Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Friday 20 January 2012

Review LG D2342P “Cinema 3D”




Tak mau kalah dengan merk lain, LG pun kini ikut bermain di pasar monitor 3D untuk PC. Hanya saja, LG menggunakan teknologi dan metode 3D yang mereka kembangkan sendiri.
Sebagai salah satu pemain utama di dunia monitor, LG juga tak ingin ketinggalan untuk meraup pasar yang segmennya tidak terlalu luas ini. Tapi berbeda dengan merk lain, LG menggunakan paten teknologi yang mereka kembangkan beberapa tahun belakangan yakni Cinema 3D. Produk Cinema 3D mereka pun sudah cukup banyak beredar. Tapi untuk segmen monitor PC, ini yang pertama.  
Mengadopsi teknologi Cinema 3D yang sudah digunakan untuk produk HDTV-nya, D2342P pun hadir dengan kacamata 3D pasif. Kacamata yang dilengkapi dengan filter khusus ini lebih ringan dan menurut kami lebih nyaman dari kacamata aktif meski  tampangnya biasa saja. Pada paket penjualannya, Anda akan mendapatkan satu buah kacamata 3D dan sebuah clip-on lensa bagi Anda yang menggunakan kacamata.
Beralih ke monitornya sendiri, D2342P memiliki tampang “bersih”. Hanya logo LG dan tombolpower menyala berwana biru yang menjadi aksen pemanis. Casing-nya tampil hitam mengilap, termasuk tombol-tombol pengaturan yang berjejer di sebelah tombol power. Bagusnya, ketika kami melongok ke belakang, kami menemukan jenis input yang lengkap (D-Sub, DVI, dan HDMI).
Layarnya yang mampu menampilkan tampilan 3D ini memiliki ukuran 23 inci dan resolusi Full-HD. Secara teori, metode yang digunakan LG untuk menampilkan 3D adalah metode polarisasi, sebuah metode yang sudah lama digunakan di teater atau bioskop 3D. Namun implementasi pada LG sepertinya sudah lebih baik dan disempurnakan agar bisa hadir maksimal terutama untuk produk HDTV atau monitor ini.
Pada LG D2342P, Anda bisa mengaktifkan modus 3D melalui menu di monitornya. LG mendukung beberapa jenis standar tayangan 3D seperti side-by-side atau top-bottom. Sayangnya, feature 3D ini hanya aktif kalau Anda menggunakan koneksi HDMI. Ketika kami coba menggunakan koneksi DVI, 3D Mode pada menu di monitor sama sekali tidak bisa diaktifkan. Lain halnya dengan software TriDef 3D yang disertakan. Menggunakan software ini, dengan koneksi D-Sub pun Anda bisa menikmati video, gambar, maupun game dalam tampilan 3D.
****
Kalau selama ini pasar monitor 3D dihiasi oleh monitor yang menggunakan 3D Vision milik nVidia, pilihan alternatif dari LG ini terlihat menarik. Selain metodenya lebih ramah pengguna (kacamata yang ringan dan tidak berkedip), harganya juga relatif lebih murah. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mencoba sesuatu yang baru dan sudah bosan dengan monitor biasa, bisa mempertimbangkan untuk memiliki D2342P.
 Spesifikasi LG Flatron D2342P
Ukuran layar
23” (wide 16:9)
Resolusi
1920x1080 pixel @60Hz
Contrast ratio
5.000.000:1 (dinamis)
Brightness
250 cd/m2
Response Time
5 ms
Sudut Pandang (horizontal/vertikal)
170/160 derajat
Konektor
Input D-Sub, DVI-D, HDMI
Lain-lain
3D Mode
Dimensi dengan penyangga (plt)
54,6 x 17,9 x 40,7 cm
Daya Listrik Max (aktif/standby/saving)
39/-/- watt
Bobot (net)
3,5 kg
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp4.200.000
* LG Electronics Indonesia, (021)5366-0309/5366-0789

Port 
Koleksi port input yang lengkap






Kacamata 
Paket penjualannya menyertakan bundel kacamata 3D


Plus     : Tampilan 3D, koneksi lengkap, harga relatif lebih murah untuk monitor 3D
Minus : Filter polarisasi agak mengganggu tampilan 2D dari jarak dekat, tampilan hasil TriDef 3D tidak sebaik menggunakan mode 3D langsung pada monitor.

Skor Penilaian 
- Kinerja            : 4
- Fasilitas          : 4,25
- Kemudahan   : 3,75
- Harga             : 3,5
- Skor Total      : 3,88

No comments:

Post a Comment