Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 25 November 2013

Produk Apple Jadi Incaran Pencuri Terorganisir New York

apple

Lembaga kepolisian New York, NYPD mengatakan berbagai produk Apple mulai dari Macbook, iPhone, hingga iPad telah menjadi incaran dari kelompok pencuri terorganisir di New York. Ini lantaran harga jual produk Apple bernilai tinggi dibanding produk teknologi lainnya.

Berdasarkan laporan yang ada, dilansir CNET, terjadi 16 ribu pencurian produk Apple pada tahun lalu di kota tersebut. Ironinya, angka itu setara dengan 14 persen dari semua bentuk kejahatan yang terjadi di New York. Bahkan sepanjang tahun ini, 45 persen dari semua kejahatan merupakan pencurian ponsel dan lebih dari setengahnya ialah pencurian iPhone.

Saat ini, pihak NYPD bersama politisi lokal menyarankan semua pemilik rumah gadai untuk menyimpan bukti catatan pembelian iPhone, seperti nota pembayaran bila ada konsumen ingin menggadaikan iPhone-nya. Begitupun juga dengan toko jual beli perangkat elektronik bekas. Dengan begitu, pencuri iPhone tidak bisa menggadaikan atau menjual iPhone yang dimilikinya karena tak disertai dengan nota pembelian.
Saat ini, sudah terdapat 700 rumah gadai yang menyetujui inisiatif yang diserukan kepolisian dan politisi. Kendati demikian, the National Pawnbrokers Association (NPA) mengatakan, inisiatif ini bisa menunduh bahwa semua pelanggan adalah pencuri dan menggangu privasi pelanggan. “Hal ini tak lebih dari kecurigaan,” ujar Presiden NPA, Eric Modell.

Sementara itu, Walikota Bill de Blasio dan Jaksa Agung New York Eric Schneiderman ingin agar Apple dan vendor lainnya dapat menyertakan fitur kill-switches atau perangkat mati secara otomatis saat keadaan darurat, seperti pencurian. Namun sayangnya, perusahaan-perusahaan tersebut enggan menurutinya karena dapat membawa risiko privasi bagi pemilik perangkat.

Secara terpisah, polisi di San Francisco, California juga sudah melakukan investigasinya. Salah satunya, petugas kepolisian menyamar sebagi penadah atau pembeli guna mengungkap kejahatan terorganisir pencurian ponsel ini. Pasalnya, di kota tersebut, hampir 50 persen dari semua pencurian yang ada, melibatkan pencurian ponsel.

No comments:

Post a Comment