Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Wednesday 30 October 2013

Google: Mobil Otomatis Kami Lebih Aman dari Pengemudi Pro

Google berhasil menguji coba mobil otomatis di jalanan California dan Nevada, Amerika serikat. Google pun mengklaim dari data yang dikumpulkannya, teknologi robotik di mobilnya telah mengungguli pengemudi manusia, bahkan seorang profesional sekalipun.

Mobil Google

“Mobil jarang bertabrakan dengan jarak dekat. Mobil kami pun mengemudi lebih lancar dan lebih aman daripada pengemudi profesional terlatih kami,” kata Chris Urmson, kepala pimpinan Google Self-driving Cars Project saat mempresentasikan hasil uji coba itu di Santa Clara, seperti dikutip dari MIT Technology Review.

Pengujian itu dilakukan terhadap dua merek mobil ternama, yakni Prius dan Lexus. Keduanya telah dirancang khusus oleh tim Google agar dapat mengendarai sendiri tanpa bantuan pengemudinya. Mobil tersebut dapat mengerem lebih cepat dan sesuai saat ada rintangan yang menghadang di depannya. Selain itu, mobil juga dapat mengambil jarak yang lebih aman dari kendaraan yang ada di depannya.

Meski dapat berjalan sendiri, pengemudi masih bisa mengambil alih untuk mengendarainya. Namun, bila sistem otomatis diaktifkan, dashboard mobil akan menunjukan tampilan cara kerja mobil itu mengendarai dirinya sendiri. “Di dalam mobil ini, kami telah menciptakan cara manusia bekerja,” ungkapnya yang sejak 2010 silam telah menguji teknologi mobil futuristik ini.

Urmson pun memandang, masalah hukum dan peraturan lalu lintas bukan menjadi penghalang mobil tanpa supir ini dapat melenggang di jalan raya. Ia menunjukan bukti, beberapa wilayah di Amerika Serikat seperti California, Nevada, dan Florida telah mengijinkannya untuk melakukan tes uji mobil ini. Namun Ia mengakui, kecelakaan tak terelakan bisa saja terjadi dan produsen mobil atau pengembang teknologi ini mesti bertanggung jawab menghadapi tuntutan hukum.

No comments:

Post a Comment