Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Saturday 21 January 2012

Review Linksys E4200




Di balik tampilannya yang ramping dan elegan, Linksys E4200 ini mampu menghadirkan kecepatan hingga 450 Mbps.  
Pada edisi Juni 2011 lalu, kami sempat menguji wireless router Linksys E3000 yang memiliki tampilan elegan dan memiliki kinerja cepat. Kali ini kami berkesempatan untuk menguji satu lagi varian baruwireless router keluaran Linksys, yaitu E4200.
Linksys E4200 ini memiliki tampilan yang ringkas dan sangat elegan. Permukaannya berwarna hitam polos dengan aksen garis berwarna perak serta logo Linksys di tengahnya. Logo Linksys ini merupakan lampu yang dapat menyala dan berkedip saat sedang beroperasi.
Linksys E4200 hadir dengan desain pipih yang elegan. Untuk menunjang penampilannya,wireless router ini menggunakan desain antena internal sebanyak enam buah. Namun tidak tersedia port tambahan untuk menambahkan antena eksternal.
Di bagian belakangnya, terdapat deretan port LAN dan WAN yang seluruhnya mendukung koneksi gigabit ethernet, serta satu buah port USB. Port USB ini dapat digunakan untuk memasang media penyimpanan seperti harddisk dan flashdisk. Sayangnya, port ini tidak kompatibel dengan modem USB. Wireless router ini juga menyediakan sebuah saklar on-offuntuk menghidupkan atau mematikan perangkat tanpa harus melepas adaptor daya.  
Linksys E4200 memiliki spesifikasi yang lebih superior dibandingkan E3000. Wireless router ini mendukung koneksi nirkabel dengan standar 802.11n dengan dukungan juga terhadap standar 802.11b dan 802.11g. Perangkat ini juga mendukung dua pilihan frekuensi, masing-masing 2,4 cGHz dan 5 cGHz. Keduanya bahkan bisa berjalan secara simultan. Linksys E4200 ini juga diklaim mampu menghasilkan kecepatan maksimum hingga 450 Mbps.
Dalam paketnya, Linksys telah menyertakan sebuah aplikasi yang bisa membantu Anda, khususnya pengguna awam, dalam melakukan konfigurasi. Aplikasi wizard ini akan menuntun Anda untuk mengkonfigurasi jaringan serta koneksi internet Anda hingga aktif dan dapat digunakan. Jika Anda ingin melakukan konfigurasi lebih lanjut, Anda bisa melakukannya pada panel kontrol via menu web melalui browser.
Panel kontrol web Linksys E4200 ini memiliki tampilan yang sama persis dengan milik E3000. Pada panel kontrol yang terbilang lengkap dan kompleks ini, Anda bisa mengatur berbagai konfigurasi, seperti Wifi Protected Setup (WPS), file sharing (melalui USB), firewall, frekuensi yang aktif, dan sistem enkripsi WEP, WPA, atau WPA2.
Dari sisi kinerja, Linksys E4200 ini memiliki kinerja yang baik dan cepat. Untuk menguji kinerjanya, kami mencoba mengukur throughput dan response time yang dihasilkan perangkat ini menggunakan aplikasi Chariot, dan dipasangkan dengan wireless adapter yang mendukung 802.11n.
Hasilnya, Linksys E4200 ini mampu menghasilknya throughput rata-rata sekitar 82 Mbps dengan capaian maksimal sekitar 94 Mbps. Hasil ini memang masih belum mencapai angka yang diklaim oleh Linksys, yaitu 450 Mbps. Namun capaian kecepatan tersebut sudah tergolong cepat. Sementara dari sisi response time-nya, perangkat ini juga termasuk sangat cepat dengan response time rata-rata di bawah 1 detik.
(Theo Luckita)
****
Mencari sebuah wireless router berkinerja bagus dan berpenampilan keren? Jika ya, Linksys E4200 ini adalah jawabannya. Wireless router ini mampu memberikan kinerja yang cepat dan stabil, dengan bentuk yang ringkas dan elegan. Ini membuatnya jauh dari kesan kaku dan serius.

Spesifikasi LINKSYS E4200
Standar
802.11a, 802.11b, 802.11g, 802.11n (2,4 GHz + 5 GHz)
Konektor
1 x USB, 1 x WAN, 4 x LAN
Kecepatan transfer data
Maksimal 450 Mbps
Feature
DHCP Server, WPS, MAC Address Filter, DMZ, DDNS,Firewall Enkripsi WEP, WPA, WPA-PSK, WPA2, WPA2-PSK
Bobot
452 gram
Kelengkapan
Power adapter, Kabel RJ45, CD (aplikasi dan manual) & buku panduan
Garansi
1 tahun
Situs web
Kisaran harga*
Rp1.600.000,-
* Kreasi Karyaku Mandiri, (021) 5290-3925 




Linksys E4200
 memiliki port LAN dan WAN (yang sudah mendukung gigabit ethernet), dan sebuah port USB.





Port 
USB
 yang tersedia dapat digunakan untuk melakukan file sharing dari media penyimpanan eksternal.






Linksys
 E4200 mampu memberikanthroughput yang tergolong tinggi.



 Plus     : Desain menarik; ramping; instalasi mudah; kinerja baik; dual band 2,4 GHz & 5 GHz; ada USB; tersedia aplikasi wizard
Minus : Tanpa antena eksternal; USB tidak mendukung modem; antarmuka panel kontrol agak rumit untuk awam; mahal

Skor Penilaian
- Penggunaan     : 3,75
- Kinerja               :  4
- Fasilitas            :  3,75
- Harga                :  3
- Skor total           : 3,63

No comments:

Post a Comment