Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Review Samsung EX1

Layar AMOLED-nya Bisa Dilipat
Samsung EX1 ini merupakan salah satu produk kamera digital terbaru Samsung di kelas prosumer.
Kamera ini secara langsung menantang kamera digital lain di kelasnya seperti Canon Powershot G11 dan Panasonic Lumix LX3. Agar mampu bersaing, tentunya Samsung EX1 ini telah menyiapkan beberapa feature andalannya. Kami berkesempatan mencoba kamera digital ini dan merasakan kinerjanya.
Berstatus sebagai kamera prosumer, Samsung EX1 ini memiliki bentuk yang tergolong kompak. Bentuknya masih menyerupai kamera digital saku lainnya, hanya saja bentuknya lebih besar dan tebal. Bobot kamera ini juga cukup berat karena lapisan luar bodinya terbuat dari logam. Beratnya yang sekitar 300 gram ini membuatnya cukup mantap saat dalam genggaman tangan.
Di sisi depan kanan terdapat sebuah tonjolan yang berfungsi sebagai grip untuk memegang kamera ini. Grip-nya memang tidak besar, namun saat dipegang terasa cukup mantap karena dilengkapi juga dengan lapisan karet. Di bagian grip ini juga terdapat sebuah kenop dial kecil yang berfungsi untuk mengatur kecepatan rana. 
Melongok ke bagian atas Samsung EX1 ini, terdapat beberapa bagian yang mengendalikan kamera ini. Terdapat dua buah knop putar, yang satu untuk memilih modus pengambilan gambar (PASM), sedangkan yang satunya berfungsi untuk mengatur pengambilan gambar secara single shot, continous, timer, dan bracketting. Tombol power juga berada di knop putar kedua ini. Lalu di bagian tengahnya terdapat sebuah hot shoe untuk memasang flash eksternal. Kamera ini juga memiliki flash internal. Letaknya tersembunyi di bagian kiri atas kamera.
Di bagian belakangnya, terdapat cukup banyak tombol-tombol untuk melakukan pengaturan seperti mengaktifkan flash, mengatur ISO, dan mengaktifkan modus makro. Terdapat juga sebuah tombol untuk langsung merekam video. Tombol-tombol tersebut dikelompokkan dan diletakkan di sisi belakang kanan kamera. Peletakkannya juga cukup mudah dijangkau oleh jari jempol kanan.
Layar LCD yang ada di kamera ini berukuran cukup besar, yaitu 3 inci. Menariknya, layar LCD ini dapat diputar-putar karena memiliki sebuah engsel di sisi kirinya. Layar yang bisa diputar-putar ini membuat pengambilan gambar dari sudut sulit menjadi lebih mudah. Kualitas layarnya juga sangat baik karena menggunakan teknologi AMOLED yang menjadi teknologi khas Samsung. Layar ini memiliki kecerahan warna yang sangat baik termasuk saat di luar ruangan.
Kamera Samsung EX1 ini memiliki sensor yang tergolong besar untuk kamera saku yaitu sebesar 1/1,7 inci. Sensor CCD yang dimiliki ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 10 megapiksel. Aspect ratio gambar dapat dipilih dari 4:3 dan 16:9. Ssayangnya tidak tersedia pilihan 3:2. Pilihan sensitivitasnya dapat dipilih mulai dari ISO 80, hingga ISO 3200.
Samsung EX1 memiliki lensa yang sangat cepat. Lensa pada kamera ini memiliki rentang mulai dari 24 mm hingga 72 mm (ekivalen dengan kamera 35 mm). Selain itu tersedia juga zoom digital sebanyak 3x. Lensa kamera ini memiliki rentang diafragma yang tergolong lebar, mulai dari f/1.8 hingga f/2.4. Diafragma lebar dapat menangkap lebih banyak cahaya sehingga kecepatan rana dapat lebih cepat dan hampir tak bergoyang. Untuk membantu mengurangi getaran, lensa ini juga telah dilengkapi dengan penyetabil gambar.
Kamera ini dapat mengatur white balance dengan fleksibel. Terdapat beberapa preset white balance untuk beberapa macam situasi. Bahkan Anda dapat pula memasukkan custom white balance apabila pilihan yang tersedia belum memuaskan Anda. Sebagai tambahan, terdapat juga feature Smart Filter yang memberikan efek-efek tertentu langsung dari kamera. Terdapat tiga buah efek yang disediakan, miniature, vignette, dan fish eye.
Diafragma lensa yang besar membuat Anda tidak perlu buru-buru menaikkan ISO saat kondisi cahaya mulai menurun. Hasil foto pada ISO 400 dan ISO 800 tergolong baik. Foto pada ISO 1600 mulai dipenuhi noise, namun masih bisa untuk digunakan untuk ukuran kecil. Kami tidak merekomendasikan penggunaan ISO 3200 karena detail foto akan berkurang sangat banyak, dan terjadi pergeseran warna yang sangat jauh.
***
Samsung EX1 terasa menyenangkan saat digunakan. Memang memerlukan sedikit penyesuaian saat pertama kali menggunakannya, terutama saat menggunakan kenop dial di depan dan di belakangnya. Namun, hasil fotonya terbilang baik. Secara keseluruhan Samsung EX1 ini merupakan kamera saku yang baik dan mampu memberikan hasil foto yang baik pula.
Spesifikasi Samsung EX1
Resolusi
10 megapiksel
Resolusi Foto (min/max)
1024 x 768 / 3648 x 2736 piksel
Resolusi Video (min/max)
320 x 240 @ 30 fps / 640 x 480 @ 30 fps
Media Perekam
SD/SDHC
Format File
RAW, JPEG, MOV (Video)
Ekivalen ISO
ISO 80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Kecepatan shutter (detik)
16 - 1/1500, bulb
Viewfinder
-
Diagonal LCD
3 inci
Koneksi komputer
USB
Tipe baterai/isi ulang
Samsung SLB-07A / Ya
Battery charger
Ada
Dimensi (plt)
11,4 x 6,3 x 2,9 cm
Bobot (gram)
386 gram (tanpa lensa)
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Belum diketahui
* Samsung Electronics Indonesia
* (021) 5299-1777
Layar
Layar lipat ini menggunakan jenis AMOLED yang berkualitas tinggi.






Modus
Terdapat modus PASM yang memungkinkan penggunanya lebih kreatif dalam mengambil foto.





Flash
Flash kamera ini cukup kecil dan tersembunyi di pojok kiri kamera.




 

Plus     : Sensor besar, ringan, layar lipat, LCD AMOLED, ISO 3200, kualitas foto baik.
Minus : Hasil foto di ISO 3200 kurang baik, video belum HD
Skor Penilaian
Kinerja             : 3,75
Fasilitas            : 4
Penggunaan      : 3,75
Harga               : -
Skor Total        : -

No comments:

Post a Comment