Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Review Samsung ST100

Fotografi Seru dengan DualView
Aktivitas memotret Anda akan menjadi lebih menyenangkan dengan cara yang tidak biasa.
Meneruskan seri kamera dengan layar LCD gandanya, Samsung menghadirkan model ST100 dan juga ST600 dengan tambahan penyempurnaan. Keduanya sama-sama menawarkan resolusi maksimal 14 megapixel dan feature unik DualView LCD. Feature ini akan memudahkan pemotretan pribadi. Seri ST100 merupakan seri entry level, dengan lensa dalam bodi yang membuat kamera tampak lebih langsing. Sementara ST600 memiliki keunggulan pada sudut lensa lebih lebar dan setting manual yang lebih lengkap. 
Bagaimana pun juga inovasi dual LCD memang menyenangkan karena memungkinkan pengguna bisa dengan mudah memotret dirinya sendiri dengan hasil yang bisa diperkirakan. Saat kamera dihadapkan ke wajah sendiri, pengguna cukup mengetuk layar kecil 1,8” di depan kamera untuk memunculkan preview wajahnya. Cara ini akan meminimalkan kurang fokusnya foto atau kesalahan posisi/area yang biasanya terjadi pada kamera biasa. Prinsip pemotretannya persis seperti memotret dengan kamera ponsel dengan kamera ganda (depan-belakang).
Dibandingkan seri terdahulu (ST50), ST100 mungkin tampak sedikit lebih tebal. Namun kami akui bahwa adanya perbaikan di sana-sini memang membawa perubahan. Beberapa feature terdahulu juga tetap tersedia seperti akses layar sentuh yang meminimalkan tombol di tubuh kamera, navigasi ala gesture yang nyaman seperti merotasi atau memilih foto, dan teknologi pendukung fotografi seperti face detection hingga filter untuk membuat foto kreatif. Kamera ini juga bisa menyimpan 20 wajah pilihan yang akan diutamakan fokusnya agar tampil lebih “berkilau” di antara foto wajah lainnya. Identifikasi setiap wajah ini dapat disimpan dalam album untuk memudahkan mencari foto orang yang dimaksud, bukan berdasarkan file per file.
Khusus untuk pemotretan yang memanfaatkan layar depan, ST100 menyediakan tombol shortcut F.LCD di bagian atas. Saat tombol ini diaktifkan, layar utama (belakang) akan memunculkan pilihan untuk memudahkan memotret sendiri, anak-anak, pasangan, dengan aba-aba khusus. Untuk anak-anak, cara ini akan membuat mereka mudah menghadap kamera berkat munculnya badut lucu bersuara di layar depan, cocok untuk memotret anak aktif yang sulit diajak berfoto. Yang unik adalah keberadaan feature aba-aba khusus yang disebut Jump Shot. Apakah maksudnya? Rupanya fasilitas ini berguna untuk memotret aksi tertentu. Misalkan saat kita ingin memotret foto beradegan melompat, di layar depan akan muncul angka hitung mundur yang dapat dijadikan ancang-ancang kita beraksi di depan kamera. Cukup unik bukan?
***
Seperti halnya kamera kompak lain, ST100 unggul dalam hal kemudahan pakai yang praktis saja. Untungnya rangkaian feature unik yang dimilikinya menjadikan ST100 tampil berbeda dan juga menyenangkan. Beberapa kelemahan mulai dari grip yang licin, stabilisasi gambar yang kurang optimal, atau noise yang cukup mengganggu di ISO tinggi memang tetap terasa. Namun kami anggap keunggulannya jauh lebih menarik dibandingkan kekurangan yang ada. (Deny Prasetyo)

Spesifikasi Samsung ST100
Resolusi Pixel
14,2 megapixel
Resolusi Foto (min/max)
1024x768 / 4320x3240 pixel
Resolusi Video (min/max)
320x240 / 1280x720 @ 15/30 fps
Media Perekam
Internal 30MB & microSD
Format File (gambar/video/audio)
JPEG/MP4/AAC
Ukuran lensa ekivalen-35mm
35-175 mm
Aperture setting
f/3.6-4.8
Ekivalen ISO
80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Zoom
5x optical, 5x digital
Kecepatan shutter (detik)
8 - 1/2000
Fokus terdekat terbaik (makro)
5 cm
Viewfinder
Tidak ada
Diagonal LCD
3,5 inci (belakang) & 1,8” (depan)
Koneksi komputer
USB, AV, HDMI 1.4 (via kabel adapter)
Tipe baterai/isi ulang
Lithium Ion 740mAh/ Ya
Charger baterai
Ada
Dimensi (plt)
10x6x2 cm
Bobot (gram)
135 (dengan baterai dan kartu memori)
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp 3.800.000,-
* Samsung Indonesia, (021) 5299-1777 

Face List
ST100 dapat menyimpan hingga 20 wajah untuk didaftar. Daftar ini bisa menjadi acuan untuk mencari foto seseorang dan membuatnya tampil lebih dominan di foto berikutnya.




LCD Depan Tampilan menu F.LCD untuk mengaktifkan feature fotografi yang memanfaatkan layar depan. Lewat fungsi ini, proses memotret anak-anak dan aksi tertentu akan menjadi lebih menyenangkan.




Perbaikan Foto
Jika ingin lebih kreatif, ST100 menyediakan beberapa fungsi editing untuk membuat foto dengan efek atau gaya yang lebih berseni. Fungsi editing sayangnya ini tidak berlaku pada rekaman video.



 

Plus     : Mudah dipakai; dual view; feature fotografi menarik; rekam video HD; perbaikan kualitas foto; ada sensor gerak.
Minus : Grip licin; banyak noise di ISO tinggi; penstabil gambar kurang optimal.
Skor Penilaian
- Kinerja               : 4,2
- Fasilitas            : 4,3
- Penggunaan    : 4,5
- Harga                : 3,5
- Skor Total         : 4,15

No comments:

Post a Comment