Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Wednesday 27 November 2013

Ratusan Karyawan Nokia di Cina Lakukan Aksi Mogok

Ratusan karyawan Nokia di Dongguan, Cina menggelar aksi mogok dan demonstrasi pada pekan lalu. Mereka menentang adanya berbagai perubahan di struktur pekerja setelah bisnis ponsel Nokia dijual ke Microsoft senilai US$ 7 miliar.

Nokia Cina

Pekerja tersebut diminta untuk menandatangani kontrak baru yang dinilai merugikan pekerja. Padahal, masa kontrak kerja mereka terhitung masih lama. Mereka juga akan tetap melanjutkan aksinya mogoknya sampai Nokia memperpanjang kembali 59 karyawan yang dipecat agar bisa kembali bekerja.
Selain melakukan aksi mogok, ratusan pekerja tersebut juga melakukan demonstrasi di luar pabrik Nokia sambil memegang spanduk bertuliskan kiasan kritis, “Jika anda ingin mengubah pernikahan, Anda harus terlebih dahulu menawarkan kompensasi.”

Menyusul adanya aksi demonstrasi tersebut, lebih dari lusinan mobil polisi terparkir di luar gedung. Polisi anti huru-hara pun turut berjaga-jaga, lengkap dengan senjata laras panjang beserta anjing polisi. “Mereka tidak punya alasan untuk menembak kami. Kami sudah memilih di jalan ini untuk terus bergerak,” ujar Wang, salah satu pekerja yang bertekad untuk tetap melanjutkan aksinya.

Sementara itu, juru bicara Nokia Doug Dawson mengatakan, pihaknya telah mengadakan sejumlah sesi pertemuan dengan karyawan di Cina selama beberapa hari terakhir guna menjelaskan stuasi dan rumor yang terus beredar. Namun, pernyataan Dawson ini dibantah keras oleh beberapa karyawan. “Perusahaan tidak pernah mengirimkan perwakilan apapun untuk bernegosiasi dengan kami, serikat pekerja pun juga tidak melakukan apa-apa,” ujar salah seorang karyawan.

No comments:

Post a Comment