Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Thursday 7 November 2013

Sistem Blokir Malware Otomatis Sedang Diuji di Google Chrome

logo-chrome-baru

Sebuah browser Google Chrome versi pengembang akan secara otomatis memblokir malware yang mencoba menyerang, saat pengguna berselancar internet maupun mengunduh file. Bahkan, Google mengklaim, sistem anti-malware sudah tidak bisa lagi mendeteksi malware karena memang telah terblokir secara otomatis.

Chrome yang disebut sebagai versi “Canary” ini masih dalam tahap pengujian awal oleh para pengembang. Seperti halnya software antivirus, browser tersebut nantinya akan memberitahu peringatan kecil ke pengguna di area tampilan download bahwa Google telah mencegah file yang berisi malware. Kemampuan “Safe Browsing” Chrome tersebut mampu memblokir malware yang berasal dari 10 ribu website baru tiap harinya.
Secara otomatis, sistem download di Google Chrome tersebut akan memblokir malware “tradisional” yang seringkali lolos dari pengawasan antivirus dan pengguna file tanpa sadar telah mengunduh file dianggap aman-aman saja. Kemungkinan besar, pengguna Chrome versi ini tidak bisa lagi membuat pilihan, apakah mereka mau mengunjungi website dan mengunduh file yang terindikasi memuat malware di dalamnya.

Google Chrome

Pada Mei lalu, NSS Labs sempat menguji kemampuan keamanan anti-malware lima browser terkemuka terhadap 754 malware. Hasilnya, browser besutan Microsoft, IE 10 berada di posisi puncak yang mampu memblokir 99,98 persen dari malware tersebut. Sementara itu, Google berada di posisi kedua sebesar 83,16 persen, Safari 10,15 persen, Firefox 9,9 persen, dan Opera berada di bawah 2 persen dari 754 malware yang ada.

Teknologi otomatis anti-malware ini, sebenarnya di satu sisi bisa menjadi dilema, khususnya bagi pengguna yang suka mengunduh aplikasi termasuk game bajakan. Umumnya, aplikasi bajakan tersebut membutuhkan semacam “crack” agar bisa dijalankan normal layaknya versi original. Namun banyak file crack tersebut malah terdeteksi sebagai virus oleh software anti-virus, meski file-nya telah berhasil diunduh oleh melalui browser.

No comments:

Post a Comment