Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 27 February 2012

Review: BlackBerry Orlando 9380, Curve Pertama Berlayar Sentuh

Curve dikenal sebagai varian BlackBerry murah. Jika sebelumnya seri Curve diisi dengan perangkat ber-qwerty keyboard, kali ini Orlando hanya membenamkan Toucscreen untuk alat inputnya. Sebagai ponsel terbaru dari RIM, 9380 dilengkapi dengan BlackBerry OS versi 7. Bagaimana kinerjanya? Simak testnya berikut ini.

Desain

10.9 x 6 x 1.12 cm, 98 gram
BiasanyaCurve didesain dengan tombol qwerty, namun kali ini RIM mencoba untuk keluar dari pakem tersebut dan menampatkan layar sebagai bagian yang mendominasi. Mirip dengan model Monza (9860) dan Monaco (9850). Perbedaan dilakukan pada tombol nya adalah yang didesain rata dengan permukaan rata seperti yang dipasang pada Apollo. Sementara untuk bagian belakang, ponsel ini akan mengingatkan kita pada Apollo.
Di situ ada sentuhan logam, terutama di bagian bezel yang mengelilingi HP serta bahan plastik pada backcover menjadi kunci kemiripan keduanya.

OS dan Interface

layar sentuh TFT kapasitif, 16 juta warna, 360 x 480 piksel, 3.2 inci (~188 ppi pixel density);Prosesor: 806 MHz; OS: BlackBerry OS 7
Sama seperti seri Apollo, Orlando juga menggunakan Sistem Operasi BlackBerry seri 7. Pada panel homescreen terdapat 5 buah panel berdampingan pada homescreen All, Favorites, Media, Downloads dan Frequent. Didalam panel-panel ini mewakili menu yang ada didalamnya langsung tersusun pada karegori ke 4 panel tersebut. Dengan kualitas layar yang cukup mumpuni untuk menampilkan ikon yang lebih berwarna, membuat penggunanya sangat nyaman. Terbukti saat digunakan di dalam atau diluar ruang, keduanya sangat nyaman dilihat. Meski layarnya dibuat lebih kecil dari milik Monza/Monaco, namun hal ini memberikan waktu yang lebih lama dari segi daya yang dihabiskan.

Hampir sama dengan Apollo, Orlando punya prosesor yang juga hampir sama. Jika Apollo memakai prosessor perkecepatan 800 MHz, Orlando hanya memiliki selisih 6MHz saja dengan dengan 806 MHz. dengan begitu keduanya memiliki performa yang sama baiknya.


Kamera

5 MP, 2592х1944 piksel, LED flash, geo-tagging, image stabilization; perekam video VGA;
Orlando juga dibekali kamera dengan resolusi 5 megapixel. Untuk mengakses kamera selain melalui akses menu, pengguna juga dapat menekan convenience key di sebelah kanan ponsel. Dan untuk mengambil gambar, Anda tinggal tekan kembali.  yang juga berfungsi sebagai shutter kamera saat mode kamera aktif.

Kemampuan daya tangkap gambar terbilang sama dengan milik Apollo. Meski tidak dilengkapi dengan kemampuan auto-focus. Untuk video, Orlando hanya mampu mengabadikan video berkualitas VGA 640x480.
Hasil Kamera
Kemampuan penangkapan gambar baik indoor maupun outdoor sama baiknya. Asalkan objek diberikan asupan cahaya yang cukup. Hasil keduanya cukup jernih dan focus.


Konektifitas

GPRS, EDGE, HSDPA, HSUPA, Wi-Fi; Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR; microUSB v2.0, NFC,GPS dengan dukungan A-GPS;

Meski harganya lebih murah dari Monza dan Monaco, Orlando sudah mendukung koneksi teknologi NFC, Seperti pada Dakota dan Apollo. NFC (near field communication) merupakan teknologi yang memungkinkan Orlando untuk bertukar informasi atau menghubungkan perangkat lebih cepat. Fungsi lainnya NFC juga dapat berfungsi sebagai dompet digital.Walaupun teknologi NFC belum bisa dimanfaat dengan maksimal di tanah air semisal untuk digunakan berbelanja, paling tidak saat teknologi canggih tersebut booming di tahun depan.

Selain koneksi yang baru tersebut Orlando juga sudah menyediakan beragam pilihan konektifitas yang juga terbilang mumpuni. Mulai HSDPA, WiFi, Bluetooth dan kabel data.


Browser

HTML
Kemampuan yang paling terlihat pada perubahan di BlackBerry OS 7 adalah pada Fitur browsernya. Browser yang dibawa pada OS 7 memiliki kemampuan yang lebih cepat dan responsif, mendukung multi-touch zoom, memilih teks, reflow teks, dan lainnya.

Yang paling baru adalah pada dukungan Flash yang lebih baik. Browser di BlackBerry terbaru ini mampu bereaksi seperti yang pada iPhone 4, Meski kinerjanya tidak persis sama.


Multimedia

Musik player, Video player; Memori: 512 MB storage, 512 MB RAM, external: MicroSD hingga 32GB;

Dari sisi multimedia RIM membaharui ikon Music Player. Tidah hanya itu didalamnya juga terdapat pencarian cepat trek dan penyortiran otomatis berdasarkan artis, album dan genre. Pengguna juga dapat membuat playlist yang bisa dikostumisasi.

Album Art juga diikutsertakan, begitu juga dengan dengan preset equalizer dan single track repeat. Player juga dapat diminimalkan untuk bermain di latar belakang.
Untuk Video Player, OS 7 masih menggunakan interface yang sama dengan pemutar music.Curve 9380 mampu memutar format file yang lebih menjanjikan karena sudah mendukung format: DivX, XviD, WMV, MP4 dan video H.264/MPEG-4 sampai dengan resolusi 720p.


Kelebihan
•    BlackBerry OS 7
•    Layar Full Touchscreen
•    Harga Lebih Murah dibanding BlackBerry Touchscreen lainnya
•    BBM 6

Kekurangan
•    Perekam video Belum HD
•    Layar Agak sempit

Kesimpulan

Meski masuk dalam seri Curve, Orlando tetap saja jauh berbeda dengan varian curve lainnya. Karena selain tanpa qwerty keyboard, Orlando juga menggunakan touchscreen sebagai alat inputnya. Dari segi harga, Orlando masih lebih baik ketimbang Monza dan Monaco, karena sudah dilengkapi dengan koneksi NFC, Meski kamera yang dimilikinya tidak dilengkapi dengan lampu LED flash. Selain itu prosesor yang digunakannya juga sudah cukup untuk mengakomodasi BlackBerry OS 7 yang dimilikinya. 

No comments:

Post a Comment