Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Saturday 21 January 2012

Review Vectorian Giotto



Saat membahas software pembuat animasi, kita pasti akan membicarakan Flash. Namun Vectorian Inc. membuatsoftware alternatif yang kemampuannya cukup oke dan gratis!  
Walaupun gaungnya sudah agak berkurang, animasi Macromedia Flash tetap saja merupakan favorit para desainer web dan pengembang game. Namun aplikasi ini memiliki satu kekurangan besar: harganya yang mahal.
Bayangkan, harga Adobe Flash CS5.5 bisa mencapai USD 699 atau sekitar Rp7 juta. Lalu itu dijadikan pembenaran bagi sebagian orang untuk membajaknya. “Kami kan baru belajar, masak sudah harus beli peranti lunak semahal itu?” begitu alasan yang sering terdengar.
Padahal sebenarnya ada banyak aplikasi animasi alternatif yang tidak berbayar. Salah satu alternatif terbaik adalah Vectorian Giotto keluaran perusahaan Kanada, Vectorian Inc. Yang menarik dari aplikasi ini adalah antarmukanya yang mirip dengan Adobe Flash, sehingga cocok bagi Anda ingin belajar animasi dasar terlebih dahulu sebelum bermigrasi ke Adobe Flash.
Walau berfungsi sebagai aplikasi alternatif bagi Adobe Flash, tidak berarti Vectorian Giotto kalah telak dari kompetitornya tersebut. Bahkan boleh dibilang, semua fasilitas Adobe Flash ada di sini, mulai dari berbagai perkakas gambar, layerframe, properti objek, bahkan hingga ke dukungan ActionScript.
Namun pengembang Vectorian Giotto memposisikan peranti lunak tersebut sedikit berbeda dengan Adobe Flash. Jika Adobe Flash makin lama makin bersahabat dengancoder/programmer—terlebih dengan dukungan ActionScript 3—Vectorian Giotto ini lebih diposisikan untuk desainer. Artinya Vectorian Giotto lebih cocok digunakan untuk membuat gambar bergerak; bukan game atau animasi interaktif.
Untuk makin memudahkan desainer, Vectorian Giotto telah diperlengkapi dengan berbagaieffect generator. Dengan demikian penggunanya dapat dengan mudah menciptakan berbagai efek yang cantik, unik, menarik, tanpa harus bersentuhan dengan pemrograman sedikitpun.
Satu lagi poin menarik yang bisa dikatakan keunggulan Vectorian Giotto adalah palet warna yang menurut pengembangnya “very applicable in real life”, benar-benar bisa diterapkan di kehidupan nyata. Apa alasannya? Editor palet warna di Vectorian Giotto menggunakan algoritma khusus berbasis persepsi manusia terhadap warna dan bukan menggunakan model matematis yang hasilnya dianggap kurang baik.
Format file-nya yang digunakan oleh memiliki format tersendiri yang disebut dengan Vectorian Giotto Document dan memiliki nama file dengan ekstensi .vgd. Sayang sekali format file ini tidak kompatibel dengan file .fla yang dibuat dengan Adobe Flash. Dengan demikian, Anda tidak bisa membuka file .fla dengan Vectorian Giotto. Namun bila proyek pembuatan animasi sudah selesai, animasi tersebut bisa diekspor ke format SWF (Small Web Format atau Shockwave Flash).
(Theo Luckita)
****
Dengan antarmuka yang mirip, Vectorian Giotto adalah alternatif menarik sebelum Anda mencoba Flash. Namun seperti diungkap pengembangnya, Vectorian Giotto lebih ditujukan untuk desainer; bukan programmer.

Spesifikasi Vectorian Giotto
Jenis
Freeware
Ukuran installer
8.2 MB
Situs download
Sistem Operasi
Windows 98, XP, Vista, 7




Mirip 
Antarmuka Vectorian Giotto terlihat sangat mirip dengan Flash, termasuk keberadaan panel tools di sisi kiri dan properties di bawah.



Algoritma Khusus

Palet warna ini diklaim dibuat dengan algoritma khusus berdasarkan persepi manusia terhadap warna. Jadi ketika Anda memilih sebuah warna dasar, tersedia beragam kombinasi warna padanan yang bisa digunakan.




Banyak Kombinasi 
Agar pembuatan animasi terasa lebih mudah, aplikasi ini menyediakan templateberbagai animasi yang bisa Anda pilih dan kombinasikan.




Plus     : ringan, palet warna yang lebih baik, memiliki generator efek animasi.
Minus : format file tidak kompatibel dengan Adobe Flash, dokumentasi tersedia secara online.

No comments:

Post a Comment