Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Friday 8 November 2013

Apple Akan Bangun Pabrik Kaca Safir di Arizona

apple-HQ

Untuk mendukung produk iPhone dan iPad generasi berikutnya, Apple berencana untuk membangun sebuah pabrik baru yang akan memproduksi kaca safir di Meza, Arizona, Amerika Serikat. Apple dikabarkan telah menandatangani kesepakatan multi tahun dengan GT Advanced Technologies, yakni perusahaan yang akan mensuplai safir untuk Apple yang akan digunakan dalam pembuatan kaca safir. Untuk mewujudkan pabrik tersebut, Apple membeli sebuah pabrik kosong di  Arizona yang dikenal sebagai First Solar Plant yang selanjutnya akan diubah Apple menjadi pabrik baru untuk memproduksi kaca safir.

Dengan akan dibukanya pabrik kaca safir di Arizona ini, maka akan menjadi fasilitas pabrik kedua yang diumumkan Apple baru-baru ini. Sebelumnya Apple mengumumkan bahwa mereka telah membuka fasilitas pabrik untuk Apple MacPro baru yang juga berlokasi di Amerika Serikat. Apple selama ini memiliki banyak pabrik namun dikerjakan oleh pihak ketiga, seperti Foxconn di China dan juga beberapa pabrik lain yang memproduksi iPhone dan iPad di luar Amerika Serikat.

ipad-air-ipad-2

Seperti yang dilaporkan oleh MacRumors, kesepakatan multi tahun ini sendiri akan meliputi pembayaran di muka sebesar $580 juta yang akan dibayarkan kembali kepada Apple setelah lima tahun mulai 2015 dan mengharuskan GT untuk menjaga tingkat minimum dari kapasitas produksi. Apple menyatakan bahwa mereka memperluas inisiatif produksi domestik mereka dengan fasilitas baru yang berlokasi di Arizona dan akan menciptakan ribuan lapangan pekerjaan yang baru dalam bidang teknik mesin, pabrik dan konstruksi.
Lebih jauh lagi, pabrik baru ini akan membuat komponen untuk produk Apple dan akan dijalankan dengan 100% energi yang terbarukan dari hari pertama sebagai hasil kerja yang dilakukan dengan SRP untuk menciptakan sumber energi hijau yang memberi tenaga pada pabrik tersebut. Dengan dibukanya pabrik tersebut, Apple akan mampu membuka lebih dari 2000 lapangan pekerjaan dengan 700 posisi akan menjadi posisi permanen di pabrik tersebut sedangkan sekitar 1300 akan mengerjakan pekerjaan konstruksi untuk pembangunan pabrik baru tersebut.

Apple sendiri akan menggunakan kaca safir sebagai penutup pelindung unit kameranya, juga tombol home pada iPhone terbaru. Saat ini kaca safir hanya digunakan di beberapa komponen, namun GT menyatakan bahwa  teknologi pembakaran yang baru akan menurunkan biaya dan akan meningkatkan kapasitas. Disebutkan bahwa ini akan memungkinkan Apple untuk memperluas bisnis LED dan safir khusus, namun tidak dijelaskan apakah hal ini berarti Apple akan beralih ke kaca yang lebih keras dari bagian suplier yang digunakan saat ini.

No comments:

Post a Comment