Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Friday 20 January 2012

Review Epson L200



Feature FIT didisain untuk memudahkan pengguna mengisi ulang tinta dan dan memudahkan pengguna membawanya dalam perjalanan.  
Jika Anda merasa “tanggung” memiliki Epson L100 karena hanya berfungsi sebagai printer, Epson menyediakan pula seri L200 yang memiliki fungsi tambahan berupa mesin fotokopi (copier) dan juga pemindai (scanner).
Epson L200 memang dihadirkan berbarengan dengan L100 yang merupakan inovasi dari Epson dalam memperkenalkan perangkat cetak yang memiliki sistem tinta infus.
Meski menggunakan sistem infus, bukan berarti Anda bisa sebarang memasang jenis tinta. Anda harus mengggunakan tinta resmi Epson dengan memasukkan nomor seri yang tertera pada setiap botol isi ulang.
Bermodalkan 4 tanki tinta CYMK berukuran masing-masing 70 ml, tintanya diklaim mampu mencetak hingga ribuan lembar, lebih banyak dibanding perangkat inkjet lain.
Sama dengan L100, L200 juga dipersenjatai dengan feature FIT (Fast Ink Top-Up Technology). Dengannya Anda akan mendapatkan kemudahan saat mengisi ulang tinta agar langsung bisa digunakan secara optimal dan tidak mudah tumpah.
Selain sebagai printer, L200 juga menyertakan fungsi scanner dan copier yang menurut kami hanya merupakan fasilitas tambahan saja. Hal ini tercermin dari minimnya fasilitas pendukung yang disertakan. Contohnya, saat berfungsi sebagai copier, Anda tidak akan menemukan tombol untuk mencetak beberapa lembar sekaligus. Yang ada hanya tombol OK saja. Fasilitas standar seperti pengecilan atau pembesaran juga tidak ada. Begitu pula saat perangkat ini berfungsi sebagai scanner yang sepenuhnya dijalankan hanya melalui aplikasi bawaan.
Menilik kinerja sebagai printer, L200 mampu mencetak dokumen berbasis teks hitam maupun warna dengan baik. Teks tercetak rapi dan tidak menghasilkan rembesan tinta. Tapi hal ini berbeda jika Anda mencetak dokumen berbasis gambar. Hasil cetak terlihat kurang tajam dengan sedikit terlihat garis-garis halus pada tiap gambar. Hal ini tetap terlihat meski kami sudah mencoba melakukan proses maintenance, mulai dari head cleaningprint head alignment hinga nozzle check. Namun dengan seringnya printer ini digunakan untuk mencetak, perlahan hasilnya menjadi lebih baik.
Proses copy dan scan berjalan lancar dengan hasil yang tergolong biasa. Anda akan mendapati hasil yang sedikit lebih gelap. Kelemahan lain dari semua fungsi tadi yaitu waktu proses yang lama. Anda mesti bersabar jika hendak melakukan ketiga fungsi tadi, apalagi jika dokumen yang ada berjumlah banyak. 
****
Kami tetap melihat fungsi utama dari Epson L200 adalah sebagai printer namun dengan tambahan fungsi scanner dan copier. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada, Epson L200 tetap merupakan produk mumpuni bagi pengguna rumahan, kantor hingga usaha rental (yang membutuhkan perangkat dengan kemampuan cetak hingga ribuan lembar namun tetap irit biaya operasional).

TABEL UJI
Kecepatan cetak
5 lembar
FPOT (1 lembar)
Teks mono (rtf)
1 menit 52 detik
25 detik
Teks warna (rtf)
5 menit 20 detik
1 menit 6 detik
Teks+grafis (pdf)
7 menit 3 detik
1 menit 31 detik
Gambar A4
13 menit 48 detik
2 menit 57 detik
Kecepatan copy
Teks mono (rtf)
46 detik
13 detik
Teks warna (rtf)
2 menit 19 detik
30 detik
Teks+grafis (pdf)
3 menit 43 detik
38 detik
Gambar (jpg)
-
-
Kecepatan scan
Foto A4 (300dpi)
-
1 menit 7 detik
Foto A4 (600dpi)
-
3 menit 11 detik

Spesifikasi Epson L200
Teknologi cetak
Inkjet warna
Jumlah tinta
tangki (black, cyan, magenta, yellow)
Resolusi maks.
5760x1440 dpi
Kapasitas kertas (input/output)
100/50 lembar
Jenis kertas
Plain/glossy/premium/matte
Sebagai SCANNER
Teknologi
Flatbed
Resolusi optis
600x1200 dpi
Kedalaman warna
Input 36-bit/output 24-bit
Sebagai COPIER
Pengecilan/perbesaran
Tidak ada
Resolusi (maks.)
600x1200 dpi
Fasilitas copy
Standard copy mode
SPESIFIKASI UMUM
Koneksi
USB2.0
Dukungan kartu memori
Tidak ada
Sistem operasi
Windows XP/XP Professional x64 Edition/Vista/7
Bobot
4,3 kg
Dimensi (plt)
50,8x15,1x30,4 cm
Konsumsi listrik
(off/sleep/ ready/active)
0,6/1,7/3,5/12 watt
Situs Web
Harga kisaran*
Rp1.600.000
Harga tinta perbotol*
Rp65.000
*Epson Indonesia, (021) 572-3161


Cartridge 
terpisah 
Tinta mandiri yang terpisah dari cartridgeakan mengalir dari tangki menggunakan selang khusus.




Bisa dibuka Tempat penampung tangki tinta ini bisa dibongkar pasang guna memudahkan instalasi, Agar tidak tercecer saat dibawa kala bepergian terdapat tombol pengunci.




Nomor seri 
Saat pengisian ulang tinta, Anda mesti mengaktifkan nomor seri yang terdapat pada botol tinta isi ulang melalui aplikasi.



Plus     : Sistem tinta infus; kapasitas tangki tinta besar dan ekonomis; mampu mencetak hingga ribuan lembar; bonus 2+4 tinta hitam dan warna.
Minus Feature minimalis; lambat.

Skor Penilaian 
Kinerja            :  3,75
- Fasilitas          :  3,25
- Kemudahan    :  4
- Harga             :  4,5
- Skor total       :  3,8

No comments:

Post a Comment