Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 19 December 2011

Canon Legria HF-S11



Belum lama berselang, Canon telah memerkenalkan jajaran camcorder segmen high-end mereka yang mendukung rekaman Full-HD. Legria seri HF-S11 ini menjadi salah satu dari jajaran produk tersebut yang datang ke lab kami.
Perekam berteknologi kompresi AVCHD ini merupakan penerus Legria HF-S10 yang lebih dulu hadir, namun kini dengan beberapa upgrade seperti kapasitas harddisk yang menjadi 64 GB (32 GB pada HF-S10), modus stabilisasi tipe baru, dan sistem Nightscene yang juga segar. Jadi bisa dibilang bahwa HF-S11 mengalami perbaikan yang cukup lumayan dibandingkan seri terdahulu.
Legria HF-S11 (sebagai informasi, di pasaran Amerika seri Legria dikenal juga dengan nama Vexia) menempatkan sensor CMOS Full-HD untuk bisa menangkap video hingga resolusi 1920x1080 pixel dan menghasilkan foto hingga ukuran 8 megapixel. Dengan alasan untuk lebih mampu menyimpan data dalam ukuran besar inilah, Canon meningkatkan ruang penyimpanan di dalamnya. Akibatnya, produk ini mampu merekam video pada bitrate tertinggi 24 mbps selama 6 jam, dan bahkan hingga 24 jam pada modus  LP. Sangat lama bukan?
Untuk mendapatkan hasil rekaman semantap mungkin, Canon mengimplementasikan filter warna utama RGB yang memecah warna dalam 3 bagian (merah-biru-hijau) serta prosesor DIGIC DV III untuk mengolah image agar didapatkan citra yang bersih dan tajam. Feature Face Detection yang mampu mengenali hingga 35 wajah seligus dalam sebuah frame juga membantu Anda mendapatkan hasil rekam wajah orang dengan tepat tanpa harus “terkotori” warna background. Cara ini banyak dipakai kamera digital.
Pengoperasian HF-S11 sebenarnya cukup menyenangkan dengan panel yang mudah dipahami dan tombol jog dial yang tergolong nyaman. Namun ada baiknya pengguna membiasakan diri dengan penekanan jog dial ini agar berfungsi tepat. Camcorder ini juga menyimpan banyak feature foto dan video menarik dalam menunya mulai dari pilihan frame rate, image stabilizer, panduan fokus, hingga penentuan Custom Key. Namun jika Anda tak mau pusing dengan pilihan ini, silahkan gunakan modus otomatis, terutama pada aktivasi Dual Shot yang membolehkan Anda langsung memotret atau merekam video.
***
Sebenarnya secara keseluruhan Legria HF-S11 yang tampaknya dikunci ke sistem PAL ini sudah sangat menyenangkan. Namun demikian masih terdapat beberapa kelemahan. Kelemahan pertama terletak pada kemampuan rekam saat cahaya remang-remang (dalam Nightscene mode). Saat pengujian, rekaman malam hari yang kami coba ternyata tidak berbeda jauh dengan camcorder generasi sebelumnya. Kedua, prosesi preview kami anggap tak terlalu nyaman atau mulus meskipun camcorder memiliki feature OIS (Optical Image Stabilization). Bagaimanapun juga kelemahan minor ini masih belum menggeser banyak keunggulan lain yang terdapat dalam produk ini. (Deny Prasetyo)


Port Output
Rangkaian output meliputi component, USB, dan HDMI yang terbilang cukup lengkap untuk koneksi ke beragam player dan juga komputer.

 


 Kontrol
Tombol panel di sekeliling layar 2,7” mudah dipahami. Keberadaan jog dial dan tombol fungsi membuat akses menu/fungsi jadi lebih mudah.

 



Ghosting

Efek citra berganda (ghost) akan muncul jika pengguna memaksa memotret obyek yang bergerak cepat tanpa blitz.


 
Spesifikasi Canon Legria HF-S11
Fungsi
Camcorder dan kamera
Resolusi foto (min/max)
640x480/3264x2456 pixel
Resolusi video (min/max)
1440x1080/1920x1080 pixel @ 30fps
Tipe koneksi
USB, A/V, HDMI
Memori (internal/eksternal)
64 GB / SD-SDHC
Zoom
10x (optical)
Layar
LCD Color 2,7" widescreen
Tipe baterai/isi ulang
Li-ion Battery 890 mAh / Ya
Format Video
MOV
Format foto
JPEG
Dimensi           
13,6x6,9x7 cm
Bobot (tanpa baterai)
450 gram
Kelengkapan lain
-Adaptor
-Remote
-Kabel A/V dan USB
-Software pendukung
Garansi
1 tahun
Situs Web
www.canon.com
Harga kisaran*
Rp20.500.000
* Diperoleh dari Datascrip, (021) 654-4515/6760
* Minggu pertama Januari 2010
Plus     : Kompak dan user friendly; feature melimpah; dukungan Full-HD;.
Minus : Tombol dial terkustomasi kurang nyaman; feature OIS kurang optimal; harga mahal.
Skor Penilaian
-Kinerja              : 4,2
-Fasilitas           : 4,5
-Kemudahan    : 4,5
-Harga               : 1,5
Skor Total         : 3,81

No comments:

Post a Comment