Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 27 February 2012

Review: Acer Iconia Tab 101, Bisa SMS, Tanpa Fitur Telepon


Meroketnya popularitas iPad membuat para pesaing Apple resah. Untuk membendung dominasi Apple di  pasar Tablet, vendor komputer dan ponsel dari berbagai negara sepakat untuk meluncurkan Tablet dengan basis operasi Android besutan Google. Selain harus bersaing dengan iPad, vendor-vendor tersebut juga harus saling bersaing dengan sesama pembesut Tablet Android lainnya dalam memperebutkan pasar yang semakin sesak. Salah satunya adalah Acer  yang mencoba memperluas pasar produknya yang semakin tergerus oleh kehadiran Tablet PC.

Desain

Dimensi: (WxDxH) : 195 x 117 x 13,1 mm dan Bobot 415 gr.
Hadir dalam 2 pilihan warna cherry red dan trendy blue,  Tab 101 menawarkan kesan ringkas dan bergaya kepada penggunanya. Pada bagian belakang bodi, Acer menempatkan logonya yang dituliskan secara horisontal. Sementara dibawah layar luasnya hanya terdapat satu tombol sentuh kapasitif home.
Jika Anda menggunakan Tablet ini dalam posisi vertikal, Anda akan menemui tombol reset, dua buah speaker, port microUSB, port charger dan port HDMI pada bagian bawah. Sementara pada bagian atas bertengger lubang microphone, port audio 3.5mm dan tombol power. Pada bagian kanan bodi terdapat tombol rotation lock, slot kartu memori microSD dan kartu SIM.

Hardware dan Memori

Prosesor Dual-core 1GHz ARM Cortex-A9, ULP GeForce GPU, Tegra 2 T20 chipset, 8GB Internal Storage (User Available: 5GB), 1GB RAM, MicroSD hingga 32GB, Baterai Li-Ion 1530mAh x 2
Untuk mendukung kinerjanya dalam menjalankan aplikasi,  Tab 101 Sudah menggunakan prosesor berotak ganda dengan kecepatan masing-masing 1GHz. Untuk mengimbangi clock prosesor yang diusung, Acer tak lupa menyematkan memori RAM sebesar 1GB.

Sementara untuk urusan penyimpanan,  Tab 101 sudah dibekali dengan memori yang cukup lapang untuk menampung file pekerjaan atau multimedia milik Anda. Apabila Anda kurang puas dengan kapasitas penyimpanan 5GB yang dimilikinya, Anda dapat memperluasnya dengan menyisipkan kartu microSD.
Sayang sekali baterai yang digunakan untuk menyuplai daya  Tab dalam menjalankan beragam fungsi  masih terbilang kecil. Sehingga bila Anda menggunakan Tablet ini dengan pengaturan kecerahan maksimal,  Tab 101 hanya sanggup bertahan beberapa jam saja.

Interface dan OS

Android 3.2 Honeycomb, 7” TFT LCD 600 x 1024 piksel (~170 ppi), 262K warna, Notification Area, dsb.
Berbekal OS Android Honeycomb yang memang dioptimalkan untuk tablet,  Tab 101 hadir dengan antarmuka standar honeycomb yang membagi homescreen dalam lima halaman. kelima halaman tersebut dapat Anda isi dengan widget, shortcut aplikasi, wallpaper dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.
Untuk membuka Notification Area, Anda cukup tap pojok bawah kanan tablet  sehingga selain dapat mengecek notifikasi sms, email atau info update aplikasi yang terpasang, Anda juga dapat masuk ke setting berkat shortcut yang telah disediakan.
Seperti Tablet Honycomb lainnya, button bar hadir dengan tiga fungsi berbeda yaitu back, home, dan recent apps. Sayang sekali, Acer belum membekali Tab 101 dengan tombol screen capture seperti pada produk Galaxy Tab misalnya. Sementara untuk pencarian, Anda dapat menggunakan tombol virtual pada bagian pojok kanan atas.
Untuk masuk ke halaman menu, Anda cukup sentuh application drawer pada pojok kanan atas. Halaman menu disusun dalam format grid horisontal yang dikemas dalam ikon kotak serta dapat Anda kelompok-kelompokkan sendiri sesuai kebutuhan. Sementara pada bagian My Apps berisi aplikasi yang Anda download dari market.

Kamera dan Video

5MP 2592 x 1944 piksel, autofocus, LED flash dan kamera depan 2MP.
Untuk mendukung pengabadian gambar, Acer membekali Tab 101 dengan kamera 5 megapiksel autofokus yang telah dibekali dengan lampu flash untuk pengambilan gambar di ruangan yang gelap. Segudang setting tambahan seperti zoom, flash mode, white balance, color effect, scene mode, store location, focus mode, exposure, picture size, picture quality juga telah disediakan secara lengkap oleh Acer.

Video ModeVideo Mode
Video Mode SettingVideo Mode Setting
Untuk hasil gambarnya sendiri, pada pengambilan diluar ruangan Anda akan melihat gambar yang terlalu terang serta warna yang kurang natural. Sementara pada kondisi didalam ruangan, gambar yang dihasilkan terlihat kurang cerah dan tajam. Sementara untuk perekaman obyek bergerak, Tab 101 telah mendukung perekaman video berkualitas HD 720p (1280 x 720 piksel) dengan ragam setting seperti zoom, flash mode, white balance, color effect, video quality, time lapse interval. Sementar a itu, selain dapat digunakan untuk memotret, Kamera depan Tab 101 juga dapat digunakan untuk merekam obyek bergerak.
Telepon dan sms

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dan HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100.
Di sektor komunikasi, Tab 101 hanya dapat mengirim sms,  namun tanpa kemampuan untuk melakukan panggilan. Oleh karena itu wajar bila dalam paket penjualannya, Acer tidak menyertakan kabel handsfree sebagai aksesori bawaannya. Daftar kontak yang disematkan terdiri dari 2 panel yaitu panel kanan yang menampilkan nama kontak serta panel kiri yang memuat detail kontak seperti nomor telepon, HP, email, alamat dan sebagainya. Sementara untuk mengirim sms, terdapat dua panel di samping kiri yang menampilkan kontak sms serta detail isi pesan pada samping kanan yang tampil dalam mode threaded.

Internet dan Konektivitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dan HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, aGPS, Bluetooth 2.1, Wi-Fi 802.11 b/g/n, microUSB v2.0, MicroHDMI dan browser HTML Support Flash Player.
Menjelajah web dengan Tab 101 terasa lancar berkat dukungan koneksi 3G HSDPA serta Wi-Finya. Anda dapat menggunakan Browser Android HTML  untuk mulai menjelajah internet yang juga telah mendukung flash player. Anda dapat membuka 16 tab sekaligus dengan menggunakan browser bawaan Honeycomb ini.

Sementara untuk akses ke jejaring sosial, Social Jogger siap mengakomodasi kebutuhan Anda untuk selalu terhubung dengan teman-teman Anda. Kelebihan lain dari Tab 101 jika dibandingkan dengan Tablet serupa lainnya di pasaran adalah kehadiran port microHDMI yang memungkinkan Anda melihat gambar dan video dalam ponsel keTelevisi HD


Multimedia

Acer Media, Dolby Mobile: Audio Eq dan Video Eq.
Untuk memainkan file multimedia di Tab 101, Anda dapat masuk ke Acer Media yang sudah dilengkapi dengan player yang sanggup memutar file audio maupun video. Untuk memainkan file video, Anda dapat memilih ikon video dan selanjutnya Tab 101 secara otomatis men-scan seluruh koleksi video yang tersimpan.

Anda dapat memutar video berformat 3gp, avi, mp4 dan wmv hingga resolusi fullHD1080p. Namun demikian, saat PULSA mencoba memainkan video beresolusi 1080p, terjadi lag yang mengganggu. Jika Anda ingin mendapatkan kualitas gambar yang optimal, Anda dapat menggunakan video equlizer yang dapat Anda akses dengan menyentuh ikon menu.
Sementara untuk audio player, Tab 101 memasukkan lagu yang tersimpan kedalam 5 kategori yaitu artist, album, songs, playlist dan genres. Untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih mumpuni, Anda dapat mengaktifkan dolby mobile dan memilih equlizer yang sudah disediakan.


Fitur Unggulan

Acer Media, Dolby Mobile, Acer Sync, Aupeo, Clear.fi, Docs To Go, eReading, Facebook Web, Games, Kobo, Lumi Read, Media Server, Movie Studio, Multimedia, Musica, Planner, Social Jogger, Tegra Zone Games.
Selain telah dijejali dengan aplikasi native Android, Tab 101 juga telah membenamkan segudang aplikasi seperti Acer Media, Acer Sync, Aupeo, Clear.fi, Docs To Go, eReading, Facebook Web, Games, Kobo, Lumi Read, Media Server, Movie Studio, Multimedia, Music, Planner, Social Jogger, Tegra Zone Games. Sayang sekali aplikasi pendukung pekerjaan seperti Docs to Go yang disematkan Acer masih versi gratisan sehingga jika Anda ingin membuat dokumen baru atau sekadar mengeditnya, Anda harus membeli versi premiumnya terlebih dulu.

Kebanyakan aplikasi dan fitur utama yang disuguhkan oleh Acer untuk pengguna Tab 101 ini lebih menitikberatkan pada fungsi sosial dan hiburan saja. Contohnya adalah kehadiran efek audio dolby mobile serta efek tampilan pada layar yang disesuaikan dengan jenis video yang Anda putar seperti Movie, Drama,Action, Games dan sebagainya.

Benchmark

Quadrant Standard: 1580, Antutu Benchmark: 4980

Hasil test benchmark Galaxy Tab 7+ dengan menggunakan Antutu Benchmark berhasil mendapatkan skor 4980 , unggul dari Amazon Kindle Fire serta hanya kalah tipis dari LG Optimus 2X. Sementara perolehan skor benchmark yang dikumpulkan dengan Quadrant Standard Edition adalah 1580.

QuadrantQuadrant
AntutuAntutu


Kelebihan
•    Prosesor 1 Ghz Dual Core
•    Dolby Mobile
•    Video Equalizer
•    Fitur Lengkap Multimedia dan Social Network

Kekurangan
•    Layar Reflektif terhadap Cahaya
•    Tanpa Fitur Telepon
•    Kapasitas Baterai Kecil
•    Tanpa Headset

Kesimpulan

Tak seperti kebanyakan Tablet Android yang sudah lebih dulu beredar di pasaran, Acer lebih menitikberatkan produk tabletnya di sektor multimedia dan sosial. Sementara untuk urusan pengolahan dokumen yang biasanya sangat dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan tidak terlalu mendapat perhatian dari Acer.

 






No comments:

Post a Comment