Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Kodak EasyShare M381



Dari masa ke masa, konsumen kamera digital bisa merasakan sendiri bahwa perkembangan teknologi kamera telah makin memanjakan pemakainya. Hal ini bisa terlihat dari bermacam kemudahan yang ditawarkan kamera.
Tujuannya adalah mendapatkan hasil foto yang keren tanpa harus dipusingkan dengan setting manual pada kamera.
Kemudahan ini semakin tampak pada model-model kompak yang memang dirancang untuk pengguna pemula, seperti halnya EasyShare M381 dari Kodak ini.
M381 tampil dalam wujud persegi empat. Tombol kontrol dan desain bagian lainnya ditempatkan sedemikian rupa sehingga kamera bertebal 2 cm ini tetap menarik. Perancangnya sengaja memisahkan beberapa tombol fungsi agar pengguna lebih mudah memakainya, seperti tombol lampu blitz dekat power atau tombol khusus “Share” untuk berbagi hasil foto-video dari kamera. Lensa pada kamera yang terlihat amat besar ini mampu melakukan zoom optis hingga 5x, namun jeleknya zoom ini terlihat tidak mulus (perbesaran bertingkat) saat berada dalam modus rekam video.
Jika senang dengan kepraktisan untuk mendapatkan yang terbaik, produk ini cocok untuk Anda. Pasalnya kamera ini menawarkan feature andalan Smart Capture. Sistem ini akan mengatur konfigurasi bidikan secara otomatis berdasarkan kondisi yang terdeteksi oleh kamera. Akibatnya, pemakai amatir akan bisa menghasilkan foto yang bagus meski ia memotret secara asal-asalan. Misalkan saja ia memotret orang dengan latar belakang cahaya terlalu terang di bagian belakang (sehingga menghasilkan wajah yang gelap). Untuk mengatasi hal ini, sistem Smart Capture akan mengaktifkan anti “backlight”, mengatur besaran ISO, dan juga mengolah gambar dengan menekan noise dan meningkatkan area gelap. Hasilnya, foto akan tampil lebih bagus layaknya jepretan profesional.
Ditilik dari fasilitas yang ditawarkan sendiri, M381 memang sengaja dibuat serba gampang dipakai. Ini terbulti dengan tersedianya modus bidik terpilih yang memandu pemakai memotret sesuai situasi. Selain 18 skema foto, ditawarkan pula pilihan mode bidik sport, pereduksi blur, dan program (P). Sayangnya, modus pemotretan P hanya menyediakan kontrol manual yang amat sedikit.
***
Bagaimana pun juga, penggunaan M381 untuk memenuhi kebutuhan fotografi instan memang menyenangkan. Pengguna tak perlu payah melakukan setting meski pilihan ini tersedia. Sayang modus bidik Blur Reduction tak didukung penstabil gambar optis yang mantap sehingga seringkali foto masih terlihat kabur, terutama pada kondisi remang-remang. Jika yang Anda cari adalah kamera praktis yang menawarkan kualitas image yang cukup bagus, M381 layak dilirik dan tidak akan mengecewakan. (Deny Prasetyo)

Spesifikasi Kodak EasyShare M381
Resolusi Pixel
12,4 megapixel
Resolusi Foto (min/max)
1280x960 / 4000x3000 pixel
Resolusi Video (min/max)
320x240 / 640x480 @ 30 fps
Media Perekam
Internal 32MB & SD/SDHC
Format File (gambar/video/audio)
JPEG/AVI/WAV
Ukuran lensa ekivalen-35mm
35-175 mm
Seting aperture
f/3.0-4.8
Ekivalen ISO
64, 100, 200, 400, 800, 1600
Zoom
5x optical, 5x digital
Kecepatan shutter (detik)
8 – 1/1400
Fokus terdekat terbaik (makro)
10cm
Viewfinder
Tidak ada
Ukuran LCD
3 inci
Koneksi komputer
USB
Tipe baterai/isi ulang
Lithium Ion 1150mAh / Ya
Baterai charger
Ada
Dimensi (plt)
10,2x5,8x2 cm
Bobot (gram)
158 (dengan baterai dan kartu memori)
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp2 juta
* Kusumomegah Jayasakti (PROCOM), (021) 633-9360
* Minggu pertama Februari 2010



Lampu blitz
Tombol akses Blitz di sebelah power On/Off memudahkan pengguna mengganti pilihan modus lampu kilat dengan cepat.

 


Tombol
Panel belakang kamera yang mudah dipahami dan terasa nyaman ditekan.









Feature Perfect
Feature Perfect Touch mampu mengolah foto agar tampil lebih tajam dan cerah dibandingkan sebelumnya. Perhatikan bagian sebelum (Before) dan sesudahnya (After).





Plus     : Mudah dipakai; ada feature fotografi pintar; modus panorama bagus; ada fasilitas perbaikan foto.
Minus : Grip licin; jeda bidik lama; banyak noise di ISO tinggi; charger harus ke kamera.
Skor Penilaian
Kinerja               : 3,75
Fasilitas            : 3,75
Penggunaan    : 4,5
Harga                : 4,5
Skor Total         : 4,05

No comments:

Post a Comment