Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 3 November 2013

Android Masih Menguasai Pasar Smartphone

611px-Android_logo.svg

Platform sistem operasi Android milik Google masih tetap mendominasi pangsa pasar smartphone dunia. Menurut data dari firma analis Strategy Analytics, Android menguasai 81.3 persen dari keseluruhan pangsa pasar smartphone global. Gabungan antara Android dan platform iOS milik Apple menguasai hampir 95 persen smartphone dunia, walaupun pangsa pasar Apple menurun setiap tahun. Salah satu faktor yang membuat Apple menurun adalah naiknya persentase platform Windows Phone milik Microsoft, setiap tahunnya mereka naik secara konstan.

Sistem operasi iOS yang digunakan di iPhone pada kuartal ketiga 2012 tahun lalu masih memegang pangsa pasar hingga 15,6 persen, namun angka itu turun ke posisi 13,4 persen pada akhir September 2013 kemarin.
Pangsa pasar Apple yang menurun ini, salah satunya akibat dari ekspansi global pasar smartphone. Penyebaran global smartphone meningkat kurang lebih 45 persen tahun per tahun, dari 172,8 juta unit di kuartal ketiga 2013 menjadi 251,4 juta unit di kuartal ketiga 2013.

Platform Windows Phone milik Microsoft, yang didominasi oleh Nokia, hampir menggandakan share mereka tahun tiap tahun. Windows Phone memegang 2,1 persen share tahun lalu , sekarang mereka di angka 4,1 persen. Salah satu penyebab naiknya angka Windows Phone ini adalah penurunan drastis Blackberry dari 4,3 persen menjadi 1,0 persen.

No comments:

Post a Comment