Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Wednesday 30 October 2013

Pemasok Apple Jual Akseseoris iPhone dengan Merek Sendiri

Mitra pemasok perangkat Apple asal Taiwan, Foxconn mulai menjual berbagai aksesoris mobile untuk iPhone terbaru dengan mereknya sendiri. Bisnis akseseoris ini dilakukan melalui anak perusahaan mereka yang berbasis di Hong Kong, Foxconn International Holdings (FIH) Mobile.

Foxconn (1)

Upaya ini dilakukan Foxconn untuk mencari jalan pertumbuhan baru setelah Apple mengalihkan sebagian besar pesanan iPhone 5C dan iPad Mini ke pesaingnya, Pegatron. Pihaknya terang-terangan ingin melakukan diversifikasi bisnis lain.

Pada Jumat pekan kemarin, FIH Mobile sudah meluncurkan akseseoris mobile untuk iPhone dengan mereknya sendiri, bernama Coverbank di Taiwan. Produknya pun di antaranya seperti Casing dan pengisi baterai (charger) iPhone. Pihaknya juga telah melakukan kerja sama dengan tiga operator seluler lokal terkemuka, Far EasTone, Chunghwa Telecom, dan Taiwan Mobile untuk ikut memasarkan aksesoris Coverbank.

“Kami memiliki model bisnis yang fleksibel. Kami juga akan terus memproduksi aksesoris mobile di bawah merek pelanggan lain. Namun, jika mereka suka dengan desain aksesoris Coverbank, kami dapat menjual hak distribusi tunggal kepada mereka. kami tak akan memperluas operasi bisnis aksesoris mobile merek sendiri dengan mengorbankan kontrak kerja sama manufaktur kami,” kata seorang eksekutif di FIH Mobile yang tak mau disebutkan namanya, dikutip dari Wall Street Journal.

Setelah Taiwan, FIH beniat meluncurkan Coverbank dalam skala besar ke Cina dan Hong Kong pada akhir tahun serta menyusul Singapura, Korea dan Jepang pada 2014 mendatang melalui distribusi ritel lokal. Khusus di Cina, pihaknya akan menjual aksesoris Coverbank bukan hanya untuk perangkat Apple saja, namun juga untuk Samsung dan Xiaomi via online.

FIH sendiri sebenarnya juga ikut membantu Foxconn untuk mempercepat produksi iPhone lebih banyak lagi. Kliennya pun bukan hanya Apple, melainkan beberapa nama besar, seperti Huawei, ZTE, Lenovo, Nokia dan Motorola. Namun kedua nama besar yang disebutkan terakhir itu mulai mengurangi pesanannya dan membuat FIH menderita kerugian cukup besar pada semester kedua tahun lalu.

No comments:

Post a Comment