Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Saturday 21 January 2012

Review Vivotek IP8332



Dari segi tampilan, Vivotek IP8332 ini mirip dengan saudaranya, IP8330. Namun ada sedikit perbedaan pada spesifikasinya. Apa sajakah itu? 
Kalau di beberapa edisi lalu, kami sempat menguji kamera IP Vivotek IP8330, kini kami berkesempatan untuk mencoba “saudara dekatnya” yang juga merupakan kamera IP kelas fixed camera (tidak dapat bergerak secara otomatis), Vivotek IP8332. Kamera IP ini memiliki tampilan serta spesifikasi yang mirip dengan IP8330, namun dengan sedikit perbedaan.
Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, kamera IP Vivotek IP8332 ini memiliki tampilan yang mirip dengan IP8330. Tak hanya mirip, tapi bisa dibilang kedua kamera IP ini memang memiliki bentuk yang sama persis dengan bentuk menyerupai tabung atau peluru dan berukuran diameter 60 mm dan panjang 170 mm. Di bagian belakang terdapat beberapa kabel (dan port) yang sayangnya, menurut kami, berukuran kurang panjang. Kamera IP ini juga dapat menggunakan kartu memori Micro SD/SDHC yang diletakkan tersembunyi di dalam bagian belakang.
Selain memiliki tampang yang sangat mirip dengan IP8330, kamera IP Vivotek IP8332 ini juga memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan saudaranya itu. Namun ada sedikit perbedaan pada beberapa aspek. Misalnya saja, kamera IP ini memiliki diafragma lensa yang sedikit lebih kecil, f/1.8 dibandingkan IP8330 yang f/1.6. Kamera IP ini juga sedikit lebih lemah pada kondisi bercahaya minim, meskipun tetap dilengkapi dengan LED inframerah (yang cukup membantu menangkap gambar dalam kondisi gelap). Namun kamera IP Vivotek IP8332 ini unggul pada resolusi gambar. Kamera ini mampu menangkap gambar dengan resolusi 1280x800  piksel, jauh lebih besar daripada IP8330 yang hanya mampu dipakai pada modus VGA.
Vivotek telah menyertakan sebuah aplikasi dalam paketnya. Aplikasi bernama Installation Wizard 2 ini berfungsi untuk mendeteksi kondisi jaringan Anda, mendeteksi kamera Vivotek yang sedang tersambung, dan sekaligus mengatur alamat IP untuk setiap kamera yang terhubung. Aplikasi ini wajib dijalankan saat Anda pertama kali memasangkan kamera IP ke jaringan untuk mendapatkan alamat IP pada setiap kamera. Setelah mendapatkan alamat IP, Anda bisa masuk ke panel kontrolnya dengan mengakses alamat IP yang sudah diberikan sebelumnya.
Panel kontrol yang dimiliki kamera IP ini terbilang cukup lengkap, namun mudah dimengerti. Setelah masuk ke panel kontrol berbasis web-nya, Anda akan langsung disuguhi tampilan kamera pada halaman utamanya. Saat melakukan konfigurasi , terdapat pilihan antara basic mode (yang menampilkan fungsi-fungsi dasar) atau advanced mode (dengan pilihan menu yang lebih lengkap dan kompleks). Beberapa pengaturan utama yang dapat dilakukan pada panel kontrol ini antara lain resolusi video, codec yang digunakan, IP, serta sistem keamanan (untuk mencegah akses yang tidak bertanggung jawab).
Kamera IP Vivotek IP8332 ini mendukung resolusi video hingga 1280x800. Kamera ini mendukung format serta codec video yang umum digunakan, seperti MPEG4 dan Motion JPEG (MJPEG). Selain itu, kamera ini juga mendukung format H264 yang lebih efisien. Juga, kamera IP ini mampu menampilkan gambar hingga 30 frame per detik. Sebagai perbandingan, Vivotek IP8330 mampu menampilkan gambar hingga 60 frame per detik, namun dengan resolusi maksimal hanya VGA.
(Theo Luckita)
****
Vivotek IP8332 menawarkan feature yang cukup menarik. Dukungan resolusi video yang tinggi, serta dukungan terhadap format-format video populer membuatnya sangat fleksibel. Kualitas bahannya juga sangat baik dan sanggup untuk penggunaan di luar ruangan.

Spesifikasi Vivotek  IP8332
Sensor
CMOS 1/4 inci
Resolusi
Maksimal 1280x800
Mode Exposure
Otomatis
Mode White Balance
Otomatis
Lensa
3,6 mm F/1.8
Audio
Tidak ada
Video
MPEG 4 Motion JPEG (MJPEG) H264
Koneksi
LAN 10/100Mbps
Bobot
702 g
Garansi
1 tahun
Situs web
Kisaran harga
US$
* Hotware Indonesia, (021) 5435-6100




Lensa
 Vivotek IP8332 ini dikelilingi oleh lampu LED inframerah yang menyala otomatis saat kondisi cahaya minim.





Tersedia
 slot kartu memori Micro SD/SDHC yang tersembut di dalam bagian belakang kamera.






Tampilan
 panel kontrol berbasis web Vivotek IP8332.



Plus     : Kualitas video bagus; mendukung H264; ada slot kartu memori
Minus : Tanpa dukungan nirkabel, pergerakan manual, slot kartu memori sulit dijangkau

Skor Penilaian
- Penggunaan    :  3,75
- Kinerja             :  3,75
- Fasilitas           :  4
- Harga               :  -
- Skor total         :  -

No comments:

Post a Comment