Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Friday 29 November 2013

Volkswagen Luncurkan Aplikasi Smartphone untuk Ciptakan Musik dari Gaya Mengemudi

Untuk semakin memperkaya pengalaman pengemudi mobil besutannya mendapat hiburan saat tengah mengemudi, perusahaan mobil asal Jerman, Volkswagen, meluncurkan sebuah aplikasi smartphone terbaru. Bekerja sama dengan grup musik tari asal Inggris, Underworld, VW menciptakan sebuah aplikasi yang bisa menciptakan musik berdasarkan gaya mengemudi seseorang.

Volkswagens-music-creating-app

Jika selama ini gaya mengemudi banyak dipengaruhi oleh musik yang didengar saat mengemudi, maka aplikasi dari VW ini akan membalik kebiasaan tersebut. Dengan aplikasi ini cara mengemudi seseorang tidak akan diatur oleh musik melainkan seseorang bisa menciptakan musik sendiri berdasar pada gaya mengemudinya sehingga musik yang keluar di sistem audio mobil akan sesuai dengan mood Anda saat itu juga.
Aplikasi ini akan menciptakan musik secara real-time dimana aplikasi akan membaca bagaimana dan dimana Anda mengemudi. Aplikasi akan mengumpulkan data saat smartphone pengemudi, dalam hal ini disebutkan bahwa iPhone-lah yang bisa digunakan, yang dihubungkan ke komputer di aplikasi VW Golf GTI yang tersedia di komputer on-board dalam mobil,  dimana data yang dibutuhkan diambil dari kecepatan mesin, RPM mesin, kecepatan setir, G-force, lokasi dan sebagainya sehingga bisa tercipta sebuah musik secara live. Data tersebut kemudian diproses dengan mengombinasikan akselerometer, giroskop, mikrofon, GPS dan sensor lainnya yang ada di iPhone. Selanjutnya, semua data yang terkumpul akan disaring dan dihaluskan sebelum digunakan untuk menciptakan nada dan musik yang menarik.

volkswagens-music-creating-app-1

Aplikasi ini memanfaatkan bahasa program musik PD (Pure Data) untuk menghasilkan musik dan efek live sehingga Anda bisa menciptakan musik yang unik dan tentunya orisinil, saat mengemudi secara langsung. Namun sayangnya, saat ini aplikasi ini belum tersedia untuk umum dimana Volkswagen pada awalnya hanya menggunakannya dalam sebuah kompetisi di mana pengemudi dapat memenangkan kesempatan untuk membuat track mereka sendiri pada sebuah acara khusus.

No comments:

Post a Comment