Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Wednesday 30 October 2013

Popularitas Facebook di Hati Remaja Kian Menurun

Facebook

Untuk pertama kalinya, menurut penelitian terbaru, Facebook telah kehilangan tempatnya sebagai jejaring sosial paling penting bagi remaja. Mereka yang kaum muda kian berbondong-bondong untuk beralih  ke layanan jejaring sosial digital lainnya.

Dari 8.650 remaja berusia 16 tahun yang disurvei Piper Jaffray, hanya 23 persen dari mereka yang menganggap Facebook merupakan jejaring sosial paling penting. Angka ini telah menurun dari 33 persn pada enam bulan yang lalu, dan 43 persen pada tahun lalu. Popularitas Facebook pun juga telah menurun hingga empat persen sejak musim semi tahun ini.

Kendati demikian, penelitian ini juga membawa kabar baik bagi Facebook. Layanan berbagi fotonya, Instagram malah menunjukan peningkatan indikator jejaring sosial paling penting sejak tahun lalu, yakni dari 12 persen menjadi 23 persen. Sementara Twitter hanya menurun sedikit sebesar 1 persen dari tahun lalu menjadi 26 persen.

Sementara itu, panelitian lain dari Pew Research yang diterbitkan baru-baru ini mengatakan, remaja semakin berbondong-bondong ke Twitter dan Instagram. Para responden remaja itu beralasan, mereka lebih mudah terbuka dan ekspresif ketika mengakses dua jejaring sosial itu, ketimbang di Facebook. “Remaja yang menggunakan jejaring sosial seperti Twitter dan Instagram merasa, mereka lebih baik mengekspresikan diri melalui platform ini,” kata laporan Pew Research.

Laporoan Pew juga mengatakan, Twitter telah tumbuh secara signifikan sejak tahun lalu. Sebanyak 24 persen dari remaja yang online saat ini, dipastikan menggunakan Twitter. Angka itu naik 16 persen dari tahun sebelumnya. “Ya, itu sebabnya kami pergi ke Twitter dan Instagram [bukannya Facebook]. Karena Ibuku tidak memiliki itu,” kata seorang remaja yang diwawancari Few.

Penelitian ini sebenarnya bertentangan dengan yang pernah dilontarkan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Ia berulang kali menegaskan, Facebook tak memiliki masalah dengan remaja. Bahkan di depan para investor pada Juli lalu, Ia mengklaim, hampir seluruh populasi remaja di Amerika Serikat telah memiliki akun Facebook dan mengaksesnya secara aktif.

No comments:

Post a Comment