persen dibanding di seluruh dunia yang hanya sebesar 35 persen. Demikian laporan yang dibuat Wall Street Journal.

Hal ini cukup mengejutkan mengenai pandangan Apple terhadap pasar Jepang. Pasalnya, sebagian besar raksasa teknologi malah tidak memandang Jepang sebagai wilayah untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan. Terlebih, kondisi ekonomi Jepang dalam dua dekade terakhir belum menunjukan perbaikan. Selain itu, kejayaan perusahaan teknologi dalam negeri yang membuat perusahaan asing malah enggan masuk ke Jepang.

Di Jepang, smartphone iPhone telah menjadi produk andalan Apple. Itu berkat pemasaran yang agresif dan subsidi besar-besaran dari kerjsamanya dengan operator seluler lokal. Selain itu, saat ini sedang muncul tren untuk membeli produk-produk bermerek.

Bagi masyarakat Jepang, reputasi iPhone dianggap sebagai merek berkelas, seperti halnya tas Louis Vuitton dan syal Burberry. “Merek Apple luar biasa di sini. Ini bukan hanya soal spesifikasi. Ini juga tentang alasan lain. Namun ini tentang memiliki sebuah iPhone,” kata Eji Mori, seorang analis di BCN Inc yang berbasis di Tokyo.

Timothy Arcuri, direktur pelaksana di Cowen & Co. memprediksikan, Apple mampu menjual 11 hingga 12 juta unit iPhone di Jepang pada tahun ini. Angka itu tumbuh dua kali lipat dari tahun lalu yang hanya sekitar 5-6 juta unit saja. Bahkan Ia memprediksikan, Apple mampu menjual 20 juta iPhone pada tahun depan nanti. “Apple akan mendekati pangsa pasar 50 persen di Jepang pada tahun depan,” imbuhnya.

No comments:

Post a Comment